Permasalahan Sosial

Iklan (Tutup KI!k 2x)
Iklan (Tutup KI!k 2x)
Loading...
Permasalahan SosialPada kesempatan kali ini kami akan membagikan materi tentang permasalahan sosial. Materi ini biasanya dipelajari pada mata pelajaran sosiologi SMA/MA. Dalam materi tentang permasalahan sosial ini, ada beberapa hal yang dibahas, mulai dari pengertian permasalahan sosial, hingga upaya untuk mengatasi permasalahan sosial.

1. Pengertian Permasalahan Sosial
Kartini Kartono mendefinisikan permasalahan sosial sebagai berikut :
a. Semua bentuk tigkah laku yang melanggar adat istiadat masyarakat
b. Situasi yang dianggao oleh sebagian masyarakat mengganggu, tidak dikehendaki, berbahaya, dan merugikan orang banyak.

Permasalahan sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan dan membahayakan kehidupan masyarakat itu sendiri. Permasalahan sosial timbul sebagai hasil dari proses perkembangan masyarakat. Dengan demikian, permasalahan sosial dapat mempercepat perubahan sosial.

Permasalahan sosial dibedakan dalam dua bentuk, yaitu manifest social problem dan latent social problem. Manifest social problem adalah masalah sosial yang dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat. Adapun latent social social adalah masalah sosial yang tidak tampak (tersembunyi) sehingga dampaknya tidak langsung dirasakan masyarakat.

2. Faktor Penyebab Permasalahan Sosial
Permasalahan sosial yang terjadi dalam masarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut :
a. Faktor ekonomi merupakan faktor penyebab terjadinya permasalahan sosial berkaitan dengan pendapatan, kekayaan, dan upaya pemenuhan kebutuhan hidup
b. Faktor budaya merupakan latar belakang terjadinya permasalahan sosial sosial berkaitan dengan unsur-unsur nilai dan norma sosial seperti adat istiadat dan kebiasaan.
c. Faktor biologis merupakan permasalahan sosial yang disebabkan oleh gangguan fisik seperti penyakit dan gangguan kesehatan
d. Faktor psikologis merupakan permasalahan sosial yang berkaitan dengan gangguan kejiwaan seseorang

3. Contoh Permasalahan Sosial dalam Masyarakat
Contoh permasalahan yang terjadi dalam masyarakat sebagai berikut :
a. Kemiskinan
Kemiskinan merupakan masalah sosial yang disebabkan oleh ketidakberdayaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok. Apabila kemiskinan tidak segera diselesaikan dapat menimbulkan masalah lain seperti putus sekolah, pengangguran, dan kriminalitas

b. Masalah Kependudukan
Masalah kependudukan berkaitan dengan demografi yang meliputi struktur, distribusi penduduk, perubahan jumlah penduduk akibat kelahirandan kematian, serta imigrasi penduduk.

c. Konflik Sosial
Konflik merupakan pertentangan antara dua pihak atau lebih yang bertujuan saling menjatuhkan pihak lawan. Konflik dapat terjadi karena perbedaan kepentigan anarsuku, antaragama, dan antarnegara

d. Kesenjangan Sosial
Kesenjangan sosial jika ditinjau dari tori sistem sosial Talcott Parsons merupakan ketidaksesuaian antara realitas sosial dan fungsi dalam sistem sosial. Kesenjangan sisial dapat muncul akibat keseimbangan sistem sosial terganggu.

e. Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh para remaja, contoh kenakalan remaja yaitu, perkelahian, tawuran, miras, dan mengkonsumsi narkoba.
f. Tindak Kriminalitas

Tindak kriminalitas merupakan perilaku yang melanggar norma hokum. Pelaku tindak kriminalitas biasanya akan mendapat hukuman denda atau pidana. COntoh tindak kriminalitas, yaitu pencurian, pembunuhan, dan korupsi.

4. Upaya Pemecahan Permasalahan Sosial
Permasalahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dapat diatasi melalui upaya sebagai berikut :
a. Menyosialisasikan nilai dan norma sosial
Permasalahn sosial dapat dicegah sebelum terjadi dengan upaya preventif. Upaya preventif dapat dilakukan dengan menyosialisasikan nilai dan norma sosial secara intensif.
b. Mempertegas sanksi sosial bagi para pelanggar
Permasalahn sosial yang berkaitan dengan pelanggaran peraturan dapat diatasi dengan upaya represif, yaitu dengan menerapkan sanksi sosial secara tegas kepada setiap orang yang melanggar peraturan.

Permasalahan Sosial

c. Meningkatkan pemerataan pembangunan dan pendidikan
Pemerataan pertumbuhan ekonomi yang tinggi tanpa disertai pemerataan pembangunan hanya menciptakan perekonomian yang lemah. Pembangunan penting untuk meningkatkan pendapatan ekonomi perkapita.
d. Menyediakan modal usaha
Bantuan modal usaha melalui sistem pemantauan dapat menyelesaian permasalahn sosial berupa kemiskinan dan pengangguran.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon