Penjelasan Tentang Keteraturan Sosial dalam Masyarakat

Iklan (Tutup KI!k 2x)
Iklan (Tutup KI!k 2x)
Loading...
Keteraturan Sosial dalam Masyarakat - Dalam hidup bermasyarakat, setiap manusia selalu menyesuaikan diri dengan lingkungannya supaya tercipta keserasian yang memberikan kepuasan bagi hidupnya. Sebagai anggota masyarakat manusia berhadapan dengan lingkungan alam seperti iklim, tanah, dan sumber alam. Manusia juga berhadapan dengan lingkungannya. Ia bertemu dengan sesama manusia yang memiliki keinginan, perasaan, kehendak, dan sifat yang tidak sama.

Kehidupan masyarakat perlu adanya keteraturan sosial supaya terjadi hubungan yang selaras. Adanya keteraturan sosial itulah yang membawa kenikmatan dalam berhubungan dengan lingkungannya. Keteraturan sosial bagi manusia tidak terjadi secara tiba - tiba tetapi memerlukan pertumbuhan dan perkembangan yang cukup lalma. Hanya dengan hidup teratur maka proses sosial akan berjalan wajar.

Pengertian Keteraturan Sosial

Keteraturan sosial adalah sebagai suatu keadaan hubungan sosial yang berlangsung di antara anggota masyarakat secara selaras, serasi, dan harmonis sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat. Suasana masyarakat yang teratur menunjukkan bahwa setiap orang melakukan tugas dan kewajibannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Keteraturan sosial akan mewujudkan suasana permukiman yang penduduknya aman, tenteram, rukun, saling menghargai, saling menghormati dan bergotong royong. Bentuk konkret dari keteraturan sosial adalah adanya keselarasan yang diwujudkan dalam kerja sama antar anggota masyarakat, misalnya kehidupan masyarakat yang saling membantu, saling menghargai, saling menghormati, dan lain - lain

Unsur-Unsur Keteraturan Sosial

Keteraturan sosial dalam masyarakat dapat terbentuk melalui unsur berikut :
a.   Tertib sosial
Tertib sosial menunjukkan kondisi kehidupan suatu masyarakat yang aman, dinamis, dan teratur yang tercipta ketika setiap individu bertindak sesuai hak dan kewajiban. Contohnya, kehidupan masyarakat tenang dan aman karena semua warganya bertindak sesuai status dan perannya.

b.   Order
Order menunjukkan sistem norma dan nilai sosial yang berkembang diakui, dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat. Order dapat dicapai apabila ada tertib sosial dan setiap individu melaksanakan hak dan kewajibannya. Contohnya, adat  istiadat yang dijadikan pedoman dalam kehidupan warga.

c.   Keajekan
Keajekan menunjukkan suatu kondisii keteraturan yang tetapdan tidak berubah sebagai hasil hubungan antara tindakan, nilai, dan norma sosial yang berlangsung secara terus menerus. Keajekan bisa terwujud jika setiap individu telah melaksanakan hak dan kewajiban sesuai sistem norma dan nilai sosial yang berkembang.

d.   Pola
Pola yaitu corak hubungan yang tepat dan ajek dalam interaksi sosial yang dijadikan model bagi semua anggota masyarakat atau kelompok. Pola dapat dicapai ketika keajekan tetap terpelihara atau teruji dalam berbagai situasi. Contohnya, penyelesaian persoalan dengan musyawarah karena sudah teruji dapat menyelesaikan berbagai persoalan.

Syarat Terjadinya Keteraturan Sosial
Terdapat tiga syarat terwujudnya keteraturan sosial dalam masyarakat, syarat tersebut antara lain sebagai berikut :
a. Terdapat norma sosial yang sesuai dengan kebutuhan serta peradaban manusia
b. Terdapat aparat penegak hukum yang konsisten dalam menjalankan tugas, fungsi, dan wewenangnya dalam upaya mewujudkan keteraturan sosial
c. Kesadaran warga tentang pentingnya keteraturan masyarakat.

Keteraturan Sosial dalam Masyarakat

Tahap-Tahap Keteraturan Sosial
Keteraturan sosial berjalan menurut tahap-tahap sebagai berikut :
a. Order, yaitu tatanan nilai dan norma yang diakui serta ditaati oleh masyarakat.
b. Keajegan, yaitu suatu kondisi keteraturan yang berlangsung tetap dan terus-menerus.
c. Pola, yaitu gambaran atau bentuk umum dari suatu interaksi dalam masyarakat yang menjadi contoh bagi masyarakat.
d. Tertib sosial, yaitu keselarasan tindakan masyarakat dengan nilai dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.

Demikian artikel yang membahas tentang keteraturan sosial. Semoga pemahaman pembaca tentang keteraturan sosial bisa meningkat.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon