10 Tipe Guru

Iklan (Tutup KI!k 2x)
Iklan (Tutup KI!k 2x)
Loading...
Tipe Guru -  Guru merupakan seseorang yang menyampaikan ilmu kepada kita. Walaupun bisa dibilang asal orang itu memberikan pengetahuan kepada kita, maka bisa di sebut sebagai guru huru kita. Meskipun begitu, dalam hal ini yang kita bahas adalah guru di sekolah. Guru di sekolah berkwajiban menyampaikan ilmu yang dimiliki kepada siswa agar siswa dapat mengetahui segala sesuatu yang belum diketahui.

10 Tipe Guru

Sama halnya dengan kita semua, guru juga makhluk individu, yaitu makhluk yang berbeda antara satu dengan yang lain. Masing-masing guru yang ada di sekolah mempunyai tipe yang berbeda-beda. Dengan berbagai tipe guru yang beraneka ragam, harus bisa kita sikapi dengan baik. Tipe guru yang berbeda-beda tersebut bisa dibagi menjadi 10 tipe guru. Berikut ini adalah 10 tipe guru berdasarkan dari berbagai sumber :

Tipe Guru 1
Ada guru anyar, mengajar badan gemetar dan jantung berdebar
Guru anyar (dalam bahasa Indonesia : baru), adalah guru yang baru lulus dari lembaga atau universitas. Mungkin sebagian besar guru perah mengalami pengalaman tak terlupakan ketika baru mengajar. Pengalaman tersebut yaitu ketika mengajar masih badan gemetar dan jantung berdebar.

Tipe Guru 2
Ada guru bayar, mau kerja jika ada uang berlembar
Dalam tipe ini, seorang guru mau masuk kelas dan mengajar jika ada uangnya. Guru sekarang dan dulu memang berbeda. Jika dulu banyak guru yang ikhlas dalam mengajar, tapisekarang banyak guru mengajar karena harapan di bayar. Apalagi sekarang ada yang namanya “sertifikasi”. Keinginan orang untukmengajar sangat tinggi.

Tipe Guru 3
Ada guru nyasar, lulusan agama olah raga yang diajar
Banyaknya iming-iming keuntungan secara finansial membuat banyak sekali orang yang mempunyai keinginan mengajar. Tidak peduli apakah jurusan ketika kuliah sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

Tipe Guru 4
Ada guru sodagar, sambil ngajar jual batik, tupperware, pulsa, jilbab 3 kali bayar..
Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda antara satu dan yang lain. Begitu juga seorang guru. Seorang guru tidak hanya hidup untuk sekolah saja, tetapi ada keluarga yang menunggu di rumah. Gaji guru, terutama guru honorer yang sangat minim membuat sebagian besar guru berputar otak untuk mencari penghasilan tambahan di luar tugas dis sebagai guru.

Tipe Guru 5
Ada guru gusar, cuma mutar-mutar kerjaan gak kelar..
Menjadi guru sebenarnya adalah pilihan, bukan paksaan. Terkadang ada seorang yang dipaksa orang tuanya menjadi guru. Hal ini lah yang membuat ketidaknyamanan dalam menjalani profesi guru.

Tipe Guru 6
Ada guru sangar, senengnya plak buk aww nampar !
Guru mempunyai tipe yang berbeda-beda dalam satu sekolah. Hal demikian sesuai dengan keadaan siswa yang berbeda-beda. Seorang guru yang sangar dibutuhkan untuk mengatasi masalah yang ada di lapangan.

Tipe Guru 7
Ada guru sabar, bertahun tahun tidak naik pangkat tetapi tetap semangat
Guru dengan tipe seperti ini sudah jarang sekali kita jumpai. Seorang guru yang ikhlas mengabdi, mencerdaskan siswa. Dia tidak membutuhkan bayaran untuk kesenangan dirinya. Ketika melihat siswa pintar dan berguna, hal itu merupakan kebahagian yang besar buat dia.

Tipe Guru 8
Ada guru tegar, rela mengajar di desa terpencil, meski gajinya sangat kecil
Guru yang mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi rela meninggalkan hiruk pikuk gemerlap perkotaan demi mengajar di daeerah terpencil dengan harapan dapat memajukan negeri Indonesia.

Tipe Guru 9
Ada guru sadar, guru itu pilihan, bukan mainan atau sambilan
Menjadi guru adalah pilihan seseorang. Dengan kita berani memilih menjadi guru, tentu kita siap dengan segala konsekwensi yang akan diterima, termasuk randahnya gaji yang diterima. Ketika ada seorang guru yang demo dan banyak menuntut, berarti guru tersebut menjadi guru bukan karena pilihan.

10 Tipe Guru

Tipe Guru 10
Ada guru pintar, mencetak siswa berprestasi bermoral tinggi
Guru yang pintar tidak semata-mata bertugas menjadikan siswa pintar. Tetapi lebih dari itu, guru juga harus mampu merubah siswa dari yang awalnya berkpribadian kurang baik menjadi lebih baik.

Demikian artikel kami tentang 10 Tipe Guru. Semoga artikel 10 Tipe Guru bermanfaat.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon