Apa itu Peluang Usaha? Berikut ini Penjelasannya
Peluang (opportunity) adalah kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen. Jadi peluang berasal dari kesempatan yang muncul dan menjadi ilham (ide) bagi seseorang. Inspirasi merupakan sumber dari peluang. Inspirasi merupakan sumber dari peluang. Ketika seseorang memperoleh inspirasi, berarti dia membuka sebuah peluang untuksuatu hal yang baru. Inspirasi muncul ketika terjadi konektivitas (pertemuan) antara pengetahuan, memori, dan latar belakang pendidikan atau pengalaman yang dimiliki oleh seseorang dengan cara pendangnya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.
Faktor-faktor yang dapat memunculkan ispirasi
1. Faktor Internal
a. Pengetahuan yang dimiliki
b. Pengalaman dari individu itu sendiri
c. Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
d. Intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu iitu sendiri
2. Faktor Eksternal
a. Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
b. Kesulitan yang dihadapi sehari-hari
c. Kebtuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya ataupun orang lain
d. Pemikiran yang besar untk menciptakan sesuatu yang baru.
Faktor internal berfungsi sebagai subjek dan menjadi alat untuk menciptakan sebuah inspirasi atas objek yang dihadapinya dengan kemampuan kreatifitasnya. Kemampuan kreativitas yang digunakan diantaranya berasal dari teori ketidaksempurnaan, jebakan logika, pemikiran yang berbeda dengan kebanyakan orang serta pemikiran yang detail.
Munculnya sebuah inspirasi merupakan proses filterisasi atau pemilihan dari berbagai banyak ide dan gagasan yang berujung pada sebuah kristalisasi ide. Bila ide dan gagasan tersebut memiliki nilai jual tinggi, maka akan menghasilkan sebuah inspirasi yang akan berubah menjadi peluang. Ide atau gagasan yang memiliki nilai jual tinggi adalah ide atau gagasan yang berhubungan erat dengan pasar. Biasanya ide ini memiliki ciri, antara lain :
1. Mampu memenuhi kebutuhan dari konsumen atau pasar.
2. Memiliki keunggulan bersaing dalam sebuah kompetisi
3. Tidak bersifat sementara atau adanya aspek waktu yang lama
4. Ada nilai uang atau bisa dinilai dengan uang
5. Memenuhi aspek kreativitas dan inovasi yang bersifat solusi atau penyelesaian masalah dan kesulitan yang selama ini belum ada orang yang mampu menyelesaikannya.
Ciri-ciri usaha yang potensial adalah :
1. Usaha itu memiliki nilai jual yang tinggi
2. Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, tetapi sifatnya nyata
3. Usaha itu mempunyai waktu bertahan yang lama dipasar
4. Tidak akan menghabiskan modal (uang), karena terlalu besar investasinya.
Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah sebagai berikut :
1. Peluang itu orisinil dan tidakmeniru
2. Peluang dapat mengantisipasi perubahan persaiangan dan kebutuhan pasar di masa datang
3. Benar-benar benar sesuai dengan keinginan agar peluang bias bertahan lama
4. Tingkat visibilitas (kelayakan usaha) benar-benar teruji untuk dilakukan riset dan trial (uji coba) dalam pasar
5. Bersifat ide kreatif dan inovatif
6. Ada keyakinan bias mewujudkannya
7. Ada rasa senang mejalankannya dan suka dengan bisnnis tersebut
Sumber Peluang Usaha
1. Peluang dari diri sendiri
Peluang yang paling potensial dan sangat besar rasio kesuksessannya adalah peluang yang besumber dari dalam sendiri. Alasannya adalah sebagai berikut :
a. Usaha membutuhkan proses yang panjang bahkan bisa seumur hidup
b. Usaha membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi
c. Kesuksesan adalah akumulasi dari kesuksesan menaklukan kegagalan demi keagalan hingga semuanya bisa terwujud.
Salah satu peluang yang berasal dari diri adalah sebagai berikut :
a. Hobi
b. Keahlian
c. Pengetahuan dan latar belakang pendidikan
2. Peluang dari lingkungan
a. Usaha atau bisnis orang tua
b. Lingkungan rumah, yaitu tetangga, teman sekolah, dan teman main.
c. Kebiasaan sehari-hari
d. Saat berkunjung ke suatu tempat
3. Peluang dari perubahan yang terjadi
a. Perubahan global
b. Perubahan lingkungan
c. Perubahan peraturan pemerintah’perubahan musim
d. Perubahan gaya hidup
e. Perubahan musim
f. Perubahan tingkat kebutuhan
g. Perubahan tingkat kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola makan masyarakat pada umumnya.
h. Perubahan teknologi informasi dan komunikasi
4. Peluang dari konsumen
Suara konsumen dangat diperlukan untuk menciptakan gagasan baru dalam rangka memperbaiki kualitas produk dan menciptakan peluang bagi yang akan mendirikan usaha. Suara-suara konsumen yang dapat menciptakan peluang baru diantaranya :
a. Keluhan dan saran konsumen
b. Permintaan khusus konsumen
c. Harapan dari konsumen terhadap barang atau jasa
5. Peluang dari gagasan orang lain
6. Peluang dari Informasi yang diperoleh
Faktor-Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Peluang Usaha
1. Faktor-faktor keberhasilan peluang usaha
a. Peluang itu memenuhi ciri-ciri peluang usaha yang bauk, bukan sekedar ide atau baru sekedar inspirasi
b. Peluang itu berasal dari hubungan yang sinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan, pasar usaha, dan produk yang dihasilkan
c. Peluang itu memiliki risiko kegagalan yang kecil bila dijalankan
d. Produk yang dihasilkan telah memaluiuji pasar
e. Produk yang dihasilkan mengikuti tren/kecendrungan perubahan pasar
f. Produk yang dihasilkan dari peluang dapat terus menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya’
2. Faktor-faktor kegagalan peluang usaha
a. Peluang itu bersifat jangkapendek
b. Peluang itu sudah ‘kadaluarsa’ atau telah adaorang yang memulai usaha tersebut
c. Peluang itu tidak berasal dari hubungan yang sinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan, pasar usaha, dan produk yang dihasilkan
d. Peluang itu lewat begitu saja karena tidak segera diambil keputusan untuk memulainya
e. Produk yang dihasilkan dari peluang itu tidak melalui uji pasar yang akurat sehingga tidak laku di pasar, produk terlihat kuno, dan mudah ditiru orang lain.
Pemanfatan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif
Peluang usaha anda harus diberdayakan menjadi peluang emas dengan cara kreatif dan inovatif dengan melakukan cara-carasebagai berikut.
1. Make modification (melakukan beberapa perubahan). Anda dapat melakukan beberapa modifikasi terhadap produk/jasa yang akan dihasilkan dari peluang tersebut.
2. Make it better (membuat lebih baik). Andadapat membuat peluang usaha lebih baik lagi setelah melakukanuji pasarterhadap produk yang dihasilkan, misal lebih baik, lebih ringan, lebih enak, lebih kecil, dsb
3. Make it the first (menjadi yang pertama).
4. Make it special products (membuat produk khusus). Dengan membuat produk khusus atau produk untuk segmen khusus, anda akan menjadi ahlinya. Contoh : bengkel khusus motor vespa, restoran ayam, dsb.
5. Cloning (menir habis, tetapi merek berbeda). Cara ini sering dilakukan, tetapi hai-hati mengingatada unsur paten, HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Tirulah fungsidan tujuan penggunaan produknya, dengan merek dan kemasan yang berbeda.
6. Substitute (menjadi produk pengganti). Cara ini efektif bila anda memulai usaha di pasar yang sudah ccukup besar, dengan menjadi produk pengganti dari produk pesaing yang paling besar dan menengah.
Kewirausahaan Kelas XI Semester 1
Sumber : Hendro. 2010. Kewirausahaan Kelas XI
Faktor-faktor yang dapat memunculkan ispirasi
1. Faktor Internal
a. Pengetahuan yang dimiliki
b. Pengalaman dari individu itu sendiri
c. Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
d. Intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu iitu sendiri
2. Faktor Eksternal
a. Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
b. Kesulitan yang dihadapi sehari-hari
c. Kebtuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya ataupun orang lain
d. Pemikiran yang besar untk menciptakan sesuatu yang baru.
Faktor internal berfungsi sebagai subjek dan menjadi alat untuk menciptakan sebuah inspirasi atas objek yang dihadapinya dengan kemampuan kreatifitasnya. Kemampuan kreativitas yang digunakan diantaranya berasal dari teori ketidaksempurnaan, jebakan logika, pemikiran yang berbeda dengan kebanyakan orang serta pemikiran yang detail.
Munculnya sebuah inspirasi merupakan proses filterisasi atau pemilihan dari berbagai banyak ide dan gagasan yang berujung pada sebuah kristalisasi ide. Bila ide dan gagasan tersebut memiliki nilai jual tinggi, maka akan menghasilkan sebuah inspirasi yang akan berubah menjadi peluang. Ide atau gagasan yang memiliki nilai jual tinggi adalah ide atau gagasan yang berhubungan erat dengan pasar. Biasanya ide ini memiliki ciri, antara lain :
1. Mampu memenuhi kebutuhan dari konsumen atau pasar.
2. Memiliki keunggulan bersaing dalam sebuah kompetisi
3. Tidak bersifat sementara atau adanya aspek waktu yang lama
4. Ada nilai uang atau bisa dinilai dengan uang
5. Memenuhi aspek kreativitas dan inovasi yang bersifat solusi atau penyelesaian masalah dan kesulitan yang selama ini belum ada orang yang mampu menyelesaikannya.
Ciri-ciri usaha yang potensial adalah :
1. Usaha itu memiliki nilai jual yang tinggi
2. Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, tetapi sifatnya nyata
3. Usaha itu mempunyai waktu bertahan yang lama dipasar
4. Tidak akan menghabiskan modal (uang), karena terlalu besar investasinya.
Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah sebagai berikut :
1. Peluang itu orisinil dan tidakmeniru
2. Peluang dapat mengantisipasi perubahan persaiangan dan kebutuhan pasar di masa datang
3. Benar-benar benar sesuai dengan keinginan agar peluang bias bertahan lama
4. Tingkat visibilitas (kelayakan usaha) benar-benar teruji untuk dilakukan riset dan trial (uji coba) dalam pasar
5. Bersifat ide kreatif dan inovatif
6. Ada keyakinan bias mewujudkannya
7. Ada rasa senang mejalankannya dan suka dengan bisnnis tersebut
Sumber Peluang Usaha
1. Peluang dari diri sendiri
Peluang yang paling potensial dan sangat besar rasio kesuksessannya adalah peluang yang besumber dari dalam sendiri. Alasannya adalah sebagai berikut :
a. Usaha membutuhkan proses yang panjang bahkan bisa seumur hidup
b. Usaha membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi
c. Kesuksesan adalah akumulasi dari kesuksesan menaklukan kegagalan demi keagalan hingga semuanya bisa terwujud.
Salah satu peluang yang berasal dari diri adalah sebagai berikut :
a. Hobi
b. Keahlian
c. Pengetahuan dan latar belakang pendidikan
2. Peluang dari lingkungan
a. Usaha atau bisnis orang tua
b. Lingkungan rumah, yaitu tetangga, teman sekolah, dan teman main.
c. Kebiasaan sehari-hari
d. Saat berkunjung ke suatu tempat
3. Peluang dari perubahan yang terjadi
a. Perubahan global
b. Perubahan lingkungan
c. Perubahan peraturan pemerintah’perubahan musim
d. Perubahan gaya hidup
e. Perubahan musim
f. Perubahan tingkat kebutuhan
g. Perubahan tingkat kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola makan masyarakat pada umumnya.
h. Perubahan teknologi informasi dan komunikasi
4. Peluang dari konsumen
Suara konsumen dangat diperlukan untuk menciptakan gagasan baru dalam rangka memperbaiki kualitas produk dan menciptakan peluang bagi yang akan mendirikan usaha. Suara-suara konsumen yang dapat menciptakan peluang baru diantaranya :
a. Keluhan dan saran konsumen
b. Permintaan khusus konsumen
c. Harapan dari konsumen terhadap barang atau jasa
5. Peluang dari gagasan orang lain
6. Peluang dari Informasi yang diperoleh
Faktor-Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Peluang Usaha
1. Faktor-faktor keberhasilan peluang usaha
a. Peluang itu memenuhi ciri-ciri peluang usaha yang bauk, bukan sekedar ide atau baru sekedar inspirasi
b. Peluang itu berasal dari hubungan yang sinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan, pasar usaha, dan produk yang dihasilkan
c. Peluang itu memiliki risiko kegagalan yang kecil bila dijalankan
d. Produk yang dihasilkan telah memaluiuji pasar
e. Produk yang dihasilkan mengikuti tren/kecendrungan perubahan pasar
f. Produk yang dihasilkan dari peluang dapat terus menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya’
2. Faktor-faktor kegagalan peluang usaha
a. Peluang itu bersifat jangkapendek
b. Peluang itu sudah ‘kadaluarsa’ atau telah adaorang yang memulai usaha tersebut
c. Peluang itu tidak berasal dari hubungan yang sinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan, pasar usaha, dan produk yang dihasilkan
d. Peluang itu lewat begitu saja karena tidak segera diambil keputusan untuk memulainya
e. Produk yang dihasilkan dari peluang itu tidak melalui uji pasar yang akurat sehingga tidak laku di pasar, produk terlihat kuno, dan mudah ditiru orang lain.
Peluang usaha anda harus diberdayakan menjadi peluang emas dengan cara kreatif dan inovatif dengan melakukan cara-carasebagai berikut.
1. Make modification (melakukan beberapa perubahan). Anda dapat melakukan beberapa modifikasi terhadap produk/jasa yang akan dihasilkan dari peluang tersebut.
2. Make it better (membuat lebih baik). Andadapat membuat peluang usaha lebih baik lagi setelah melakukanuji pasarterhadap produk yang dihasilkan, misal lebih baik, lebih ringan, lebih enak, lebih kecil, dsb
3. Make it the first (menjadi yang pertama).
4. Make it special products (membuat produk khusus). Dengan membuat produk khusus atau produk untuk segmen khusus, anda akan menjadi ahlinya. Contoh : bengkel khusus motor vespa, restoran ayam, dsb.
5. Cloning (menir habis, tetapi merek berbeda). Cara ini sering dilakukan, tetapi hai-hati mengingatada unsur paten, HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Tirulah fungsidan tujuan penggunaan produknya, dengan merek dan kemasan yang berbeda.
6. Substitute (menjadi produk pengganti). Cara ini efektif bila anda memulai usaha di pasar yang sudah ccukup besar, dengan menjadi produk pengganti dari produk pesaing yang paling besar dan menengah.
Kewirausahaan Kelas XI Semester 1
Sumber : Hendro. 2010. Kewirausahaan Kelas XI
over usaha take over franchise
BalasHapus