Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Modul Ajar SMK AKL Elemen 1 : Proses Bisnis di Bidang Akuntansi & Keuangan Lembaga

Download contoh modul ajar SMK kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga mata pelajaran dasar akuntansi dan keuangan lembaga elemen 1 tentang proses bisnis di bidang akuntansi dan keuangan lembaga. 


Mungkin masih banyak guru jurusan akuntansi yang masih bingung terkait bagaimana penyusunan modul ajar pada mata pelajaran dasar akuntansi dan keuangan lembaga pada kurikulum merdeka tahun 2022 ini. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kami akan menyampaikan contoh modul ajar jurusan akuntansi pada kurikulum merdeka.


Jika pembaca amati, sesuai Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek No. 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah bahwa kompetensi keahlian atau sekarang namanya berubah menjadi program keahlian akuntansi dan keuangan Lembaga terdiri dari 8 elemen. Elemen tersebut merupakan kompetensi minimal yang harus dikembangkan dan disampaikan kepada peserta didik selama kelas X.


Jadi, dalam kurikulum merdeka ini tidak ada daftar mata pelajaran seperti kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum 2013. Beberapa mata pelajaran kelas X pada program keahlian akuntansi telah disesuaikan dengan kebutuhan dan dijadikan menjadi elemen. 


8 Elemen tersebut harus dianalisis dan disusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) atau jika pada kurikulum sebelumnya disebut silabus. Setelah itu guru wajib Menyusun modul ajar atau nama lainnya RPP pada kurikulum sebelumnya. Penyusunan ATP sendiri kami pikir tidak terlalu sulit karena beberapa komponen berubah nama, tapi untuk yang penyusunan Modul Ajar ini yang sangat sulit karena terdapat komponen komponen baru yang harus ada. Tidak seperti penyusunan RPP pada kurikulum sebelumnya.


Dikarenakan berbagai kesulitan tersebut, kali ini kami akan membagikan contoh Modul Ajar program keahlian akuntansi dan keuangan Lembaga pada elemen 1 yakni proses bisnis di bidang akuntansi dan keuangan lembaga.


Modul Ajar SMK Kurikulum Merdeka AKL Elemen 1 : Proses Bisnis di Bidang AKL

Adapun capaian pembelajaran pada (modul ajar) elemen 1 tersebut yaitu pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan tahapan proses akuntansi secara menyeluruh baik akuntansi pada perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur antara lain menerapkan prinsip praktik profesional dalam bekerja, menerapkan praktik-praktik kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, memproses entry jurnal, memproses buku besar, menyusun laporan keuangan, serta mengoperasikan paket program pengolah angka/ spreadsheet.


Bagaimana menurut teman-teman terkait CP atau capaian pembelajaran pada elemen 1 tersebut? Cukup kompleks bukan? Namun, dikarenakan kita memasuki kurikulum merdeka, kita diberi keleluasaan dalam penafsiran dan pengembangan CP tersebut sesuai pedoman yang berlaku.


Misalnya saja untuk kami, terkait Elemen 1 dan CP 1 tersebut kami susun materi pembelajaran : Materi  disajikan  dalam   bentuk  aktivitas pembelajaran  (mengamati,  menyimak, membaca,  bertanya,  mencoba,  berlatih,  berdiskusi,  presentasi,  bermain peran, menulis,    atau   lainnya)     sehingga     menghasil   proses     kognitif,    afektif   dan psikomotorik  yang membentuk karakter  tediri:

 • Membaca  buku  dan  dokumen,   menuliskan    hasilnya   secara mandiri    melalui proses  tatap muka

• Mengamati jenis-jenis proses  bisnis (dalam  berita, jurnal, Tayangan  media)

• Materi disajikan tidak  hanya  dalam  bentuk teks, tetapi juga dalam  gambar dan praktik


Sekali lagi kami sampaikan, bahwa kita diberi kebebasan dalam pengembangan materi. Jadi, disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang berlaku di lingkungan pembaca. Untuk contoh modul ajar SMK AKL kurikulum merdeka yang akan kami sampaikan ini masih belum sempurna dan membutuhkan banyak perbaikan di beberapa aspek. Oleh karena itu, mohon kiranya pembaca berkenan untuk memberikan saran terkait hal apa saja yang perlu kami tambah agar menjadi modul ajar yang maksimal. 

Modul Ajar SMK AKL Elemen Proses Bisnis di Bidang Akuntansi Keuangan Lembaga

Dikarenakan jumlah halaman modul ajar elemen 1 SMK AKL ini cukup banyak, maka pembaca dapat melihat modul tersebut pada : Buka Modul Ajar SMK AKL Elemen 1.


Demikian pemaparan kami terkait contoh modul ajar mapel dasar akuntansi dan keuangan Lembaga SMK AKL. Mohon untuk berkenan memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Atas saran dan kritik yang disampaikan, kami sampaikan terima kasih banyak. 


Posting Komentar untuk "Modul Ajar SMK AKL Elemen 1 : Proses Bisnis di Bidang Akuntansi & Keuangan Lembaga"