Ada 6 Unsur yang Harus Ada dalam Bahan Ajar

Unsur yang Harus Ada dalam Bahan Ajar


Ada 6 Unsur yang Harus Ada dalam Bahan Ajar


Bahan ajar merupakan sebuah susunan atas bahan-bahan yang berhasil dikumpulkan dan berasal dari berbagai sumber belajar yang dibuat secara runtut dan sistematis. Oleh karena itu, bahan ajar mengandung unsur-unsur tertentu. Untuk mampu membuat bahan ajar, kita harus bisa memahami unsur-unsur dalam bahan ajar.

Setidaknya Unsur-unsur atau komponen-komponen dalam bahan ajar ada enam. Unsur-unsur bahan ajar antara lain: petunjuk belajar, kompetensi yang harus dicapai, informasi pendukung, latihan-latihan, petunjuk kerja, dan evaluasi. Berikut ini merupakan penjelasan tentang unsur-unsur dalam bahan ajar yang bisa kita jadikan dasar dalam pembuatan bagan ajar.

Unsur 1 : Petunjuk Belajar

Unsur pertama dalam bahan ajar meliputi petunjuk bagi pendidik atau peserta didik. Di dalam petunjuk belajar, dijelaskan tentang bagaimana pendidik sebaiknya mengajarkan materi kepada peserta didik dan bagaimana pula peserta didik mempelajari materi yang ada dalam bahan ajar tersebut. Denganadanya petunjuk belajar ini, diharapkan peserta didik khususnya tidak salah dalam mempelajari bahan ajar.

Unsur 2 : Kompetensi yang Harus Dicapai

Maksud dari unsur kedua dalam bahan ajar ini adalah harus ada kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik. Sebagai pendidik, kita harus menjelaskan dan menuliskan dalam bahan ajar yang kita susun tersebut dengan berbagai kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Dengan demikian, jelaslah tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik.

Unsur 3 : Informasi Pendukung

Informasi pendukung merupakan berbagai informasi yang sifatnya tambahan yang dapat digunakan untuk melengkapi bahan ajar, sehingga peserta didik semakin mudah untuk menguasai pengetahuan yang akan mereka peroleh. Selain itu, pengetahuan yang diperoleh peserta didik akan semakin komprehensif.

Unsur 4 : Latihan-Latihan

Unsur keempat dalam bahan ajar ini merupakan suatu bentuk tugas yang diberikan kepada peserta didik untuk melatih kemampuan mereka setelah mempelajari bahan ajar. Dengan demikian, kemampuan yang mereka pelajari akan semakin terasah dan terkuasai denga matang.

Unsur 5 : Petunjuk Kerja atau Lembar Kerja

Petunjuk kerja atau lembar kerja adalah satu lembar atau beberapa lember kertas yang berisi sejumlah langkah prosedural cara pelaksanaan aktivitas atau kegiatan tertentu yang harus dilakukan oleh peserta didik berkaitan dengan praktik dan lain sebagainya. Misalnya, petunjuk pelaksaan praktik dalam mata pelajaran IPA di MI untuk observasi pertumbuhan kecambah di laboratorium.

Unsur 6 : Evaluasi

Unsur terakhir yang harus ada dalam bahan ajar yaitu evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu bagian dari proses penilaian. Sebab, dalam unsur evaluasi terdapat sejumlah pertanyaan yang ditunjukkan kepada peserta didik untuk mengukur seberapa jauh penguasaan kompetensi yang berhasil mereka kuasai setelah mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, dengan adanya unsur evaluasi kita dapat mengetahui efektifitas bahan ajar yang kita buat ataupun proses pembelajaran yang kita selenggarakan pada umumnya. Jika di kemudian hari peserta didik yang belum menguasai, maka diperlukan perbaikan (remidial) dan penyampurnaan kegiatan pembelajaran. Begitu juga sebaliknya, jika ada peserta didik yang sudah bisa menguasai kompetensi  yang ada, maka diperlukan pengayaan bagi peserta didik tersebut.


Demikian penjelasan singkat tentang “6 unsur yang harus ada dalam bahan ajar.” Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat bagi pembaca.


Pustaka : Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Kreatif karya Andi Prastowo

Silahkan Dibagikan

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon