3 JENIS BAHAN AJAR YANG PERLU KITA KETAHUI

      (Tutup K!ik 2x)
      (Tutup K!ik 2x)
3 JENIS BAHAN AJAR YANG PERLU KITA KETAHUI


3 JENIS BAHAN AJAR YANG PERLU KITA KETAHUI


Kita telah mengetahui bersama pada penjelasan sebelumnya bahwa bahan ajar berbeda dengan sumber belajar. Sumber belajar mempunyai berbagai jenis dan bentuk. Para ahi telah membuat beberapa kategori untuk jenis-jenis bahan ajar. Jenis-jenis bahan ajar dapat diklasifikasikan berdasarkan sifatnya, cara kerjanya, dan sifaatnya. Berikut ini akan diuraikan tentang jenis-jenis bahan ajar.

1.   Jenis Bahan Ajar Menurut Bentuknya

Jenis bahan ajar menurut bentuknya dibedakan menjadi empat macam, yaitu bahan ajar interaktif, bahan ajar audio visual, bahan ajar audio, dan bahan ajar cetak.
a.    Bahan ajar interaktif (interactive teaching materials)
Bahan ajar  interaktif adalah kombinasi dari dua media atau lebih meliputi audio, teks, grafik, gambar, animasi, animasi, dan video, yang oleh penggunaanya diberi perlakuan untuk mengendalikan suatu perintah dan perilaku alami dari suatu presentasi. Contoh dari bahan ajar interaktif adalah compact disk interactive.
b.    Bahan ajar audio visual
Bahan ajar audio visual adalah segala sesuatu yang memungkinkan sinyal audio (berupa suara) dapat dikombinasikan dengan video (gambar) bergerak secara sekuensial. Contoh dari bahan ajar pandang dengar adalah video atau film.
c.    Bahan ajar audio
Bahan ajar audio yakni semua sistem yang menggunakan sinyal radio secara langsung, yang dapat didengar atau dimainkan oleh seseorang atau sekelompok orang. Contoh dari bahan ajar audio adalah kaset, piringan hitam, dan radio.
d.    Bahan ajar cetak (printed)
Bahan ajar cetak adalah sejumlah bahan ajar yang disiapkan melalui kertas yang bisa berfungsi untuk kebutuhan pembelajaran informasi. Contoh dari bahan ajar cetak adalah buku, modul, LKS, handout, dan sebagainya.

2.   Jenis Bahan Ajar Menurut Cara Kerjanya

Bahan ajar menurut cara kerjanya dibedakan menjadi lima macam, yaitu bahan ajar komputer, bahan ajar audio, bahan ajar video, bahan ajar yang tidak diproyeksikan, bahan ajar yang diproyeksikan, dan
a.    Bahan ajar komputer
Bahan ajar komputer yaitu berbagai jenis bahan ajar non cetak yang membutuhkan komputer untuk menayangkan sesuatu untuk proses belajar. Contoh dari bahan ajar komputer adalah computer based multimedia dan computer mediated instruction.
b.    Bahan ajar audio
Bahan ajar audio adalah bahan ajar yang berupa sinyal audio yang direkam dalam suatu media rekam. Untuk menggunakannya, kita mesti memerlukan alat pemain (player) media rekam tersebut seperti tape compo, CD player, multimedia player, dan lain sebagainya. Contoh bahan ajar audio adalah kaset, CD, flash disk, dan lain sebagainya.
c.    Bahan ajar video
Bahan ajar video adalah bahan ajar yang membutuhkan alat untuk memutar dan biasanya berbentuk video tape player, VCD player, DVD player, dan sebagainya. Bahan ajar video hampir sama dengan bahan ajar yang berbentuk audio, maka bahan ajar video juga membutuhkan media simpan atau rekam untuk menyimpan materi dari bahan ajar. Hanya saja bahan ajar ini dilengkapi dengan gambar. Sehingga, dalam tampilan video dapat diperoleh sebuah sajian gambar dan suara secara bersamaan. Contoh dari bahan ajar video yaitu video, film, dan lain sebaginya.
d.    Bahan ajar tidak diproyeksikan
Bahan ajar yang tidak diproyeksikan yaitu bahan ajar yang tidak memerlukan perangkat untuk memproyeksikan isi di dalamnya, sehingga peserta didik dpat langsung mempergunakan bahan ajar tersebut dengan membaca, melihat, dan mengamati. Contoh dari bahan ajar yang tidak diproyeksikan adalah foto, diagram, displai, model, dan sebagainya.
e.    Bahan ajar diproyeksikan
Bahan ajar yang diproyeksikan adalah bahan ajar yang membutuhkan protektor agar bisa dimanfaatkan oleh peserta didik. contoh dari bahan ajar  yang diproyeksikan adalah slide, filmstrips, dan proyeksi komputer.

3.   Jenis Bahan Ajar Menurut Sifatnya

Jenis bahan ajar menurut sifatnya oleh Rowntree digabi menjadi empat macam, yaitu bahan ajar cetak, bahan ajar berbasis teknologi, bahan ajar untuk praktik dan bahan ajar untuk keperluan interaksi. Berikut penjelasan tentang jenis bahan ajar menurut sifatnya.
a.    Bahan ajar berbasis cetak
Contoh dari bahan ajar berbasis cetak adalah buku, pamflet, panduan belajar siswa, bahan tutorial, buku kerja siswa, majalah, koran, peta, dan lain sebagainya.
b.    Bahan ajar berbasis teknologi
Bahan ajar berbasis teknologi contohnya yaitu siaran radio, film, siaran televisi, video interaktif, multimedia, audio cassette, slide, filmstrips, cideo cassettes, dan computer based tutorial.
c.    Bahan ajar untuk praktik
Contoh dari bahan ajar yng digunakan untuk prakik atau proyek adalah lembar wawancara, lembar observasi, kit sains dan lain sebagainya.
d.    Bahan ajar untuk keperluan interaksi
Bahan ajar yang diperlukan untuk keperluan interaksi antara pendidik dan peserta didik (terutama untuk keperluan pendidikan jarak jauh), misalnya telpon, HP, video converencing, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan tentang jenis-jenis bahan ajar dapat diklasifikasikan berdasarkan sifatnya, cara kerjanya, dan sifaatnya. Semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca

Pustaka : Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Kreatif karya Andi Prastowo

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon