Bagaimana Rasulullah Saw Mengenali Umatnya di Hari Kiamat ?

Bagaimana Rasulullah Saw Mengenali Umatnya di Hari Kiamat ?


Bagaimana Rasulullah Saw Mengenali Umatnya di Hari Kiamat ?

Saya harap pembaca setuju jika nikmat terbesar di dunia ini adalah kita bisa memeluk agama Islam. Dengan islam, kita ditunjukkan bagaimana hidup yang benar. Walaupun sebagai umat Islam saya masih sering kali lalai dan berbuat dosa, semoga dengan menulis ini dan berbagi ilmu dapat menjadi pengingat saya agar tidak lalai.

Akan tetapi, rasya syukur kita karena diberi rahmat berupa Islam harus ditambah, karena kita juga diberi nikmat yang juga luar biasa. Nikmat yang luar biasa yang diberikan oleh Allah Swt yaitu dengan kita dilahirkan pada era nabi agung Muhammad Rasulullah Saw. Walaupun kita secara langsung tidak bisa melihat sosok nabi Muhammad Saw, akan tetapi kita bisa merasakannya secara tidak langsung. Kita bisa mengenal sosok beliau dari sejarah perjuangan beliau dalam menegakkan Islam.

Dengan kita beriman dan mengikuti sunnah nabi Muhammad Saw, semoga kita benar-benar bisa menjadi dari umatnya. Karena salah satu keuntungan apabila kita bisa menjadi umat nabi Muhammad yaitu, besok ketika hari kiamat, kita akan dibantu oleh nabi Muhammad berupa syafaat. Hanya nabi Muhammad Saw yang diberi kemampuan oleh Allah Swt untuk dapat memberi bantuan kepada manusia berupa syafaat di hari kiamat. Menjadi manusia yang terpilih untuk dapat diberi syafaat oleh nabi Muhammad Saw adalah cita-cita seluruh umat muslim.

Lantas, bagaimana rasulullah mengenali umatnya besok di hari kiamat? Sedangkan manusia yang pernah hidup di dunia ini jumlahnya tak terhitung mulai dari zaman nabi Adam as sampai sekarang. Rasulullah Saw pernah menjelaskan bagaimana Rasulullah Saw dapat dengan mudah mengenali umatnya dibandingkan dengan umat-umat yang lain.

Rasulullah Mengenal Umatnya Melalui Wudu

Dalam Misykatul mashabih, Muhammad ibn Abdullah al-Khatib at-Tabrizi menyebutkan sebuah sebuah hadis  riwayat Imam Ahmad, dari Abu Darda, Rasulullah Saw bersabda : “Akulah makhluk pertama yang akan diizinkan bersujud pada hari kiamat. Aku juga orang pertama yang akan diizinkan mengangkat kepala ( dari sujud) kelak. Kemudian aku melihat ke hadapanku, ke belakang, kesamping kanan dan kiriku, dan aku mengenal umatku dari umat-umat lainnya.”

Salah seorang sahabat bertanya, “Bagaimana engkau dapat mengetahui umatmu pada waktu seluruh umat manusia dari sejak umat nabi Nuh sampai umatmu dikumpulkan, ya Rasul?”

Rasulullah Saw menjawab, “kelak umatku itu bercahaya sangat putih karena bekas wudu. Tak ada seorangpun yang dapat menyerupai umatku kelak. Aku mengenali mereka karena itu, juga karena mereka akan diberikan catatal amal dari sebelah kanan, serta dihadapan mereka tampak keturunan-keturunan mereka.”

Hal ini memang tidak boleh kita jadikan patokan utama, akan tetapi apabila kita amati, tidak usah menunggu sampai hari kiamat, sekilas kita bisa membedakan mana yang umat islam mana yang tidak berdasarkan wajah mereka. Minimal 5 kali sehari kita membasuh muka kita dengan air wudu, jadi mungkin air wudu itu masuk ke dalam wajah kita sehingga wajah umat islam lebih bersinar dibanding umat yang lain.

Demikian artikel kami tentang bagaimana Rasulullah Saw mengenal umatnya besok di hari kiamat. Rasulullah mengenal umatnya di hari kiamat melalui wajah umatnya yang bersinar karena sering berwudu. Wudu merupakan aktivitas yang sering kita lakukan minimal 5 (lima) kali dalam sehari ketika kita mau menjalankan ibadah shalat wajib. Dengan wudu, kita akan suci dari berbagai macam hadas kecil. Dengan membaca artikel ini, semoga kita lebih bisa menjaga wudu untuk beraktivitas sehari-hari. 

Artikel Terkait

Silahkan Dibagikan

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon