Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 KI KD Seni Budaya SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Full

Download KI KD pelajaran seni budaya SMK Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018. Pada kali ini kami akan membagikan artikel tentang pendidikan di Indonesia, yaitu KI dan KD salah satu mata pelajaran wajib SMK, yaitu mata pelajaran Seni Budaya.

Berbicara tentang mata pelajaran seni budaya di SMK, ada perubahan yang sangat mendasar dalam pelaksanaan kurikulum SMK jika kita bandingkan dengan kurikulum sebelumnya (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/ KTSP). Jika pada kurikulum KTSP, mata pelajaran seni budaya diberikan di kelas 10, 11, dan 12. Sedangkan untuk mata pelajaran seni budaya pada kurikulum 2013 diberikan hanya di kelas 10 saja.

Kembali ke topik atau judul artikel kita kali ini. Jadi, dalam kurikulum 2013, terdapat istileh baru, yaitu adanya Kompetensi Inti yang disingkat KI dan Kompetensi Dasar yang disingkat dengan sebutan KD. Untuk kurikulum 2013 revisi ini, tidak disediakan silabus dari pemerintah, jadi Bapak/ Ibu guru harus mengembangkan silabus, berdasarkan KI KD yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Dasar Hukum KI KD Seni Budaya SMK (Kurikulum 2013 Revisi)

Dalam membagikan artikel tentang KI KD Seni Budaya SMK ini, ada dasar hukum atau peraturan pemerintah yang kami gunakan, yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Peraturan ini ditetapkan mulai pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu hamid Muhammad. Peraturan tersebut dapat anda unduh di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id, atau anda dapat lihat langsung pada akhir artikel.

KI KD Seni Budaya SMK K13 Revisi
Satu hal yang menjadi pembeda antara kurikulum 2013 (K13) dengan KTSP 2006, bahwa dalam kurikulum ini menggunakan Kompetensi Inti 1, 2, 3, dan 4. Nah untuk KI 1 berisi sikap spiritual, KI 2 berisi sikap sosial, KI 3 berisi penilaian pengetahuan, dan KI 4 berisi penilaian keterampilan.

Nah, untuk yang KI KD 1 dan 2, diberikan kepada guru agama dan guru PPKn secara langsung. Namun, untuk guru mata pelajaran lain tetap diharapkan dapat membantu meningkatkan sikap spiritual dan sikap sosial di dalam kelas.

KI Seni Budaya SMK Kurikulum 2013 Revisi

Berikut ini merupakan Kompetensi Inti mata pelajaran Seni Budaya SMK K13 Revisi terbaru, yang terdiri dari KI 3 dan KI 4.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Seni Budaya pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Seni Budaya.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KD Seni Budaya SMK Kurikulum 2013 Revisi

Kompetensi Inti (KI) yang ada di atas kemudian dijabarkan lagi sesuai dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI). Setidaknya ada 10 KD Seni Budaya kurikulum 2013 revisi 2017. Apa saja? Berikut ini penjabaran dari KD Seni Budaya K13 revisi.

3.1 Memahami konsep budaya
4.1 Mempresentasikan konsep budaya
3.2 Memahami konsep seni
4.2 Mempresentasikan konsep seni
3.3 Memahami konsep keindahan
4.3 Mempresentasikan konsep keindahan
3.4 Menganalisis jenis, fungsi dan unsur seni budaya Nusantara
4.4 Memilah jenis, fungsi dan unsur seni budaya Nusantara
3.5 Menganalisis perkembangan seni budaya Nusantara
4.5 Merumuskan perkembangan seni budaya Nusantara
3.6 Menerapkan apresiasi seni budaya Nusantara
4.6 Melaksanakan peniruan karya seni budaya Nusantara
3.7 Menerapkan apresiasi seni budaya mancanegara
4.7 Melaksanakan apresiasi seni budaya mancanegara
3.8 Menganalisis karya seni budaya Nusantara
4.8 Mengembangkan karya seni budaya Nusantara
3.9 Mengevaluasi karya seni budaya Nusantara
4.9 Mempresentasikan hasil evaluasi karya seni budaya Nusantara
3.10 Merancang karya seni budaya Nusantara
4.10 Mengkreasi karya seni budaya Nusantara

KI KD Seni Budaya SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Full


Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017
KI KD mata pelajaran Seni Budaya Kurikulum 2013 revisi 2018 ini kami bagikan berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yang terbaru. Berikut ini merupakan salinan SK Dirjen tentang KI KD Bahasa Inggris salah satu kompetenti keahlian SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi : https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD Seni Budaya SMK K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel tentang daftar KI KD Seni Budaya SMK Kurikulum 2013 revisi 2017 2018 kelas X. Link Download Artikel sudah kami lampirkan jika anda membutuhkan salinan peraturan pemerintah di atas.

Posting Komentar untuk "10 KI KD Seni Budaya SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Full"