Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 KI KD KIMIA SMK Kurikulum 2013 Revisi (TERBARU)

KI KD mapel Kimia SMK Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017-2018 terbaru. Melanjutkan apa yang telah kami sebelumnya, pada kali ini kami akan membagikan artikel tentang KI dan KD mata pelajaran SMK. Nah, untuk mata pelajaran yang kami bagikan ini yaitu KI KD kimia SMK K13 revisi.

Kita semua tahu, bahwa perkembangan Kurikulum 2013 mengalami banyak sekali revisi sejak diberlakukannya. Meskipun begitu, harus tetap kita apresiasi. Mengapa? Hal ini artinya pemerintah tetap memperhatikan pendidikan di Indonesia. Yang jelas, KI KD kimia yang kami sampaikan ini sesuai dengan revisi terbaru, yaitu tahun 2017.

Dasar Hukum KI KD Kimia SMK K13 Revisi

Pada tahun 2017, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan mengeluarkan aturan terkait dengan KI dan KD SMK di semua bidang keahlian. Termasuk dalam hal ini yaitu mata pelajaran kimia SMK.

Terkait dengan peraturan pemerintah yang menjadi dasar hukum artikel ini yaitu Keputusan Dirjen Dasar dan Menengah Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Kami sudah melampirkan salinan peraturan pemerintah tersebut pada akhir artikel jika masih penasaran dengan peraturan pemerintah tersebut. Yang jelas, jika kita cermati, peraturan tersebut ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah mulai pada tanggal 9 Juni 2017. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda dapat mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Kimia SMK K13 Revisi

Bagi yang belajar tentang kurikulum, kita tentu akan dibuat bingung dengan adanya istilah KI dan KD yang ada pada aturan pemerintah ini. Jadi, KI merupakan singkatan dari Kompetensi Inti, sedangkan KD merupakan singkatan dari Kompetensi Dasar. Lantas, apa perbedaan antara KI dan KD? KI lebih menekankan pada aspek spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan secara umum. Sedangkan KD menekankan pada materi ajar yang akan diajarkan.

Ada 4 Kompetensi Inti (KI) yang ditetapkan oleh pemerintah, mulai dari KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4. KI 1 menekankan aspek spiritual, KI 2 menekankan aspek sosial, KI 3 menekankan aspek pengetahuan, dan KI 4 menekankan aspek keterampilan. Mata pelajaran kimia mempunyai KI 1 dan KI 2 pada awal pemberlakuan kurikulum 2013. Namun, untuk K13 revisi, KI 1 dan KI 2 diberikan kepada mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn.

Sedangkan untuk kompetensi dasar memuat aspek pengetahuan (kode : 3) dan aspek keterampikan (kode : 4). Kompetensi dasar ini sudah mengalami banyak perubahan jika kita menengok pada KTSP. Namun, harus tetap kita kembangkan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

1. KI Kimia SMK K13 Revisi 2017

Mata pelajaran kimia SMK pada Kurikulum 2013 hanya memiliki KI 3 dan KI 4. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah KI 3 dan KI 4 mapel kimia SMK.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KI KD KIMIA SMK Kurikulum 2013 Revisi (TERBARU)

2. KD Kimia SMK K13 Revisi 2017

Sedangkan KD atau kompetensi dasar kimia terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori pengetahuan dan kategori keterampilan. Anda dapat membandingkan 2 kategori tersebut dengan cara melihat kode KD, yang awalnya angka 3 menujukkan pengetahuan, sedakan yang awalnya angka 4 menunjukkan keterampilan. Berikut ini KD Kimia SMK K13 Revisi.

3.1 Memahami peran kimia dalam kehidupan
4.1 Menunjukkan perbedaan perubahan materi dan pemisahan campuran melalui praktikum
3.2 Menganalisis struktur atom berdasarkan konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
4.2 Menentukan letak unsur dalam tabel periodik pada struktur atom dengan menggunakan konfigurasi elektron
3.3 Menganalisis proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi
4.3 Menyajikan pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam yang terjadi pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari
3.4 Memahami konsep massa molekul relatif dan konsep mol
4.4 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan konsep massa molekul relatif dan konsep mol
3.5 Memahami Hukum-hukum dasar dan persamaan kimia
4.5 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hukum-hukum dasar dan persamaan kimia
3.6 Menganalisis struktur, sifat senyawa hidrokarbon (ALKENA )
4.6 Menyajikan hasil identifikasi senyawa hidrokarbon (ALKENA) yang terdapat dalam kehidupan sehari hari
3.7 Menganalisis struktur, tata nama, sifat, penggolongan dan kegunaan polimer
4.7 Mengintegrasikan antara struktur, tata nama, sifat, penggolongan polimer dengan kegunaan polimer dalam kehidupan sehari hari
3.8 Mengevaluasi sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan pH larutan
4.8 Menyajikan tabel hasil percobaan asam basa dengan menggunakan indikator universal, kertas lakmus dan indikator alam
3.9 Menganalisis gejala proses penyepuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi
4.9 mengajukan ide/gagasan untuk mengatasi proses korosi berdasarkan faktor- faktor yang mempengaruhinya pada  kehidupan sehari hari melalui percobaan yang dilakukan
3.10  Menganalisis manfaat dan kerugian Radiokimia dalam kehidupan sehari – hari
4.10  Mengajukan gagasan untuk mengatasi dampak negatif dari Radiokimia

Orang lain juga membuka :
1. KI KD Fisika SMK Kurikulum 2013 Revisi (2018)
2. 10 KI KD Seni Budaya SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Full

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

KI KD Kimia  SMK Kurikulum 2013 revisi  ini sesuai keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen tentang KI KD salah satu kompetenti keahlian SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD KIMIA SMK K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel tentang KI KD Kimia SMK/MAK kurikulum 2013 revisi tahun 2017. LINK DOWNLOAD sudah terlampir jika anda membutuhkan artikel tersebut.

1 komentar untuk "10 KI KD KIMIA SMK Kurikulum 2013 Revisi (TERBARU)"

  1. ada yg merasa kebanyakan gak sih KD untuk kimia SMK ini

    BalasHapus