Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KI KD Basis Data SMK RPL Kurikulum 2013 Revisi (BARU)

Download Analisis KI KD Basis Data RPL SMK Kurikulum 2013 K13 Revisi 2017 2018 terbaru. Melanjutkan artikel tentang KI KD kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK/ MAK, maka kali ini akan kami sampaikan salah satu mata pelajaran inti dari RPL, yaitu mapel Basis Data. Namun, sebelum kami sampaikan KI KD Basis Data RPL K13 Revisi, apakah kalian tahu apa itu Basis Data?

Ketika kita akan membahas pengertian basis data (database), maka kita perlu membedah basis data. Basis dapat dimaknai sebagai berupa tempat kumpul, pusat, gudang. Sedangkan Data adalah suatu kumpulan fakta dari dunia nyata yang mewakilkan sebuah objek, baik itu manusia, barang, atau lainnya yang di record (rekam) ke dalam beberapa bentuk, contohnya yaitu simbol, teks, angka, bentuk huruf, bunyi, dan sebagainya.

Intinya Basis Data yaitu kumpulan data yang di dalamnya terdapat satu atau lebih tabel yang terhubung antara satu dengan yang lainnya, yang mana pada setiap Pengguna/User diberi hak akses untuk bisa menggunakannya diantaranya seperti Edit, Delete, Update (Merngubah, Menghapus, Memperbarui) dan lainnya pada beberapa table tersebut.

Dasar Hukum KI KD Pemodelan Perangkat Lunak SMK K13 Revisi

Untuk KI dan KD mapel Basis Data SMK RPL K13 Revisi ini mengacu pada aturan pemerintah terbaru. Melalui Kementrian pendidikan, Dirjen Dasar dan Menengah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Surat Keputusan tersebut jika kita baca, berlaku mulai tanggal 9 Juni 2017. Bagi yang belum pernah membaca peraturan tersebut, dapat membaca salinan SK tersebut pada akhir artikel. Jika di lampiran di bawah tidak jelas, anda dapat mengunduh (download) di web resmi ditpsmk, yaitu https://psmk.kemdikbud.go.id.

KI KD Basis Data SMK RPL K13 Revisi

KI adalah singkatan dari Kompetensi Inti, dan KD adalah singkatan dari Kompetensi Dasar. Untuk mata pelajaran Basis Data ini, terdiri dari 2 KI saja, yaitu KI 3 dan KI 4. Yang mana KI 3 mengarah pada aspek pengetahuan, dan KI 4 mengarah pada aspek keterampilan. Untuk KI 1 dan KI 2 hanya terdapat pada mata pelajaran pendidikan agama dan PPKn saja.

Sedangkan KD pada mata pelajaran Basis Data SMK ini juga sama, terdiri dari KD 3 (aspek pengetahuan) dan KD 4 (Aspek keterampilan). Bagi yang penasaran dengan KI KD Basis Data SMK RPL, berikut ini kami sampaikan penjelasannya.

1. KI Basis Data RPL SMK K13 Revisi

Seperti yang disampaikan di atas, KI Basis Data terdiri dari 2 KI, yaitu KI 3 dan KI 4. Meskipun tidak ada KI 1 dan KI 2, silahkan dikembangkan melalui penyusunan silabus dan RPP yang benar agar untuk mencantumkan aspek spiritual dan aspek sosial. Berikut ini KI 3 dan KI 4 Basis Data RPL SMK.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KI KD Basis Data SMK RPL Kurikulum 2013 Revisi

2. KD Basis Data RPL SMK K13 Revisi

Mata pelajaran Basis Data SMK ini mempunyai kompetensi dasar yang cukup banyak, yaitu ada 18 KD. 18 KD ini terdiri dari 2 aspek, yaitu aspek pengetahuan (kode = 3), dan aspek keterampilan (kode = 4). Yang jelas 18 KD ini dipelajari selama 2 tahun, kelas XI dan kelas XII.

Yang jelas, tidak banyak perbedaan antara KD 3 dan KD 4, misalnya saja KD 3.1 dan 4.1. Yang membedakan hanya kata awalnya saja, jika 3.1 itu “memahami”, dan “mempresentasikan” pada KD 4.1. Meskipun 2 kata ini berbeda dari sisi huruf, namun mempunyai maksud yang berbeda. Berikut ini KD Basis Data SMK.

3.1 Memahami struktur hirarki basis data
4.1 Mempresentasikan struktur hirarki basis data
3.2 Memahami bentuk diagram hubungan antar entitas
4.2 Mempresentasikan hubungan keterkaitan antar data dalam diagram ERD
3.3 Menerapkan teknik normalisasi basis data
4.3 Membuat perancangan sistem basis data menggunakan teknik normalisasi data
3.4 Memahami kelompok perintah yang termasuk dalam DDL, DML dan DCL dalam basis data
4.4 Membuat kelompok perintah yang termasuk dalam DDL, DML dan DCL dalam basis data
3.5 Memahami tipe data pada basis data
4.5 Mempresentasikan tipe data pada basis data
3.6 Menerapkan record, table dan field
4.6 Membuat record, table dan field
3.7 Menerapkan bahasa SQL dasar untuk mengelola tabel dalam basis data.
4.7 Membuat kode SQL dasar untuk mengelola tabel dalam basis data.
3.8 Menerapkan bahasa SQL dasar untuk memanipulasi tabel dalam basis data.
4.8 Membuat kode SQL dasar untuk memanipulasi tabel dalam basis data.
3.9 Menerapkan fungsi agregasi dalam basis data.
4.9 Membuat perintah fungsi agregasi dalam basis data.
3.10 Menerapkan penggunaan SQL untuk mengakses multi table
4.10 Membuat perintah SQL untuk mengakses multi table
3.11 Merancang SQL bertingkat dalam memanipulasi basis data
4.11 Membuat perintah SQL bertingkat dalam memanipulasi basis data
3.12 Menerapkan SQL pada sistem basis data client-server
4.12 Membuat perintah SQL pada sistem basis data client-server
3.13 Memahami arsitektur RDBMS
4.13 Mempresetasikan arsitektur RDBMS
3.14 Menerapkan pembuatan basis data pada RDBMS
4.14 Membuat basis data pada RDBMS
3.15 Menganalisis struktur penyimpanan pada RDBMS
4.15 Membuat struktur penyimpanan pada RDBMS
3.16 Menerapkan pengendalian server melalui koneksi client-server pada RDBMS
4.16 Membuat koneksi pengendalian server melalui client-server pada RDBMS
3.17 Mengevaluasi pengamanan sistem basis data pada RDBMS
4.17 Merevisi sistem pengamanan basis data pada RDBMS
3.18 Menerapkan replikasi basis data
4.18 Membuat replikasi basis data

Orang lain juga membuka :
1. KI KD Pemodelan Perangkat Lunak SMK RPL Kurikulum 2013 Revisi
2. 20 KI KD Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) SMK RPL K13 Revisi

Salinan Keputusan Dirjen Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017

Seperti yang kami sampaikan di atas, bahwa KI KD Basis Data RPL SMK K13 revisi ini kami sampaikan sesuai dengan SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah terbaru, yaitu Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017. Berikut ini salinan SK Dirjen tentang KI KD kompetenti keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK/MAK. Jika anda ingin membuka KI KD kompetensi keahlian yang berbeda, silahkan kunjungi :
https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2505/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-ki-kd-smkmak


Link : Download KI KD Basis Data SMK K13 (Dirjen Nomor 330/ D.D5/ KEP/ KR/ 2017)

Demikian artikel tentang KI KD Basis Data RPL SMK Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017 2018. LINK DOWNLOAD sudah tersedia apabila anda ingin menyimpan artikel ini.

Posting Komentar untuk "KI KD Basis Data SMK RPL Kurikulum 2013 Revisi (BARU)"