2 Ilmu Penunjang Geografi (Aspek Fisik & Sosial) Lengkap

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Ilmu penunjang geografi (aspek fisik dan sosial). Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan. Sejarah perkembangan geografi dari masa ke masa selalu mengalami perkembangan. Mungkin karena objek yang dipelajari sangat luas.

Karena luasnya objek kajian geografi, dibutuhkan ilmu penunjang geografi untuk dapat mempelajari geografi secara utuh. Secara umum, ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam ilmu penunjang geografi, yaitu : 1) Ilmu yang menerangkan aspek fisik meliputi geografi matematik, meteorologi, oceanografi, geologi, geomorfologi, dan sebagainya. 2)Ilmu yang menerangkan aspek sosial seperti antropologi, geografi ekonomi, geografi politik, dan sebagainya.


Ilmu Penunjang Geografi (Aspek Fisik Dan Sosial)

Untuk lebih mengetahui tentang penjelasan ilmu fisik dan sosial penunjang geografi, kali ini kami akan paparkan secara menyeluruh tentang berbagai ilmu penunjang geografi.

Ilmu Penunjang Geografi Aspek Fisik

Yang pertama yang akan kita pelajari yaitu ilmu penunjang geografi dari aspek fisik. Sebelumnya sudah disebutkan sedikit tentang ilmu fisik apa yang menunjang geografi, yaitu geografi matematik, meteorologi, oceanografi, geologi, geomorfologi. Berikut ini kami paparkan ilmu penunjang geografi yang lain dari aspek fisik beserta penjelasannya.

1. Ilmu Demografi
Ilmu demografi yaitu ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyelidikan, dan statistik penduduk di suatu regional. Ilmu penunjang geografi ini membantu geografi dalam mengkaji mengenai perkembangan, kematian, kelahiran, kepadatan, migrasi, migrasi dan persebaran penduduk.

2. Ilmu Klimatologi
Klimatologi yaitu ilmu penunjang geografi yang mempelajari cuaca dan iklim serta unsur-unsur yang mempengaruhinya.

3. Ilmu Astronomi
Ilmu astronomi merupakan ilmu penunjang geografi yang mempelajari benda langit yang terdapat di luar atmosfer bumi, antara lain bulan, matahari, bintang, asteroid, planet, komet, dan benda angkasa lainnya.

4. Ilmu Pedologi
Ilmu pedologi adalah ilmu penunjang geografi yang mempelajari tanah dan batuan. Kajian ilmu pedologi sangat membantu geografi dalam mempelajari struktur, jenis, unsur-unsur tanah, dan proses pembentukan tanah.

5. Ilmu Etnografi
Etnografi adalah ilmu penunjang geografi yang mempelajari tentang jenis ras manusia dan penyebaran bangsa-bangsa di seluruh dunia yang dilihat dari sudut pandang geografis. Perlu anda ketahui, bahwa teori tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang berasal dari Yunan, China Selatan berasal dari ilmu ini.

6. Ilmu Biogeografi
Biogeografi adalah ilmu penunjang geografi yang mempelajari kehidupan mahluk hidup di permukaan bumi. Ilmu biogeografi terbagi menjadi dua, yaitu ilmu geografi tumbuhan (fitologi) dan ilmu geografi hewan (zoologi).

7. Ilmu Kartografi
Kartografi adalah ilmu penunjang geografi yang mempelajari tentang peta atau pemetaan. Tentu saja ilmu kartografi sangat menunjang georafi dalam memahami suatu daerah melalui peta tang dihasilkan oleh ilmu kartigrafi.

8. Ilmu Geomorfologi
Geomorfologi adalah ilmu penunjang geografi yang mengkaji bentuk bentuk permukaan bumi. Di dalam ilmu geomorfologi dipelajari tentang proses dan tahapan yang harus dilalui permukaan bumi hingga memperoleh bentang alam yang sedemikian rupa.

9. Ilmu Geologi
Geologi adalah ilmu penunjang geografi yang mengkaji bumi secara keseluruhan. Dalam geologi, akan kita pelajari tentang sejarah dan asal mula pembentukan bumi, komposisi, struktur, hingga perkembangannya.

10. Ilmu Geofisika
Geofisika merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari sifat fisik bumi bagian dalam melalui metode pemahaman fisika. Contoh kajian dalam ilmu geofisika yatu tentang gejala magnetik, gaya berat, dan gravitasi.
Ilmu Penunjang Geografi (Aspek Fisik & Sosial)

11. Ilmu Hidrologi
Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang air. Objek yang dipelajarai ilmu hidrologi terdiri dari air bawah permukaan (air tanah), air permukaan, dan air di udara.

12. Ilmu Meteorologi
Meteorologi adalah ilmu penunjang geografi yang mempelajari tentang berbagai unsur di atmosfer bumi. Kajian dalam ilmu meteorologi terdiri dari udara, curah hujan, cuaca, suhu, dan angin. Kita sering mendapati manfaat ilmu meteorologi untuk mengetahui cuaca dan iklim yang diterapkan dalam usaha penerbangan, pertanian, dan perhubungan.

13. Ilmu Oseanografi
Ilmu oseanografi adalah ilmu yang khusus mempelajari tentang perairan laut beserta segala isinya. Ilmu oseanigrafi masih berhubungan dengan ilmu hidrologi, hanya saja objek yang dipelajari meliputi pasang surut, sifat air laut, geologi dasar laut, kedalaman, arus, flora dan fauna laut, dan hubungan antara laut dengan atmosfer.

Ilmu Penunjang Geografi Aspek Sosial

Ilmu penunjang geografi yang kedua yaitu dari aspek sosial. Dalam hal ini, ada 5 cabang ilmu sosial yang menunjang geografi, antara lain geigrafi sosiologi, geografi ekonomi, geografi politik, antropologi, dan biogeografi. Untuk lebih jelaskanya, berikut ini penjelasan satu persatu tentang ilmu sosial penunjang geografi.

1. Geografi sosial/sosiologi 
Geografi sosial/sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial termasuk perubahan sosial, yaitu kelompok-kelompok sosial, lembaga-lembaga sosial, kaidah-kaidah sosial, dan lapisan sosial. Sedangkan proses sosialadalah pengaruh timbal balik berbagai segi kehidupan bersama.

2. Geografi politik 
Geografi politik adalah ilmu yang objeknya mempelajari  tentang hubungan antara daratan dan lautan dengan politik untuk tujuan politik luar negeri. Jadi, metode/cara mempergunakan prinsip prinsip geografi untuk meramalkan perkembangan politik dunia.

3. Geografi ekonomi 
Geografi ekonomi (geografi sosial ekonomi) adalah ilmu yang objeknya mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup untuk dapat mencapai kesejahteraan dalam hidupnya.

4. Biogeografi 
Biogeografi adalah ilmu yang objeknya mempelajari kehidupan/biosfer di muka bumi (di darat, laut, dan udara).

5. Antropologi/antropogeografi 
Antropologi/antropogeografi adalah ilmu yang objeknya mempelajari tentang penyebaran masyarakat bangsa-bangsa di bumi sehubungan dengan lingkungan geografi. Para ahli menganggap antropogeografi sama dengan humangeografi.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon