2 Teknik Dasar, dan 5 Peraturan Permainan Sepak Bola

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Teknik dasar permainan sepak bola dan peraturan permainan sepak bola. Sepak bola adalah salah satu olahrara terpopuler di dunia, termasuk negara kita yaitu negara Indonesia. Lalu apa itu pengertian permainan sepak bola? Sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh tim lapangan yang berbentuk empat persegi panjang. Dalam permainan sepak bola, para pemain mencoba untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Sejak zaman kuno, orang sudah bermain permainan menyepak bola. Bentuk sepak bola modein berasal dari Negara Inggris. Hal itu terjadi pada tahun 1860 ketika peraturan sepak bola pertama kali ditulis.

Itulah sejarah singkat permainan sepak bola. Nah untuk lebih mendalami tentang permainan sepak bola, kali ini kami akan menjelaskan tentang teknik dasar dan peraturan permainan sepak bola. Walaupun banyak orang Indonesia yang sudah mengetahui tentang teknik dasar permanian sepak bola secara praktis, namun alangkah lebih baiknya jika pembaca juga mengetahui teknik dasar permainan sepak bola ditambah dengan peraturan sepak bola.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Yang pertama kali kita bahas yaitu teknik dasar permainan sepak bola. Keterampilan teknik dasar bermain sepak bola dibagi menjadi 2, yaitu teknik menendang bola dan teknik menghentikan bola. Berikut ini kami jelaskan satu persatu.

a. Teknik Menendang Bola
Teknik menendang bola adalah teknik dasar permainan sepak bola yang pertama. Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepak bola yang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan (passing) dan menembak ke arah gawang (shooting at the goal). Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadibeberapa macam, yaitu menendang dengan kaki bagian dalam, menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki. Berikut macam-macam teknik menendang bola.

1. Menendang dengan Kaki Bagian Datam
Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis gerakannya sebagai berikut.
a) Badan menghadap sasaran dibelakang bola.
b) Kaki tumpu berada di samping bola kurang lebih 15 cm.
c) Ujung kaki menghadap sasaran, lutut sedikit ditekuk, kaki ditarik ke belakang, dan ayunkan ke depan, setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan follow throw (gerakan lanjutan).

2. Menendang dengan Kaki Bagian Luar
Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis gerakannya sebagai berikut.
a) Posisi badan di belakang bola, kaki tumpu di samping belakang bola 25 cm, ujung kaki menghadap ke sasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
b) Kaki tendang berada dibelakang bola, dengan ujung kaki menghadap ke dalam.
c) Kaki ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan.
d) Perkenaan bola tepat dl punggung kaki bagian luar dan tepat pada bagian tengah bola.
e) Gerakan lanjutan kakitendang diangkat serong kurang lebih 45 derajat menghadap sasaran.

3. Menendang dengan Punggung Kaki
Pada umumnya menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting. Analisis gerakannya sebagai berikut.
a) Badan di belakang bola sedikit condong ke depan, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran, kakisedikit ditekuk.
b) Kaki berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap ke depan atau sasaran.
c) Kaki tarik ke belakang dan ayunkan ke depan hingga mengenai bola.
d) Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dan tepat pada tengah-tengah bola.
e) Gerakan lanjut kaki tendang diarahkan dan diangkat ke arah sasaran.

b. Teknik Menghentikan Bola (Stopping)
Teknik dasar permainan sepak bola yang kedua yaitu tenik menghentikan bola. Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yang penggunaannya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah mengontrol bola, yang termasuk di dalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing. Untuk menghentikan bola, kita harus memprediksi posisi bola akan jatuh di mana dan menggunakan bagian badan yang tepat untuk menghentikannya.

Berikut macam-macam teknik menghentikan bola.
1. Menghentikan Bola dengan Dada
Teknik ini digunakan untuk menghentikan bola tinggi, dada siap menghadapi datangnya arah bola, lutut sedikit ditekuk kemudian bola dikontrol menggunakan dada, kemudian diarahkan ke kaki.
2. Menghentikan Bola dengan Paha
Teknik ini digunakan untuk menghentikan bola tinggi, posisi kaki sedikit ditekuk pada lutut saat bola mengenai paha mengikuti jalannya bola, sehingga bola tidak memantul, tetapi jatuh ke tanah dan dapat dikontrol ke arah kaki.
3. Menghentikan Bola dengan Telapak Kaki
Teknik ini digunakan untuk menghentikan bola menyusur tanah dan memantul, berat badan diletakkan di atas kaki tumpu, bola dikontrol di depan kaki tumpu, kemudian bola dihentikan dengan kaki tumpu, dan pandangan ke arah bola.
4. Menghentikan Bola dengan Kaki
Teknik ini digunakan untuk menghentikan bola menyusur tanah, ujung kaki mengontrol membentuk siku-siku terhadap kaki tumpul, kemudian bola dihentikan menggunakan kaki bagian dalam.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Materi selanjutnya tentang permainan sepak bola yaitu peraturan sepak bola. Peraturan sepak bola dibagi menjadi 5 bagian, antara lain peraturna jumlah pemain, peraturan perlengkapan pemain, peraturan tentang lamanya permainan, permulaan permainan, peraturan permulaan permainan, dan peraturan tentang lapangan permainan sepak bola.
Teknik Dasar, dan 5 Peraturan Permainan Sepak Bola

a. Jumlah pemain
1. Masing-masing regu terdiri atas sebetas orang pemain, termasuk seorang penjaga gawang.
2) Jumlah pemain cadangan setiap regu tidak boleh lebih dari tujuh orang.

b. Perlengkapan Pemain
1) Perlengkapan pemain terdiri atas baju kaus, celana pendek, pelindung tulang kering, dan sepatu sepak bola.
2) Penjaga gawang boleh memakai pakaian berbeda warna untuk membedakan dari pemain lain dan wasit.

c. Lamanya Permainan 
1) Permainan sepak bola dilakukan dalam dua babak. Setiap babak berlangsung selama 45 menit. Waktu istirahat di antara kedua babak selama 15 menit. Apabila terjadi babak tambahan, waktunya adalah 2x15 menit
2) Jika pertandingan dihentikan oleh wasit sebelum waktu yang telah ditentukan dalam peraturan, maka pertandingan harus diulang secara penuh.

d. Permulaan Permainan
1) Sebelum permainan dimulai, wasit melakukan perundingan yang disaksikan oleh kedua kapten kesebelasan yang akan bertanding. Regu yang menang undian dapat menentukan tempat atau tendangan permulaan.
2) Penendang pertama tidak boleh memainkan bola lebih dari Sentuhan sebelum bola disentuh pemain lain.
3) Setelah terjadi gol, permainan dimulai kembali dengan tendangan permulaan oleh regu yang gawangnya kemasukan bola.

e. Lapangan Permainan Sepak Bola
1) Panjang lapangan : minimal 90 m dan maksimal 120 m.
2) Lebar lapangan : minimal 45 m dan maksimal 90 m.
3) Daerah gawang : 18,32x 5,5 m.
4) Daerah penalti : 40,32x 16,5 m.
5) Jari-jari tengah lingkaran : 9,15 m.
6) Jarak tendangan penalti : 11 m.
7) Tinggi gawang : 2,54 m.
8) Lebar gawang : 7,32m.
9) Diameter tiang gawang : 12 cm.
10) Tinggi bendera : 1m.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon