Pengertian, Perbedaan Renang Gaya Bebas, Dada, Punggung, Kupu-Kupu

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Pengertian gaya renang dan perbedaan renang gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Olahraga renang sangat menarik untuk dibahas, mengapa? Hal ini karena olahraga renang adalah jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh semua umur dan semua kalangan. Apalagi kondisi geografis Indonesia yang berupa kepulauan, tentu tidak sulit untuk mendapatkan lokasi yang dapat digunakan untuk berenang.

Akan tetapi, apakah pembaca tahu tentang berbagai gaya yang dapat digunakan dalam berenang? Atau apakah anda ketika berenang asal-asalan saja? Jika iya, sebaiknya anda membaca artikel di bawah ini yang membahas berbagai jenis gaya renang dan perebedaan masing-masing gaa renang.

Pengertian Renang Gaya Bebas, Dada, Punggung, Kupu-Kupu

Secara umum, ada 4 gaya renang yang dapat anda gunakan, meliputi renang gaya bebas, dada, punggung, kupu-kupu. Berikut ini penjelasannya satu persatu.

1. Pengertian Renang Gaya Bebas
Gaya bebas yaitu berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.  Kedua belah tangan dengan cara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan  gerakan mengayuh, sesaat keduabelah kaki dengan cara bergantian  dicambukkan naik turun ke atas serta ke bawah. Pada saat berenang gaya bebas, posisi muka menghadap ke permukaan air. Pernapasan dikerjakan waktu lengan digerakkan ke luar dari air, waktu tubuh jadi miring serta kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang dapat menentukan untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya berenang yang lain, gaya bebas adalah gaya berenang yg dapat bikin tubuh melaju lebih cepat di air.

2. Pengertian Renang Gaya Dada
Gaya dada adalah gaya berenang paling popular untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabildan kepala bisa ada diluar air kurun waktu yg lama. Gaya dada atau gaya katak adalahberenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, tetapi tidak sama dari gaya bebas, batang tubuh senantiasa dalam situasi terus. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementarakedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan di buka ke samping seperti gerakanmembelah air supaya badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh mengikuti gerakan kataksedang berenang hingga dimaksud gaya katak. Pernapasan dikerjakan saat mulut ada dipermukaan air, sesudah satu kali gerakan tangan-kaki atau 2 x gerakan tangan-kaki.

3.Pengertian Renang Gaya Punggung
Sewaktu berenang gaya punggung, orang berenang dengan posisi punggung menghadap kepermukaan air. Posisi muka ada diatas air hingga orang gampang mengambil napas. Namun perenang cuma bisa lihat atas serta tak dapat lihat ke depan. Pada saat berlomba, perenang memperkirakan dinding pinggir kolam dengan mengkalkulasi jumlah gerakan.

Dalam gaya punggung, gerakan lengan serta kaki sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan dengan cara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut serta hidung ada diluar air hingga mudah mengambil atau buang napas dengan mulut atau hidung.

4. Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu
Gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba yaitu satu diantara gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan dengan cara berbarengan ditekan ke bawah dandigerakkan ke arah luar saat sebelum diayunkan ke depan. Sesaat kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah serta ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Hawa dihembuskan kuat-kuat dari mulut serta hidung saat sebelum kepala nampak dari air, serta udaradihirup melalui mulut saat kepala ada diluar air.

Gaya kupu-kupu di ciptakan th. 1933, serta adalah  gaya berenang paling baru. Tidak sama darirenang gaya yang lain, perenang pemula yg belajar gaya kupu-kupu butuh saat lebih lamauntuk pelajari koordinasi gerakan tangan serta kaki. Berenang yaitu satu diantara type olahraga yg dapat menambah kesehatan seseorang yang jg adalah olahraga tiada gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang  terbilangminim risiko cedera fisik lantaran waktu berenang semua berat badan ditahan oleh air ataumengapung. Diluar itu berenang adalah olahraga yg paling disarankan untuk mereka yangkelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil serta pasien masalah persendian tulang atau arthritis.

Perbedaan Renang Gaya Bebas, Gaya Dada, Gaya Punggung, dan gaya Kupu-Kupu

Untuk mempermudah pemahaman kita dalam mengenal macam-macam gaya dalam berenang, berikut ini akan kami jelaskan perbedaab gaya renang antara satu gaya dengan gaya yang lainnya.

1. Perbedaan Renang Gaya Bebas Dengan Gaya Punggung
Ada banyak perbedaan yang terjadi antara renang gaya bebas dengan renang gaya punggung. Perbedaan antara lain :
a. Posisi Badan
Seperti yang tercantum dimuka bahwa dalam  renang gaya bebas, posisi badan harus horisontal, walaupun kaki masih cukup dalam di dalam air, sedangkan pada renang gaya pungung, posisi badan terlentang. Untuk mempertahankan posisi tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
• Dada, bahu, dan panggul berada di dalam air
• Wajah berada sedikit diatas permukaan air sehingga dapat leluasauntuk mengambil nafas
• Kedua kaki lebih rendah dari punggung dan secara bergantian menendang air.
Pengertian, Perbedaan Renang Gaya Bebas, Dada, Punggung, Kupu-Kupu

b. Gerakan Kaki
Gerakan kaki pada gaya punggung pada prinsipnya sama dengan gerakan kaki pada gaya bebas, hanya dalam posisi terbalik. Bentuk-bentuk latihan gerakan kaki :
• Duduk di pinggir kolam kedua kaki diluruskan ke dalam air, kemudian lakukan gerakan kaki
• Dengan posisi terlentang, kedua tangan pepegang pinggir kolam
• Dengan posisi terlentang menggunakan pelampung

c. Pernafasan
Pengambilan nafas gaya punggung sangat berbeda dengan gaya bebas. Pengambilan nafas gaya punggung lebih mudah karena mulut dan hidung selalau diatas permukaan air, tinggal mengatur
waktunya saja.

2. Perbedaan Renang Gaya Bebas Dengan Gaya Kupu-Kupu
Pola renang gaya bebas mempunyai persamaan dan perbedaan dengan pola gaya renang kupu-kupu. Persamaan terletak pada teknik meluncurnya. Sedangkan perbedaannya terletak pada gerakan lengan. Gerakan lengan :
a. Pada renang gaya bebas terdapat 3 macam gerakan lengan, yaitu gerakan menarik (pull), endorong (push), dan istirahat (recovery).
b. Pada saat renang gaya kupu-kupu, terdapat dua macam gerakan renang, yaitu saat lengan diatas air dan dibawah air.

3. Perbedaan Renang Gaya Bebas Dengan Gaya Dada
Salah satu yang membedakan gaya bebas dengan gaya dada adalah dari teknik gerakan kaki. Adapun cara untuk melakukan gerakan kaki pada renang gaya dada adalah :
a. Tarik kedua kaki mendekati pinggul, kedua paha agak terbuka, putar pergelangan kaki menghadap kaluar dan siap mendorong
b. Dorongkan kedua kaki secara bersamaan ke belakang agak menyamping hingga membentuk ½  lingkaran di bawah permukaan air.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon