5 Gangguan (Kelainan) Tulang Manusia, Penyebab, Cara Menjaganya

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Gangguan (kelainan) tulang pada manusia, penyebab, dan cara menjaga kesehatan tulang. Tulang merupakan salah satu organ penyusun sistem gerak pada makhluk hidup, khusunya manusia selain otot dan sendi. Dengan adannya tulang, kita dapat berjalan, berlari, loncat-loncat, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Namun, apa yang terjadi jika tulang mengalami gangguan? Tentu saja kita akan terhambat dalam beraktivitas. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan tulang kita.

Untuk lebih memahami tentang pentingnya tulang bagi kehidupan kita, dalam artikel ini, akan kita bahas tentang 5 gangguan (Kelainan) tulang manusia dan cara menjaga kesehatan tulang kita.

Gangguan (Kelainan) Tulang Manusia dan Penyebabnya

Ada 5 jenis gangguan tulang yang akan kita bahas, antara lain : gangguan tulang sejak lahir, gangguan karena pola makan, gangguan karena posisi tubuh yang salah, gangguan karena penyakit, dan gangguan karena kecelakaan. Berikut penjelasanny.

1. Gangguan (Kelainan) tulang karena kebiasaan posisi tubuh yang salah
Kebiasaan yang tidak baik akan memengaruhi pertumbuhan tubuh. Sikap tubuh yang salah ketika duduk, berdiri, tidur, atau ketika membawa beban yang terlalu berat dapat menyebabkan gangguan pada tulang belakang/punggung. Ada tiga jenis gangguan atau kelainan tuang yang disebabkan oleh kebiasaan posisi tubuh yang salah, yaitu skoliosis, kifosis, dan lordosis. Berikut ini penjelasannya satu persatu.
a. Skoliosis, yaitu tulang punggung terlalu melengkung ke kiri atau ke kanan. Penyebab skoliosis yaitu jika seseorang sering membebani salah satu sisi tulang belakang dan kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun.
b. Kifosis, yaitu tulang punggung terlalu melengkung ke belakang. Penyebab kifosis yaitu apabila kita sering duduk di kursi dengan meja yang terlalu tinggi.
c. Lordosis, yaitu tulang punggung yang terlalu melengkung ke depan. Penyebab lordosis yaitu karena kebiasaan menulis yang terlalu membungkuk.

2. Gangguan (kelainan) tulang karena penyakit
Ganguan tulang manusia kedua yang biasanya terjadi yaitu gangguan tulang yang disebabkan karena penyakit. Beberapa jenis penyakit yang dapat mengakibatkan terjadinya kelainan pada tulang manusia antara lain : polio, layuh semu, kaku sendi, kanker tulang, TBC tulang, dan oestoporosis.
a. Polio
Polio merupakan kelainan pada tulang yang mengakibatkan seseorang akan mengalami kelumpuhan sehingga lama kelamaan tulangnya akan mengecil. Penyakit kelainan tulang ini dapat dicegah dengan vaksin polio. Pemberian vaksin polio biasanya dilakukan melalui mulut pada saat anak berusia di bawah lima tahun. Dengan adanya vaksin polio, diharapakan terjadi penurunan angka penderita kelainan tulang karena penyakit polio.

b. Layuh Semu
Layuh semu merupakan penyakit gangguan tulang yang terjadi karena terinfeksi penyakit sifilis pada anak semasa dalam kandungan akibat tertular oleh ibu yang mengidap penyakit sifilis. Jenis gangguan tulang ini akan mengakibatkan tulang sebagai anggora gerak pada bayi atau anak menjadi layuh atau tidak bertenaga.

c. Rakhitis
Rakhitis merupakan suatu penyakit gangguan tulang yang mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tulang. Penyakit gangguan tulang ini timbul karena penderita kekurangan vitamin D dan sinar matahari pagi. Orang yang menderita penyakit rakhitis memiliki tulang yang lemah dan biasanya berbentuk X atau O karena tidak dapat menahan berat tubuh.

d. Kaku Sendi
Kaku sendi merupakan cacat pada persendian dimana sendi tidak dapat digerakkan. Penyakit ini disebabkan karena persendian terinfeksi penyakit sifilis atau gonorhoe sehingga minyak sendi menjadi kering dan tidak dapat digerakkan, misalnya pada lutut yang tidak dapat dibengkokkan. Kaku sendi biasanya ini terjadi pada orang dewasa.

e. Kanker Tulang
Virus juga dapat merusakkan pertumbuhan sel sel tulang yang tidak terkendali, sehingga di beberapa tempat pada tulang dapat tumbuh benjolan benjolan yang dapat berpindah pindah dan timbul rasa sakit. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

f. TBC Tulang
TBC tulang adalah penyakit pada tulang akibat infeksi oleh Tuberculosis yang sehingga membuat tulang menjadi rusak.

g. Osteoporosis
Osteoporosis atau tulang keropos merupakan penyakit yang menyebabkan tulang mudah retak atau patah. Penyakit ini biasanya menyerang orang lanjut usia, terutama perempuan. Penyebab osteoporosis adalah tubuh kekurangan zat kapur (kalsium).

3. Gangguan (Kelainan) Tulang Karena Faktor Keturunan
Gangguan tulang yang ketiga yaitu karena faktor keturunan. Suatu sifat keturunan pada orang tua yang bersifat menurun akan diwariskan kepada keturunannya, sifat itu disebut gen. Misalnya, kelainan bentuk tulang punggung yang dialami orang tua yang disebabkan oleh gen, maka akan diwariskan kepada keturunannya.

4. Gangguan (Kelainan) Tulang Yang Disebabkan Oleh Makanan
Selain faktor keturunan, gangguan kelainan tulang juga dapat terjadi karena pola makan kita sehari-hari. Kok bisa? Pertumbuhan tulang tulang sangat tergantung dari makanan yang kita makan setiap hari. Makanan yang kita makan harus mengandung zat zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Misalnya, mengandung zat kapur, fosfor, dan vitamin D.
Gangguan (Kelainan) Tulang Manusia, Penyebab, Cara Menjaganya

5. Gangguan (Kelainan) Tulang Karena Kecelakaan
Gangguan tulang yang terakhir yaitu gangguan tulang yang disebabkan karena kecelakaan. Ada beberapa jenis kelainan tulang yang disebabkan karena kecelakaan, antara lain :
a. Fisura, merupakan gangguan tulang berupa retak.
b. Fraktura, merupakan gangguan tulang berupa patah tulang.
c. Kalus, jika tulang yang patah akibat kecelakaan, kemudian timbul gelembung pada bagian sambungan tulang, tempat sambungan tulang yang menggelembung setelah sembuh.
d. Urai Sendi, jika terjadi pergeseram sendi karena selaput sendi sobek.
e. Patah tulang terbuka, jika tulang yang patah merobek kulit dan tulang mencuat ke luar.
f. Patah tulang tertutup, jika tulang yang patah tidak sampai merobek kulit.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Begitu pentingnya organ tulang bagi manusia membuat kita harus menjaga kesehatan tulang. Bayangkan jika tulang kita bermasalah, kita tidak akan dapat berkaktivitas seperti biasanya. Nah, untuk menjaga kesehatan tulang atau mendapatkan tulang yang seghat dan kuat, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, antara lain :
1.  Konsumsi Makanan yang mengandung Vitamin D dan Kalsium 
Kalsium merupakan nutrisi yang terpenting dalam pembentukan tulang. Sedangkan vitamin D adalah nutrisi yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium. Beberapa makanan yang dapat kita konsumsi untuk mendapatkan vitamin D dan kalsium antara lain : susu, keju, telur, almond, yoghurt, kedelai, bayam, ikan lele, sawi, brokoli, ikan tuna, ikan salmon, pisang, jus jeruk dan sereal.

2. Berjemur pada pagi hari
Selain dari makanan, sumber vitamin D yang lain yaitu sinar matahari. Sinar matahari merupakan sumber vitamin yang mudah di dapat dan murah meriah. Dengan berjemur diantara jam 7-9 pagi selama 10 menit, dapat mengurangi gangguan tulang hingga 30%.

3. Tingkat aktivitas fisik
Cara lain untuk meningkatkan kekuatan tulang dapat dilakukan dengan berjalan, jalan cepat, naik-turun tangga, bersepeda, senam aerobik, dan olah raga lainya.

4. Menjaga berat badan ideal
Berat badan yang terlalu gemuk atau berat akan mengganggu kesehatan tulang karena dapat mengakibatkan tumpuan yang terlalu berat di bagian betis dan sekitarnya. Untuk itu, Anda perlu menjaga berat badan anda.

5. Jangan menggunakan sepatu high heel yang berlebihan
Khusus untuk perempuan, hindari pemakaian high heel yang berlebihan jika anda ingin tulang anda sehat. Mengenakan sepatu berhak tinggi yang berlebihan dapat menyebabkan cedera kaki dan menyebabkan terjadinya kerapuhan di bagian tulang kaki.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon