Pengertian Negara Menurut Max Weber, Mac Iver, & 24 Ahli Lain

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Pengertian negara menurut Max Weber, Mac Iver, & Ahli Lain. Negara berbeda dengan bangsa. Jika bangsa merujuk pada kelompok orang atau persekutuan hidup, sedangkan negara merujuk pada sebuah organisasi sekelompok di dalamnya. Penting bagi kita untuk memahami pengertian negara, jadi kita dapat membedakan antara pengertian bangsa dan pengertian negara.

Pengertian Negara Secara Bahasa dan Etimologis

Pengertian negara yang pertama yaitu pengertian negara secara bahasa. Secara bahasa, negara ada dalam dalam bahasa asing seperti de staat (Belanda), state (Inggris), dan Le’etat (Prancis). Menurut bahasa sansekerta, pengertian negara diartikan sebagai suatu kota, sedangkan menurut suku-suku yang ada di Indonesia negara adalah tempat tinggal. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), negara adalah persekutuan bangsa yang hidup dalam satu daerah/wilayah dengan batas-batas tertentu yang diperintah dan diurus oleh suatu badan pemerintah dengan teratur.

Pengertian negara dibagi menjadi dua, yaitu pengertian negara dalam arti luas dan pengertian negara dalam arti sempit. Menurut arti sempit pengertian negara yaitu merupakan alat untuk mencapai kepentingan bersama. Sedangkan pengertian negara dalam arti luas yaitu kesatuan sosial yang diatur secara konstitusional untuk mewujudkan kepentingan bersama. Adapun pengertian negara secara terminologi diartikan sebagai organisasi tertinggi di antara satu kelompk masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup di daerah tertentu, dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat.

Keberadaan negara, seperti organisasi secara umum adalah untuk memudahkan anggotanya (rakyat) mencapai tujuan bersama atau cita-citanya. Keinginan bersama ini dirumuskan dalam suatu dokumen yang disebut sebagai konstitusi, termasuk di dalamnya nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh rakyat sebagai anggota negara. Dalam bentuk modern negara terkait erat dengan keinginan rakyat untuk mencapai kesejahteraan bersama dengan cara-cara yang demokratis.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Setelah memahami pengertian negara berdasarkan bahasa dan etimologi, selanjutnya kita akan belajar tentang pengertian negara menurut para ahli. Para ahli mempunyai pendapat yang berbeda-beda tentang pengertian negara. Beberapa ahli yang memberikan pendapat tentang pengertian negara yaitu max weber, mac iver, karl marx, dan lain-lain. Para ahli dalam negeri juga tidak ketinggalan dalam meberikan pendapat mereka tentang pengertian negara, beberapa diantaranya adalah Miriam Budiardjo, Nasroen, Soly Lubis, dan lain-lain.

Pendapat para ahli tentang pengertian negara dapat anda lihat pada pengelasan di bawah ini.
1. Mac Iver (R.M. Mac Iver : 1926)
Pengertian negara adalah persembatanan (penarikan) yang bertindak lewat hukum yang direalisasikan oleh pemerintah yang dilengkapi dengan kekuasaan untuk memaksa dalam satu kehidupan yang dibatasi secara teritorial mempertegak syaratsyarat lahir yang umum dari ketertiban sosial.

2. Max Weber (Max Weber : 1958)
Pengertian negara menurut max weber adalah suatu masyarakat yang memonopoli penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah).

3. Karl Marx 
Pengertian negara adalah suatu alat kekuasaan bagi manusia (penguasa) untuk menindas kelas manusia lainnya.

4. George Jellinek (George Jellinek, Algemeine Staatsleh.re) 
Pengertian negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.

5. Logeman (Solly Lubis : 2007)
Pengertian negara adalah organisasi kemasyarakatan yang dengan kekuasaannya bertujuan untuk mengatur dan mengurus masyarakat tertentu.

6. Hoge de Groot (Solly Lubis : 2007)
Pengertian negara adalah ikatan-ikatan manusia yang insaf akan arti dan panggilan hukum kodrat.

7. Krannenburg (Krannemburg : 1951)
Pengertian negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

8. George Wilhelm Friedrich Hegel
Pengertian negara merupakan organisasikesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal.

9. Aristoteles (Solly Lubis : 2007)
Pengertian negara adalah asosiasi yang setinggi-tingginya dan yang sempurna-sempurnanya yang dapat dicapai oleh manusia untuk keperluan hidup bersama.

10. Benedictus de Spinoza
Pengertian negara adalah susunan masyarakat yang integral (kesatuan) antara semua golongan dan bagian dari seluruh anggota masyarakat (persatuan masyarakat organis).

11. Roger H. Soltau (Roger H. Soltau : 1961)
Pengertian negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.
Pengertian Negara Menurut Mac Iver, Max Weber

12. W.L.G. Lemaire (Kurmiaty : 2003)
Pengertian negara menurut Lemaire merupakan suatu masyarakat manusia teritorial yang diorganisasikan.

13. Harold J. Laski (Harold J. Laski : 1947)
Pengertian negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat.

14. Thomas Hobbes (Deddy Ismatullah : 2007)
Pengertian negara adalah suatu tubuh yang dibuat oleh orang banyak beramai-ramai, masing-masing berjanji akan memakainya menjadi alat untuk keamanan dan perlindungan bagi mereka.

15. J.J. Rousseau (Solly Lubis : 2007)
Pengertian negara adalah perserikatan dari rakyat bersama-sama yang melindungi dan mempertahankan hak masing-masing diri dan harta benda anggota-anggota yang tetap hidup dengan bebas merdeka.

16. Bellefroid
Pengertian negara adalah suatu persekutuan hukum yang menempati suatu wilayah untuk selama-lamanya dan dilengkapi dengan suatu kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan kemakmuran rakyat sebesar-besarnya.

17. Van Apeldoorn
Pengertian negara adalah suatu wilayah tertentu yang di dalamnya diam suatu bangsa di bawah kekuasaan tertinggi.

18. M. Nasroen
Pengertian negara adalah suatu bentuk pergaulan hidup dan realisasi ide-negara yang muncul dari suatu kemauan umum.

19. Plato
Pengertian negara adalah suatu organisasi kekuasaan manusia dan merupakan sarana untuk tercapainya tujuan bersama.

20. M. Solly Lubis. SH
Pengertian negara adalah suatu bentuk pergaulan hidup manusia yang merupakan suatu komunitas dengan syarat-syarat tertentu, seperti memiliki wilayah, rakyat dan pemerintahan.

21. Dr. Wiryono Prodjodikoro. SH
Pengertian negara adalah suatu organisasi di antara kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia.

22. Prof. Miriam Budiarjo
Pengertian negara adalah organisasi yang dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu.

23. Prof. R. Djokosutono, SH
Pengertian negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

24. G. Pringgodigdo, SH
Pengertian negara adalah suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan unsur-unsur tertentu, yaitu harus memiliki pemerintahan yang berdaulat, wilayah tertentu, dan rakyat yang hidup teratur sehingga merupakan suatu bangsa.

25. Dr. Oeripan Notohamidjojo
Negara adalah organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya.

26. Prof. Mr. Soenarko
Negara adalah organisasi masyarakat di wilayah tertentu dengan kekuasaan yang berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon