10 Manfaat Matahari Bagi Tumbuhan, Simak Penjelasan Ini!

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Manfaat matahari bagi tumbuhan. Pasti semua orang tidak asing dengan matahari. Matahari merupakan pusat tata surya dan sumber cahaya terbesar di galaksi ini. Cahaya matahari menghasilkan energi matahari yang sangat bermanfaat untuk seluruh makhluk hidup, khususnya yang ada di planet bumi ini. Mengingat dalam tata surya kita, hanya planet bumi saja yang dihuni oleh makhluk hidup.

Ada banyak sekali manfaat energi matahari bagi makhluk hidup, selain cahayanya yang dapat menjaga keseimbangan suhu di bumi, energi matahari juga mengandung vitamin yang bermanfaat  oleh makhluk hidup. Bagi manusia, energi matahari bermanfaat untuk menghangatkan badan dan sebagai sumber vitamin D yang baik untuk tulang. Begitu juga untuk hewan. Energi matahari bermanfaat untuk membantu hewan dalam menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat dn membantu penyerapan kalsium.

Lantas, bagaimana manfaat matahari bagi tumbuhan? Manfaat matahari bagi tumbuhan sangat banyak. Bahkan sebagian besar tumbuhan tidak akan dapat hidup jika tidak terkena cahaya matahari. Singkat cerita, tumbuhan tanpa matahari akan menjadi kurus dan tidak subur. Bahkan, matahari memegang peranan penting dalam proses pembentukan buah atau bunga.


10 Manfaat Matahari Bagi Tumbuhan

Tanpa matahari, tanaman akan menjadi kurus dan tidak subur. Bahkan, pada tanaman-tanaman tertentu cahaya matahari membantunya dalam pembentukkan bunga walaupun tanpa bantuan pupuk. Dengan demikian, cahaya matahari ternyata memiliki banyak manfaat bagi tumbuhan.

Untuk lebih memahami tentang apa saja manfaat cahaya matahari bagi tumbuhan, berikut ini akan kami paparkan beberapa manfaat matahari bagi tumbuhan.

1. Manfaat matahari untuk menghangatkan biji
Biji tanaman sangat sensitif terhadap kondisi yang lembab. Jika kita menaruh biji tumbuhan ditempat yang lembab, maka akan terjadi proses pembusukan. Untuk meminimalisir hal tersebut, energi matahari sangat dibutuhkan disini. Matahari bermanfaat untuk memberikan kehangatan pada biji sehingga biji tidak akan mudah busuk. Untuk mengetahui bagaimana tumbuhan sangat bergantung pada matahari untuk menjaga bijinya agar tidak busuk, anda dapat melihat bunga matahari. Bunga matahari selalu condong ke arah datangnya cahaya matahari. Gerakan tumbuhan ini dinamakan fototropisme, yaitu gerakan adaptasi tumbuhan untuk mendapatkan cahaya matahari lebih maksimal dalam proses fotosintesis, dan juga untuk menghangatkan biji yang ada pada bunga matahari.

2. Manfaat matahari untuk mengeringkan tanah
Apa yang terjadi jika tanah dalam keadaan basah secara terus menerus. Maka hanya tumbuhan tertentu yang dapat hidup pada tanah tersebut. Tidak semua tumbuhan dapat tumbuh dilingkungan tanah yang selalu basah. Bahkan ada beberapa tanaman yang akan layu dan mati jika tingal di tanah yang selalu basah tanpa terkena cahaya matahari. Dalam hal ini, cahaya matahari bermanfaat untuk tumbuhan agar tanah sebagai media tanam dapat kering, sehingga tumbuhan tertentu dapat hidup di atasnya.

3. Manfaat matahari untuk Fotosintesis
Manfaat Matahari Bagi Tumbuhan
Fotosintesis merupakan proses biokimia yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan makanan (karbohidrat) dari sinar matahari. Cahaya matahari adalah salah satu sumber makanan tumbuhan. Jadi makanan tumbuhan tidak hanya pupuk atau unsur hara pada tumbuhan, melainkan juga cahaya matahari. Hasil fotosintesis yang dari sinar matahari dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk tumbuh, berkembang biak, dan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan pada tumbuhan ini dapat anda lihat pada akar, umbi, biji, dan buah. Kita sebagai manusia juga dapat menikmati hasil fotosintesis tumbuhan , yaitu oksigen. Oksigen adalah zat sisa yang dihasilkan oleh tumbuhan ketika berfotosintesis. Jadi tidak heran apabila kita duduk dibawah pohon merasa sejuk. Hal ini karena adanya oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan melalui fotosintesis.

4. Manfaat matahari untuk membantu proses pertumbuhan kecambah
Perlu pembaca tahu, bahwa ciri-ciri kecambah yang bagus ialah memiliki daun hijau yang tebal, tubuh gemuk dan pendek. Sedangkan ciri-ciri kecambah yang kurang baik adalah kecambah yang memiliki daun tipis kekuning-kuningan, tubuh tinggi dan langsing. Kedua jenis kecambah ini sangat dipengaruhi oleh cahaya matahari. Dalam hal ini, matahari bermanfaat untuk membantu kecambah berfotosintesis, sehingga dapat tumbuh dengan baik. Jika kecambah kurang mendapatkan sinar matahari, maka kecambah akan kurang berkualitas.

5. Manfaat matahari untuk Membantu pertumbuhan bunga dan daun
Panjang gelombang cahaya matahari mempunyai berbagai warna.  Lantas apa hubungannyta dengan tanaman? Ternyata warna merah pada panjang gelombang matahari yang diserap tumbuhan akan berdampak pada pertumbuhan bunga. Jadi pada saat tumbuhan terpapar warna merah dari panjang gelombang cahaya matahari, maka tumbuhan akan tumbuh tinggi, lebat dan cepat berbunga. Selain itu, warna biru pada panjang gelombang cahaya matahari akan berdampak pada pertumbuhan daun. Sehingga, ketika tumbuhan terpapar warna biru dari panjang gelombang cahaya matahari, tumbuhan akan berdaun lebat.

6. Manfaat matahari untuk mengaktifkan klorofil
Radiasi cahaya matahari bermanfaat untuk mengaktifkan klorofil yang ada pada tanaman. Oleh karena itu, tumbuhan atau dalam hal ini adalah kecambah yang kurang terkena cahaya matahari akan mempunyai warna kuning pucat. Hal ini berbeda dengan tanaman yang terkena matahari, kecambah atau tumbuhan yang terkena cahaya matahari langsung berwarna hijau karena secara otomatis klorofil diaktifkan.

7. Manfaat matahari untuk menjaga temperatur tumbuhan
Matahari bermanfaat untk menjaga temperatur tumbuhan yang dibutuhkan untuk mentransfer air supaya temperatur tetap seimbang dan stabil. Tumbuhan melalui akarnya menyerap air dari tanah kemudian menguapkannya melalui daun. Apabila temperatur pada tumbuhan terlalu rendah, maka proses penguapan akan lama dan mengakibatkan tumbuhan mati lemas. Sebaliknya, apabila suhu terlalu tinggi maka proses penguapan akan berlangsung terlalu cepat dan mengakibatkan tumbuhan menjadi kering.

8. Manfaat matahari untuk memberi warna hijau pada tumbuhan
Pada dasarnya klorofil menyerap warna merah dan biru pada panjang gelombang cahaya matahari. Namun, karena warna hijau tak diserap oleh tumbuhan, melainkan warna merah dan biru yang diserap maka warna hijau yang nampak oleh mata telanjang. Dengan kata lain, sebenarnya warna merah dan biru adalah warna yang digunakan dalam proses fotosintesis walaupun oleh mata telanjang daun yang kita lihat berwarna hijau.

9. Manfaat matahari untuk membantu pertumbuhan
Hampir sebagian besar tumbuhan tumbuhan memerlukan matahari untuk proses pertumbuhan yang lebih baik. Ada beberapa tumbuhan yang membutuhkan cahaya matahari dalam jumlah yang sedikit atau sedang, hanya akan tumbuh subur dengan paparan cahaya matahari beberapa jam saja per hari. Namun, ada beberapa tumbuhan yang membutuhkan cahaya matahari dalam jumlah yang banyak, hanya akan tumbuh subur dengan paparan cahaya matahari  8 jam atau lebih dalam satu hari.

10. Manfaat matahari untuk sebagai sumber nutrisi tumbuhan terbaik
Energi dari matahari bermanfaat untuk memberikan nutrisi terbaik untuk tanaman. Hal ini dibuktikan melalui  suatu percobaan. Tanaman yang disimpan pada ruangan tertutup dan diberi cahaya buatan dapat tumbuh dengan baik, namun nutrisi yang ada pada tumbuhan tersebut tidak sebagus nutrisi tumbuhan yang mendapatkan sinar matahari.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon