10 Manfaat Kurma Untuk Kesuburan Pria-Wanita

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Manfaat kurma untuk kesuburan – Mempunyai keturunan atau anak adalah keinginan semua pasangan di dunia ini. Aka tetapi, tidak semua pasangan diberi kelancaran dalam mempunyai keturunan. Ada beberapa pasangan yang tertunda dalam mempunyai keturunan. Tentu dalam hal ini, ada berbagai cara yang dilakukan oleh pasangan suami istri untuk mempercepat mendapatkan anak selain berdoa kepada Allah Swt. Mulai dari konsultasi ke dokter, sampai mengkonsumsi berbagai makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan. Ada banyak buah atau makanan yang bermanfaat meningkatkan kesuburan, salah satunya adalah buah kurma. Buah kurma dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Kurma merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di negeri arab. Pohon kurma tumbuh secara tunggal dan dengan tinggi yaitu sekitar 15-25 meter. Bagi umat islam, memakan buah kurma merupakan bagian dari sunnah rasul karena rasul menganjurkan mengkonsumsi buah kurma. Manfaat buah kurma sangat banyak, namun dalam kali ini kita akan membahas tentang buah kurma untuk kesuburan pria dan wanita

10 Manfaat Kurma Untuk Kesuburan Pria-Wanita

Mengkonsumsi kurma ternyata dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita, mengapa demikian? Hal ini tidak lepas dari banyaknya manfaat dari buah kurma yang dapat meningkatkan kesuburan, baik pria dan wanita. Nah, di bawah ini merupakan 10 manfaat buah kurma untuk kesuburan, antara lain sebagai berikut :

1. Kurma bermanfaat untuk meningkatkan produksi sperma
Beberapa kesalahan bagi pasangan suami isteri dalam mendapatkan keturunan yaitu menyalahkan pihak wanita atau istri. Namun, kesuburan dari sang pria juga sangat mempengaruhi proses kehamilan sang wanita. Oleh karena itu, buah kurma sangat dianjurkan untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sperma bagi suami.

2. Kurma bermanfaat untuk menyehatkan sperma
Buah kurma selain berkhasiat untuk meningkatkan produksi sperma, kurma juga dapat membuat sperma menjadi lebih sehat. Buah kurma dapat menyehatkan sperma melalui kandungan zat besi yang ada di dalamnya.

3. Kurma membantu memicu kesuburan wanita
Manfaat buah kurma untuk kesuburan wanita dikarenakan adanya reaksi hormone botosin. Selain itu, buah kurma sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang menyusui untuk meningkatkan jumlah ASI yang keluar.

4. Buah kurma membantu menguatkan serta menyuburkan rahim
Buah Kurma mempuntai kandungan yang bermanfaat untuk memperkuat rahim wanita, sehingga peluang untuk memperoleh keturunan menjadi semakin lebih besar. Selain membuat rahim yang kuat, janin di dalam rahim juga lebih sehat.

5. Buah kurma bertindak sebagai infus
Ketika dikonsumsi, buah kurma memiliki efek yang menyegarkan. Efek yang diperoleh misalnya menyegarkan dan menguatkan tubuh. Kondisi ini terjadi karena kurma juga berfungsi seperti infus.

6. Kurma dapat mencegah pendarahan pada Rahim
Buah kurma mempunyai senyawa yaitu hormone biostin. Hormone ini berfungsi sebagai katalis peredaran jaringan darah, sehingga aliran rahim tetap terjaga. Apabila sirkulasi darah normal, maka kesehatan rahim akan terjaga.

7. Memudahkan kelahiran
Selain menjadi katalis, hormone biostin yang dimiliki biah kurma juga bermanfaat dalam peregangan otot pada dinding vagina. Cara kerja hormon biostin adalah merangsang kontraksi otot Rahim. Selain itu, hormon biostin ini juga dapat memicu ASI keluar.

8. Mengembalikan kondisi tubuh
Ketika wanita melahirkan, tubuh akan kekurangan energi dan protein. Hormone oksitosin yang terkandung dalam buah kurma dapat membantu kondisi tubuh tetap ternutrisi setelah proses melahirkan.

9. Kurma dapat membantu kontraksi otot
Buah kurma mempunyai hormone botosin yang sangat berguna dalam meningkatkan gerak peristaltic. Selain itu, hormone ini juga berguna ketika kontraksi otot Rahim baik ketika melahirkan atau pada saat melakukan hubungan.

10. Kurma dapat menambah energi
Bagi ibu hamil, dengan mengkonsumsi kurma setiap hari berguna sebagai penambah energi bagi ibu hamil dan janin. Stamina dan energi dari ibu hamil lebih terjaga untuk dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, daya tahan tubuh janin yang ada didalam rahim juga terjaga.


Kandungan nutrisi kurma

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa buah kurma mempunyai kandungan yang dapat membantu kesuburan pria dan wanita. Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, selebihnya terdiri dari lemak, protein, dan mineral (besi, magnesium, tembaga, dan asam folat). Kurma merupakan sumber kalium yang sangat baik dan kaya dengan serat.  5 butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, dan hampir semuanya dari karbohidrat. Berikut ini rincian kandungan nutrisi buah kurma yang bermanfaat kesuburan pria dan wanita.

Manfaat Kurma Kesuburan Pria-Wanita

1. Kalium yang ada dalam buah kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang dapat membantu manusia dalam mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung, sehingga dapat mencegah dari penyakit jantung koroner dan stroke.
2. Buah kurma adalah sumber zat besi yang sangat baik. Di dalam sel darah merah, zat besi merupakan komponen dari hemoglobin yang menentukan daya dukung oksigen darah.
3. Mangan yang terdapat dalam buah kurma digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan.
4. Kalsium dalam kurma merupakan mineral penting dalam pembentukan gigi, tulang, dan penggumpalan darah, kontraksi otot, dan konduksi impuls saraf.
5. Tembaga dalam nuah kurma dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.
6. Kaum Arab Badui, yang mengkonsumai buah kurma secara teratur, memperlihatkan penyakit kanker dan penyakit jantung yang sangat rendah.
7. Kurma kaya akan vitamin B-kompleks dan vitamin K, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), asam pantotenat, niacin, dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Vitamin K sangat bermanfaat dalam metabolisme tulang dan pembekuan darah  .
8. Buah kurma sebagai makanan laksatif (laxative food) sangat bermanfaat mencegah konstipasi dan melancarkan buang air besar.
9. Kandungan serat pada buah kurma membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang dapat mengakibatkan kanker usus besar.
10. Kurma merupakan sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat brmanfaat untuk kesehatan mata kita.
11. Kurma mengandung antioksidan yang disebut tanin. Tanin diketahui bersifat anti-inflamasi, anti infeksi, dan anti-hemoragik.

Demikian artikel tentang manfaat buah kurma untuk kesuburan pria dan wanita. Semoga bermanfaat, khususnya bagi pasangan yang sedang berusaha mendapatkan keturunan.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon