Saturday, May 20

Ada 11 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan, Ini Pejelasannya

      Iklan (Tutup Klik 2x)
      Iklan (Tutup Klik 2x)
Manfaat buah blewah untuk kesehatan – Sama seperti buah yang lain seperti semangka, buah blewah (Cucumis melo) adalah buah lezat dan segar khususnya jika dibuat es buah,  atau jus buah. Buah blewah merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan haus ketika cuaca sedang terik. Selain rasa buah blewah yang lezat, buah blewah juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan nutrisi blewah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun buah blweah tidak dapat kita jumpai setiap hari karena bersifat musiman, tidak salahnya jika kita mengenal lebih dalam lagi tentang manfaat buah blewah untuk kesehatan. Namun sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang manfaat buah blewah, lebih baik kita simak dulu kandungan apa saja yang ada dalam buah blewah, kok sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Blewah yang bermanfaat untuk kesehatan

Nilai kandungan nutrisi dan gizi buah blewah blewah sangat bervariasi. Semangkuk blewah mengandung, 1,3 mg serat, 13 mg karbohidrat, 3,1 mg beta-karoten, 494 mg potasium, 68 mg vitamin C, dan 14 mg sodium. Melihat tingkat kandungan beta-karoten yang cukup tinggi, maka buah blewah sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat menangkal radikal bebas sebagai salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker dan jantung.

Selain itu, unsur yang bermanfaat untuk tubuh seperti kalsium, fosfor, protein, lemak tak jenuh besi, niasin, juga terdapat dalam buah blewah. Sedangkan berdasarkan The Journal of Food Science,  100 gram buah blewah rata-rata mengandung : mangan 0,03 mg, 12,69 mg magnesium, 0,10 mg seng; 0,05 mg tembaga, 0,005 mg krom, dan0,003 mg kobalt. Dengan melihat data tersebut, tidak salah jika ada banyak manfaat blewah untuk kesehatan.

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada buah blewah, selanjutnya akan kita bahas tentang manfaat blewah untuk kesehatan. Beberapa manfaat buah blewah untuk kesehatan antara lain sebagai berikut :

1. Blewah Bermanfaat untuk Menyehatkan Janin
Di dalam buah blewah terdapat asam float yang bermanfaat untuk janin. Selain itu, tingginya kandungan folat pada blewah, membantu untuk memproduksi sel-sel baru yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan pertumbuhan janin.

2. Buah Blewah Bermanfaat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat buah blewah yang selanjutnya adalah untuk menurunkan darah tinggi. Mengapa? Hal ini karena buah blewah mempunyai kandungan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Jadi, bagi pembaca yang sering mengeluh karena mempunyai tekanan darah tinggi dapat mengkonsumsi blewah.

3. Buah Blewah Bermanfaat untuk Melancarkan Pencernaan
Di dalam buah blewah terdapat kandungan vitamin A dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran kemih dan pencernaan. Jadi tidak hanya buah pisang dan pepaya saja yang bermanfaat untuk pencernaan.

4. Manfaat Buah Blewah untuk Menurunkan Berat Badan
Bagi pembaca yang sedang atau mencari program diet, buah blewah dapat dijadikan alternatif solusinya,  karena buah blewah bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Buah blewah mempunyai kadar gula dan kalori yang rendah sehingga bermanfaat untuk diet.

5. Manfaat Buah Blewah untuk Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat buah blewah yang selanjutnya adalah  membantu dalam menurunkan dan mengendalikan tekanan darah karena kandungan kalium, vitamin C dan potasium dalam blewah. Selain itu, buah blewah juga bebas dari kandungan kolestrol, jadi aman dikonsumsi bagi penderita kolestrol dan darah tinggi.

6. Manfaat Buah Blewah untuk Menurunkan Kolesterol
Selain darah tinggi, blewah juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah blewah dapat menurunkan kolesterol buruk di dalam darah sehingga kesehatan kardiovaskular dapat menjaga. Vitamin C pada blewah juga bermanfaat untuk menguatkan dinding kapiler dan dapat mencegah terjadinya pembekuan darah.

7. Manfaat Buah Blewah untuk Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)
Insomnia atau gejala susah tidur merupakan gejala yang mana penderitanya mengelami kesulitan untuk tidur. Ada beberapa penyebab terjadinya insimnia. Nah, untuk mengatasi insomnia salah satunya bisa dengan mengkonsumsi buah blewah. Buah blewah bermanfaat untuk mengatasi gejala susah tidur karena mempunyai sifat sedatif yang fungsinya seperti obat tidur. Tentu obat tidur dengan blewah lelbih alami dibandingkan dengan obat di apotik. Jadi bagi penderita insomnia, silahkan memakan blewah di malam hari jika ingin tidur.

8. Manfaat Buah Blewah untuk Mencegah Penyakit Jantung
Buah blewah bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung karena blewah mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dan dipercaya dapat mencegah penyakit jantung. Selain itu, bahkan dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan paru-paru. Kandungan yang ada pada blewah akan dapat dirasakan dengan mengkonsumsi buah blewah ini secara teratur.

9. Manfaat Buah Blewah untuk Menjaga Kesehatan Mata
Mata merupakan salah satu organ penting manusia sebagai alat penglihatan. Menjaga kondisi mata harus dilaksanakan agar fungsi mata dapat berjalan dengan optimal. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi buah blewah. Buah blewah mempunyai vitamin A yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mata agar tetap sehat.

10. Manfaat Buah Blewah untuk Memelihara Kesehatan Kulit
Polusi disekitar kita yang semakin meningkat akan sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Belum lagi mungkin tempat kerja kita yang berAC juga akan menurunkan kesehatan kulit. Untuk itu, cobalah untuk mengkonsumsi buah blewah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena kandungan vitamin E, C, dan A. Selain menjaga kulit, blewah juga dapat membantu tubuh kita untuk menangkal radikal bebas yang sering menyerang tubuh kita.

Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan

11. Manfaat Buah Blewah untuk Mengatasi Maag dan Nafsu Makan
Sakit mag dapat diobati dengan buah blewah, selain itu buah blewah bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Adapun bagi penderita maag, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah blewah dalam bentuk jus supayamudah dicerna.


Manfaat Blewah yang Lain untuk Kesehatan

Selain 11 manfaat buah blewah yang sudah dipaparkan di atas, ada juga manfaat buah blewah untuk kesehatan yang lain, yaitu untuk mencegah risiko kanker,  mencegah asam urat, dan bermanfaat untuk mengatasi batu gunjal.

Jadi memang ada banyak manfaat buah blewah untuk kesehatan yang sebaiknya kita konsumsi. Silahkan buka juga artikel yang membahas tentang manfaat buah-buahan yang lain untuk kesehatan yang ada di bawah ini. Semoga artikel tentang manfaat buah blewah untuk kesehatan dapat bermanfaat untuk pembaca.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon