15 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan & Obat Penyakit

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Manfaat belimbung wuluh untuk kesehatan – Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) adalah salah satu jenis belimbing yang banyak dijumpai di sekitar kita. Hal ini karena belimbing wuluh sangat mudah untuk tumbuh di berbagai tempat dibandingkan jenis belimbing lainnya. Karena rasanya yang sangat asam, biasanya manfaat belimbing wuluh digunakan untuk masakan.

Selain sebagai bermanfaat sebagai bahan masakan, ternyata manfaat belimbing wuluh yang lain yaitu dalam dunia kesehatan. Beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yaitu untuk perawatan kecantikan, obat jerawat, diabetes, darah tinggi, dan lain-lain. Sebelum kita membaca lebih jauh lagi tentang manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan, kita harus mengetahui kandungan nutrisi yang ada pada belimbing wuluh.


Kandungan Nutrisi Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa belimbing wuluh bermanfaat untuk kesehatan. Belimbing wuluh bermanfaat untuk kesehatan karena belimbing wuluh mempunyai berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi dalam belimbing wuluh yaitu : vitamin C, vitamin B1, vitamin A, mineral, zat besi, potasium, fosfor, serat, karbohidrat,  kalsium, dan lain-lain. Melihat banyaknya kandungan vitamin dan nutrsisi tersebut, tidak heran jika belimbing wuluh bermanfaat untuk kesehatan.


Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Belimbing wuluh sangat bermanfaat untuk kesehatan, baik dijadikan sebagai obat penyakit luar tubuh, maupun obat penyakit dalam tubuh. Setidaknya ada 15 manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan, antara lain sebagai berikut :

1. Buah Belimbing dapat menghilangkan jerawat
Jerawat merupakan penyakit yang menyebalkan. Mengapa? Hal ini karena jerawat dapat mengganggu penampilan kita di depan umum. Bahkan untuk mengatasinya, ada banyak orang yang rutin sebulan sekali untuk menghilangkan jerawat. Nah, dari pada datang ke klinik kecantikan yang menggunakan obat kimiawi, mungkin terapi menggunakan belimbing wuluh bisa menjadi solusinya. Buah belimbing bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Selain aman dan alami, menghilangkan jerawat menggunakan belimbing wuluh sangat mudah penerpannya. Cukup gancurkan beberapa buah belimbing wuluh, lalu tambahkan air garam secukupnya. Setelah itu gosokkan ke wajah, terutama bagian wajah yang ada jerawatnya.

2. Masker wajah belimbing wuluh
Cukup aneh mendengar istilah masker wajah belimbing wuluh. Namun, masker wajah belimbing wuluh memang ada. Seperti yang disampaikan bahwa buah belimbing mempunyai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Belimbing wuluh dapat digunakan sebagai masker wajah alami yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan membuat wajah terlohat segar. Cara penerapannya juga tidak sulit, gunakan 10 buah belimbing wuluh kemudian dihancurkan, lalu tambahkan air hangat secukupnya. Oleskan masker tersebut secara merata pada wajah. Diamkan selama 10 menit, setelah itu bersihkan. Sebaiknya lakukan terapi ini sebelum tidur agar penampilan wajah maksimal keesokan harinya.

3. Merawat kuku menggunakan belimbing wuluh
Memanfaatkan belimbing wuluh untuk merawat dan membersihkan kuku merupakan tips dari nenek moyang kita yang telah turun-temurun. Hal ini memang sudah terbukti, belimbing wuluh efektif dalam menjaga, membersihkan dan merawat, kuku. Untuk penerapannya, caranya mudah sekali. Ambil satu buah belimbing wuluh lalu gosokkan dengan kuku kita sampai kotoran yang ada pada kuku ikut keluar bersama daging belimbing.

4. Belimbing Wuluh Mengobati panu
Panu memang tidak termasuk dalam penyakit yang berbahaya dan mematikan, namun penyakit yang memalukan. Apalagi jika penyakit panu menyerang pada bagian tubuh yang sering dilihat orang. Dari pada menggunakan obat kimiawi yang ada efek sampingnya dan tentu saja mahal, mungkin belimbing wuluh bisa jadi solusinya. Belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati penyakit panu. Caranya cukup mudah, cukup menggiling belimbing wuluh yang ditambahkan sedikit kapur sirih. Lalu gosokkan ramuan tersebut pada kulit yang terkena panu. Lakukan terapi ini rutin 2 kali sehari.

5. Belimbing Wuluh dapat meringankan sakit gigi
Belimbing wuluh bermanfaat untuk meringankan rasa sakit gigi. Bagi pembaca yang mempunyai keluhan sakit gigi terutama yang disebabkan gigi berlubang, mungkin belimbing wuluh dapat menjadi solusinya. Untuk meringankan sakit gigi menggunakan belimbing wuluh, caranya yaitu cukup mengunyah belimbing wuluh pada bagian gigi yang sakit. Tentu saja, kunyah pelan-pelan saja. Rasa sakit tersebut perlahan-lahan akan mereda. Namun jika masih sakit, segera menghubungi  dokter saja.

6. Belimbing wuluh adalah obat batuk tradisional
Memang, beberapa jenis belimbing dapat menyebabkan batuk. Namun belimbing wuluh justru kebalikannya. Belimbing wuluh bermanfaat untuk meredakan batuk sebagai obat tradisional. Caranya cukup mudah, yaitu cukup kunyah (makan) belimbing wuluh secara berkala, maka rasa gatal yang ada di tenggorokan akan menghilang secara bertahap. Ini kelihatannya hanya berlaku pada batuh ringan saja. Manfaatnya hampir sama seperti jerik nipis dalam mengobati batuk.

7. Belimbing wuluh dapat mengobati panas dalam dan sariawan
Manfaat buah belimbing wuluh yang selanjutnya adalah sebagai obat gejala panas dalam, baik itu bibir pecah-pecah maupun sariawan. Hal ini mengingat bahwa belimbing wuluh mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Adapun untuk cara penggunaanya, rebus satu cangkir air dengan satu genggam daun belimbing wuluh dan ditambah gula jawa secukupnya. Setelah kental, air tersebut digunakan untuk berkumur-kumus atau cukup dioleskan pada bagian yang sakit.

8. Belimbing wuluh sebagai obat penyakit gondok
Penyakit gondok dapat terjadi karena adanya pembengkakan kelenjar tiroid yang disebabkan kekurangan iodin dalam tubuh. Dalam belimbing wuluh terdapat kandungan iodin yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit gondok.

9. Belimbing wuluh sebagai Anti oksidan
Belimbing wuluh bermanfaat sebagai anti oksidan alami yang dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat membahayakan tubuh manusia jika terlalu lama, yaitu risiko penyakit kanker. Jadi, dengan mengkonsumsi belimbing wuluh secara teratur, memberikan manfaat begi tubuh.

Manfaat Blimbing Wuluh Untuk Kesehatan

10. Belimbing wuluh dapat mengobati pegal linu
Apabila badan terasa pegal dan linu mungkin yang biasa kita lakukan yaitu pergi ke tukang pijat, atau minum jamu pegal linu. Selain dua hal tersebut, cara mengatasi pegal linu juga dapat menggunakan belimbing wuluh, akan tetapi bukan buahnya namun daunnya. Caranya cukup mudah, gunakan satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 15 biji lada, 10 biji cengkeh. Ketika bahan tersebut digiling halus kemudia ditambahkan cuka secukupnya. Setalah rata, lumurkan ramuan tersebut ke bagian tubuh yang sakit.


Manfaat Belimbing Wuluh untuk kesehatan yang lain

Selain manfaat yang telah disampaikan di atas, manfaat lain dari belimbing wuluh untuk kesehatan jika kita mengkonsumsinya dengan teratur yaitu :
11. Meningkatkan daya tahan tubuh
12. Pencegah diabetes
13. Mengobati rematik
14. Dapat mencegah penyakit kanker
15. Mengatasi tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Walaupun bentuk belimbing wuluh relatif kecil, dibandingkan jenis belimbing lain, namun belimbing wuluh bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari penyakit kulit, hingga penyakit regeneratif. Buah belimbing wuluh aman untuk dikonsumsi, jadi tidak usah ragu untuk mendapatkan manfaat belimbing wuluh.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon