Sunday, May 14

13 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan (Diet, Kecantikan, Kulit, dll)

      Iklan (Tutup Klik 2x)
      Iklan (Tutup Klik 2x)
Manfaat alpukat bagi kesehatan  - Buah alpukat atau avocado (Persea americana miller) adalah buah yang berasal dari daerah Meksiko dan Amerika Tengah. Sedangkan buah alpukat masuk ke Indonesia diperkirakan pada abad ke-19 ketika Belanda datang ke Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, buah alpukat mempunyai ciri-ciri : tinggi pohon dapat mencapai 20 meter, ukuran daun 12-25 cm, kulit buah lembut dan tidak rata, daging buah berwarna hijau muda dan berbertekstur lembut. Perkembangbiakan alpukat biasannya dilakukan dengan biji dan okulasi. Alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik buah, daun, dan bijinya.

Buah alpukat mempunyai kandungan lemak cukup tinggi (antara 4%-5%) tergantung tingkat ketuaan, jenis varietasnya, dan lokasi tumbuhnya. Vitamin yang terkandung pada buah alpukat antara lain vitamin A, B, dan E. Sedangkan mineral yang terkandung pada buah alpukat umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Buah alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama bagi penderita penyakit kencing manis dan kolesterol tinggi.

Manfaat Daun Alpukat

Tadi sudah dibahas sedikit tentang manfaat alpukat bagian buahnya, lantas apa saja manfaat alpukat bagian daunnya. Daun alpukat juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan daun alpukat yang mempunyai berbagai  khasiat untuk kesehatan.

Kandungan zat aktif yang terdapat di daun alpukat adalah flavonoid dan quersetin.  Dalam tubuh manusia flavonoid dalam daun alpukat bermanfaat sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah kanker. Selain itu, manfaat flavonoid daun alpukat yaitu untuk meningkatkan efektivitas vitamin C, melindungi struktur sel, mencegah keropos tulang, anti inflamasi, dan sebagai antibiotik.

Sedangkan daun alpukat yang rasanya pahit sangat bermanfaat sebagai diuretik dan menghambat pertumbuhan berbagai bakteri misalnya Pseudomonas sp, Staphylococcus sp, Escherichea sp, Proteus sp, dan Bacillus sp. Selain itu, daun alpukat bermanfaat untuk menyembuhkan darah tinggi, kencing batu, dan sakit kepala. Daun alpukat yang dikonsumsi dalam bentuk teh teh dapat menyembuhkan bengkak saluran pernapasan, nyeri saraf, nyeri lambung, dan haid tidak teratur.


Manfaat Alpukat untuk Obat

Untuk mengetahui secara rinci tentang manfaat alpukat bagi kesehatan, berikut ini ada 13 jenis keluhan kesehatan yang dapat diobati dengan menggunakan daun alpukat(insya allah).

1. Kencing manis (diabetes melitus)
Hasil penelitian uji aktivitas antidiabetes menunjukkan bahwa ekstrak etanol biji buah alpukat bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah. Caranya yaitu biji buah alpukat dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil, setelah itu rebus biji tersebut menggunakan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Setelah dingi, kemudian disaring lalu diminum.

2. Lemak tak jenuh
Buah alpukat mempunyai lemak nabati tak jenuh yang tinggi. Lemak pada buah alpukat ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah, sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti stroke, kanker, darah tinggi, dan penyakit jantung. Selain itu, lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan anti bakteri

3. Buah Alpukat dapat meningkatkan kesuburan pada wanita.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alpukat dan salad dan dicampur dengan minyak zaitun bisa membantu wanita untuk mendapatkan keturunan. Terutama bagi wanita yang tengah menjalani program bayi tabung (in-vitrofertilization)

4. Menangkap Radikal Bebas dalam tubuh
Asam oleat yang terkandung dalam buah alpukat merupakan antioksidan yang sangat kuat dan dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh karena polusi. Jika kita membiarkan radikal bebas dalam tubuh, maka akan terjadi berbagai macam keluhan kesehatan.

5. Batu Ginjal
Seperti yang disampaikan di atas, bahwa daun alpukat berperan sebagai diuretik. Jadi daun alpukat berpengaruh terhadap peningkatan pengeluaran jumlah urin dalam tubuh. Dosis optimum ekstrak daun alpukat yang dapat digunakan yaitu 100 mg/kg bb. Carannya adalah, ambil tujuh helai daun alpukat, kemudian seduh dengan air panas.  Minuman tersebut (100ml) dapat diminum dua kali sehari pada pagi dan sore sampai batu ginjal keluar.

6. Menghaluskan Kulit
Di dalam buah alpukat terdapat vitamin E dan A yang dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan merawat kulit agar tetap dalam kondisi prima. Selain itu, kombinasi vitamin A dan vitamin E dapat menghilangkan kerut, membuat kulit menjadi kenyal, dan membuat kulit terlihat muda, segar dan bercahaya.

7. Kulit wajah kering
Buah alpukat bermanfaat untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Adapun cara pemakaiannya,  buah alpukat dilumatkan sampai halus. Setelah itu, gunakan lumatan buah alpukat sebagai masker dengan cara mengoleskannya di wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah masker tersebut kering, cuci wajah menggunakan air hangat lalu olesi wajah dengan es batu. Pemakaiannya dapat dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

8. Sakit pinggang
Buah alpukat bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang. Caranya yaitu : rebus dua gelas air dengan lima helai daun alpukat hingga airnya tinggal segelas. Setelah itu, embunkan air tersebut semalam. Esok pagi baru diminum. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan hal ini selama seminggu berturut-turut.

9. Bengkak
Untuk memanfaatkan buah alpukat pada luka bengkak, caranya yaitu ambil satu buah alpukat, lumatkan dengan menggunakan sedikit air sampai seperti bubur, setelah itu oleskan pada bagian tubuh yang bengkak. Mudahkan?

10. Hipertensi
Di dalam daun alpukat terkandung mangan, mineral, dan seng yang bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, menjaga fungsi saraf tetap terjaga, dan dapat memantau denyut detak jantung. Potasium atau Kalium Potasium yang terdapat dalam buah alpukat dapat mengurangi depresi, menurunkan tekanan darah, dan dapat mencegah pengendapan cairan dalam tubuh.

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

11. Sariawan
Untuk memanfaatkan alpukat sebagai obat sariawan, campurkan dua sendok makan madu murni dengan sebuah alpukat matang sampai lembut. Makan campuran tersebut tiga kali sehari dan diberikan setiap hari sampai sembuh.

12. Penghitam rambut
Buah alpukat bermanfaat untuk menghitamkan rambut. Caranya, satu buah alpukat dihaluskan kamudian dicampur dengan satu sendok teh air jeruk lemon. Setelah rata, gosokkan campuran tersebut pada rambut, kemudian tutup dengan handuk atau topi dan diamkan selama 60 menit. Setelah itu bilas menggunakan air dan keramas seperti biasa.

13. Gigi berlubang
Apakah pembaca pernah mengalami sakit gigi karea gigi berlubang? Ternyata buah alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi. Caranya yaitu bubuk biji alpokat dimasukkan pada bagian gigi yang berlubang. Mudah-mudahan dapat meringankan sakit gigi.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon