Cuka Apel - Manfaat dan Khasiatnya (Kesehatan, Kecantikan, Diet)

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Manfaat cuka apel dan khasiat cuka apel – Apel adalah salah satu buaha yang mempunyai banyak vitamin dan baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat dari buah apel, biasanya apel dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan sebagai jus untuk dimunum. Selain dikonsumsi secara langsung, apel juga bisa dibuat menjadi cuka apel. Lalu apa itu cuka apel?

Pengertian Cuka Apel
Cuka apel adalah pengembangan dari pengolahan buah apel. Untuk mendapatkan manfaat dari buah apel dengan optimal, maka dibuatlah cuka apel, karena sifat buah apel yang mudah rusak. Apel yang telah diolah menjadi cuka apel mempunyai banyak manfaat, beberapa manfaat cuka apel biasanya digunakan untuk penyedap dan pengawet makanan.

Dalam perkembangannya, ada dua macam jenis cuka apel yaitu cuka apel yang terbuat dari sari apel beralkohol (cider) dan juga cuka apel yang terbuat dari fermentasi sari apel. Cuka apel beralkohol mengandung kadar alkohol sebesar 5,85% oleh karena itu, bagi anda yang muslim harus dihindari penggunaannya.

Manfaat Cuka Apel

Setelah mengetahui apa itu, cuka apel sekarang kita harus mengetahui manfaat dan khasiat cuka apel. Pada artikel ini akan kami kupas tuntas mengenai manfaat cuka apel yang belum diketahui banyak orang. Selain bermanfaat untuk masakan di dapur, cuka apel juga bermanfaat utntuk kesehatan, kecantika, rambut, dan juga untuk program diet. Untuk lebih mendalami apa saja manfaat cuka apel, mari kita bahas satu persatu.

A. Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan 

Ada banyak sekali manfaat cuka apel untuk kesehatan, mulai dari mengatasi gula darah, menekan kolestrol, mencegah kanker, kesehatan jantung, dan sebagainya.

1. Mengatasi Gula Dalam Darah
Penelitian tentang manfaat cuka apel telah memperlihatkan bahwa cuka apel bermanfaat dalam menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes. Ahli pakar gizi telah mempelajari mengenai sari cuka apel dan dampaknya pada gula darah yang hampir sama dengan obat-obatan tertentu.

2. Menekan Kolesterol
Cuka apel mampu meningkatkan profil lipid darah dengan mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol jahat. Dan juga sebaliknya, cuka apel juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Ketika kita ingin memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi kolestrol, maka harus konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Apabila anda khawatir tentang berbagai makanan yang dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, maka ada baiknya jika anda dapat menambahkan 1 sendok cuka apel dan madu untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan.

4. Mungkin efektif untuk mencegah kanker
Manfaat cuka apel yang dapat digunakan untuk penyakit kanker masih butuh penelitian yang lebih mendalam. Akan tetapi, beberapa penelitian tentang cuka apel menjelaskan bahwa cuka apel dapat membantu mengecilkan tumor dan membuhuh sel kanker. Hanya saja penelitian tersebut masih belum menggunakan manusia sebagai subjek penelitian, melainkan masih percobaan pada hewan (tikus).

5. Cuka Apel dapat Membuat Jantung Sehat
Penelitian tentang cuka apel telah menunjukkan bahwa sari cuka apel bisa menurunkan kadar kolesterol dalam objek tikus. Hal ini juga membawa dampak positif terhadap manusia karena sari cuka apel mengandung antioksidan asam chlorogenic yang mampu menjaga kandungan kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi. Proses tersebut sangat penting agar terhindar dari penyakit jantung.

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Buah apel memang berkhasiat untuk menstabilkan tekanan darah. Walaupun buah apel sudah diolah menjadi cuka apel, namun khasiat atau manfaat apel dalam menstabilkan tekanan darah tidak berubah.

7. Membuang racun dalam tubuh (Detoksinasi)
Cuka apel mempunyai kandungan yang dapat membantu tubuh untuk membuang berbagai racun yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

8. Menghilangkan noda di gigi
Cuka apel mempunyai zat asam yang bermanfaat dan efektif untuk membersihkan berbagai noda yang ada pada gigi. Manfaat cuka apel ini perlu dicoba jika kita gigi bebeas dari noda pada gigi.

9. Membantu menurunkan berat badan
Cuka apel telah dipercaya berbagai masyarakat dengan manfaat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Untuk pemakaiannya, cuka apel dapat dicampur 2 sendok makan dalam minuman lalu meminumnya. Cara tersebut efektif untuk menurunkan berat badan. Ada beberapa kandungan zat dalam cuka apel yang mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

10. Meredakan Penyakit Rematik
Permasalahan persendian (rematik) terjadi biasanya karena adanya endapan zat asam disekitar sendi yang mengganggu kekuatan tulang. Kandungan magnesium yang ada pada cuka apel berfungsi sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh yang juga dapat melawan gejala penyakit tulang rapuh (osteoporosis).

B. Manfaat Cuka Apel Bagi Perawatan Kecantikan

Buah apel sejak dulu memang dikenal manfaatnya dalam perawatan kecantikan. Tentu saja, manfaat tersebut tidak akan berubah walaupun buah apel sudah difermentasi dalam bentuk cuka apel. Adapun manfaat cuka apel dalam perawatan kecantikan (tubuh) secara lebih rinci yaitu sebagai berikut :

1. Manfaat Cukap Apel untuk Membersihkan rambut
Pada zaman sekarang, banyak sekali orang yang memodifikasi rambutnya untuk memaksimalkan penampilannya yaitu dengan menggunakan bahan kimia, seperti minyak rambut (gel) dan hair spray. Nah, untuk membersihkan rambut dari pemakaian bahan kimia tersebut kita bisa menggunakan cuka apel. Untuk membersihkan rambut menggunakan cuka apel, kita dapat menggunakannya sebagai pembilas ketika kita keramas.

Selain bermanfaat sebagai pembersih rambuh, cuka apel juga bermanfaat untuk mencegah rambut menjadi kusam, mencegah terjadinya ketombe, dan membuat Ph kulit kepala tetap dalam keadaan normal.

2. Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah
Manfaat cuka apel untuk wajah adalah dapat melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar UV dan menghilangkan jerawat. Kandungan asam yang tinggi pada cuka apel dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, sehingga wajah akan bersih. Selain itu, manfaat dari cuka apel yaitu sebagai tabir surya alami. Caranya yaitu dengan mengusapkan cuka apel di wajah secara merata. Jadi wajah akan terlindungi dari papara UV.

3. Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit
Manfaat cuka apel untuk kulit yaitu untuk dapat menghilangkan iritasi yang terjadi pada kulit dan juga membuat kulit tubuh menjadi lebih putih. Untuk penggunaanya, cuka apel dapat dijadikan untuk scrub alami. Scrub cuka apel akan mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran yang menempel di kulit. Sel kulit mati akan membuat kulit tampak menjadi kusam. Terangkatnya sel kulit mati akan membuat kulit tampak lebih putih dan bersinar. Jadi, anda tidak perlu lagi melakukan perawatan di salon kecantikan yang mahal.

Manfaat Khasiat Cuka Apel

Manfaat dari cuka apel yang lain adalah mengatasi iritasi pada kulit. Iritasi mengakibatkan kulit menjadi mengelupas. Iritasi kulit terjadi karena perubahan iklim yang ekstrim. Dengan memakai cuka apel dengan teratur, maka akan membuat iritasi menjadi hilang.


C. Manfaat Cuka Apel Untuk Diet

Untuk proses diet, cuka apel sangat bermanfaat. Dalam hal ini peran cuka apel dalam proses diet adalah membakar lemak yang ada dalam tubuh dan mengurangi nafsu makan. Pada cuka apel terdapat kandungan pectin yang dapat mempercepat proses pembakaran lemak. Dengan mengkonsumsi cuka apel, maka lemak pada tubuh akan terbakar dengan sempurna dan tubuh menjadi lebih langsing.

Selain lemak yang terbakar dengan sempurna, manfaat cuka apel juga dapat mengurangi nafsu makan sehingga asupan kalori pada tubuh akan berkurang. Dengan demikian, tidak akan terjadi penumpukan kalori dalam tubuh. Jadi, cuka apel dapat maka akan memberikan dampak positif terhadap program diet.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon