Apa itu buah aprikot? Ini Penjelasan dan Manfaat Aprikot

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Apa itu buah aprikot? – Mungkin pemabca masih jarang mendengar nama buah yang satu ini, yaitu buah aprikot. Hal ini wajar, karena buah aprikot bukan merupakan buah asli Indonesia yang dapat dengan mudah dikembangkan di Indonesia. Ada banyak sekali manfaat buah aprikot untuk kesehatan tubuh, misalnya mengobati gangguan pencernaan, sakit telinga, demam, sembelit, pencegahan kanker, penyakit kulit, dan anemia. Namun, sebelum kita simak tentang penjelasan manfaat buah aprikot, kita simak dulu apa itu buah aprikot, asal buah aprikot, dan kandungan buah aprikot.

Asal Usul Buah Aprikot dan Bentuk Buahnya

Buah aprikot atau Prunus Armeniaca merupakan salah satu spresies dari subgenus prem dan buah persik. Mengenai asal usul buah aprikot sangat sulit ditemukan karena buah ini sudah dikembangkan semenjak zaman prasejarah. Namun, kemungkinan besar asal buah aprikot yaitu dari sebelah barat cina atau asia tengah, atau bahkan mungkin Jepang dan Korea. Seiring berjalannya waktu, buah aprikot tersebar di seluruh dunia, namun pada tahun 2011 ada lima negara sebagai penghasi aprikot (eksporti) terbanyak, yaitu Turki, Iran, Uzbekistan, Italia, dan Aljazair.

Bentuk buah aprikot hampir sama dengan buah apel, hanya saja warna kulitnya dan warna dagingnya oranye. Sedangkan ukuran buah aprikot antara 4-5 cm dengan berat sekitar 35 gram.  Untuk pohon aprikot bentuknya relatif kecil, dengan tinggi sekitar 10 – 12 meter dengan daun berbentuk bulat telut. Ada banyak cara yang dalam mengkonsumsi buah aprikot, misalnya dimakan langsung, atau diawetkan dengan proses pengeringan atau pengalengan.

Di Indonesia sendiri, sekarang buah sudah banyak diperjualbelikan. Kita dapat membeli aprikot di supermarket atau melakukan pembelian online. Tentu saja harga buah aprikot yang ditawarkan cukup beragam, sesuai dengan pengolahannya. Kebanyakan buah aprikot yang diperjualbelikan sudah dikeringkan, jadi lebih awet dan tahan lama. Untuk harga aprikot kering ditawarkan dengan harga sekitar Rp 250.000 – Rp 300.000 per kg.


Kandungan Nutrisi Buah Aprikot yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Seperi tang disampaikan sebelumnya bahwa buah aprikot bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini sesuai dengan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah aprikot. Dalam buah aprikot, terkandung vitamin A, C, K, E, dan B3. Sedangkan kandungan mineral dalam buah aprikot meliputi mangan tembaga, magnesium, kalium, dan fosfor. Dengan kendungan tersebut, sudah jelas bahwa buah aprikot bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Aprikot Untuk Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral dalam buah aprikot membuah buah aprikot bermanfaat untuk kesehatan. Adapun bagian buah aprikot bermanfaat untuk kesehatan yaitu bagian daging buah yang berwarna kuning – oranye, dan bagian biji yang berwarna cokelat. Beberapa manfaat buah aprikot yaitu mencegah kanker, mengobati sembelit, kesehatan tulang, kesehatan jantung, sakit telinga, mengatasi gangguan kilit, dan mencegah anemia.

Berikut ini penjelasan manfaat buah aprokot untuk kesehatan.
1. Manfaat Aprikot untuk mencegah kanker
Buah Aprikot mempunyai banyak antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh kita dari kerusakan sel dan serangan radikal bebas. Radikal bebas ada karena akibat sinar UV, polusi, dan asap kendaraan. Radikal bebas dapat menghambat proses pertumbuhan sel, merusak jaringan sel, dan membawa perubahan dalam DNA sel. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan risiko sel kanker. Nah, dengan buah Aprikot yang mempunyai banyak kandungan vitamin A dan C sebagai antioksidan kuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit kanker.

2. Manfaat Aprikot untuk mengobati demam
Buah aprikot mengandung mineral, vitamin, kalori, dan air yang dibutuhkan tubuh. Untuk menurunkan demam menggunakan buah aprikot, kita dapat mengolah buah aprikot menjadi jus aprikot atau aprikot kukus sehingga dapat dikonsumsi dengan mudah oleh penderita demam.

3. Manfaat Aprikot untuk mengatasi gangguan kulit
Nah, satu lagi olahan buah aprikot, yaitu minyak aprikot. Minyak aprikot sangat bagus untuk kesehatan kulit. Selain bermanfaat untuk menjaga kecerahan dan kehalusan kulit, minyak aprikot juga dapat mengobati berbagai penyakit kulit, misalnya kudis, gatal-gatal, eksim, dan lain-lain. Hal tersebut tidak mengherankan kareda adanya vitamin A dan senyawa antioksidan dalam buah aprikot. Kandungan tersebut yang membuat buah aprikot bermanfaat untuk kulit.

4. Manfaat Aprikot untuk mengobati asma
Buah aprikot adalah obat alami untuk mengatasi hejala dan penyekit asma. Buah aprikot mempunyai stimulan dan ekspektoran tertentu yang bisa membantu mengurangi tekanan dan stres pada sistem pernapasan dan paru-paru, sehingga dapat mencegah asma.

5. Manfaat Aprikot untuk mencegah anemia
Buah aprikot mempunyai kandungan tembaga dan zat besi yang dapat membantu pembentukan hemoglobin dan pembentukan sel darah merah sehingga akan membantu organ tubuh supaya berfungsi dengan baik. Inilah yang membuat buah aprikot dapat mencegah anemia. Pada dasarnya, anemia adalah gejala kekurangan zat besi, dan dapat mengakibatkan kelelahan, kelemahan, pusing ringan, dan masalah pencernaan. Zat besi dan tembaga yang terdapat dalam buah aprikot merupakan bagian penting dalam

6. Manfaat Aprikot untuk mengobati sembelit
Buah aprikot merupakan buah yang kaya akan serat jadi baik untuk pencernaan. Serat merupakan kandungan yang dapat merangsang asam lambung, sehingga dapat membantu proses penyerapan nutrisi dan memecah makanan untuk diproses lebih mudah. Selain itu, serat juga membantu gerakan peristaltik saluran pencernaan untuk menjaga pergerakan usus.

7. Manfaat Aprikot untuk mengobati sakit telinga
Minyak aprikot dapat digunakan untuk mengobati sakit telinga. Cara penggunaanya yaitu dengan meneteskan beberapa tetes ke dalam liang telinga yang sakit.

Buah Aprikot Manfaat aprikot

8. Manfaat Aprikot untuk kesehatan jantung
Buah aprikot dapat melindungi h dari berbagai penyakit, termasuk serangan jantung, aterosklerosis, dan stroke. Tingginya kalium, vitamin C, dan serat makanan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan Kalium dapat menurunkan tekanan darah, Vitamin C dapat melindungi jantung dari radikal bebas, dan serat dapat mengurangi kelebihan kolesterol. Dengan demikian, ketegangan pada jantung dapat dikurangi.

9. Manfaat Aprikot untuk kesehatan tulang
Di dalam buah aprikot terdapat  kalsium, mangan, zat besi, fosfor, dan tembaga yang mempunyai peran penting dalam pembentukan tulang. Dengan mengkonsumsi aprikot, maka dapat menjaga tulang agar tetap sehat, selain itu juga dapat serta mencegah osteoporosis.

10. Manfaat Aprikot untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh
Buah aprikot mempunyai kandungan kalium yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, juga memastikan bahwa energi yang disalurkan ke organ tubuh berjalan dengan baik, jadi dapat meningkatkan energi, menjaga aliran darah, dan mengurangi kram.

Nah, sudah tau kan apa itu buah aprikot, bentuk buah aprikot, dan manfaat buah aprikot. Untuk membuktikan manfaat buah aprikot, silah untuk membeli dan mencobanya. Semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon