Wednesday, March 22

Termometer Six Bellani (Maksimum Minimum) dan Penjelasannya

      Iklan (Tutup klik 2x)
      Iklan (Tutup klik 2x)
Termometer Six Bellani Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Jika kita bicara tentang macam-macam termometer, maka kita akan menjumpai ada banyak sekami macam-macam termometer. Untuk kali ini, kita akan membahas salah satu macam-macam termometer, yaitu termometer six bellani. Mungkin bagi orang indonesia, nama termometer six bellani akan terasa sangat asing, ya hal ini karena termometer ini jarang digunakan di Indinonesia. Akan tetapi, walaupun kita jarang menjumpai termometer six bellani, tidak salanya kita belajar tentang apa itu termometer six bellani. Berikut ini penjelasannya.


Pengertian Termometer Six Bellani

Termometer six bellani diperkenalkan pertama kali oleh James Six Bellani yang kemudian dikenal dengan termometer maksimum minimum six bellani. Termometer six bellani merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu maksimum dan minimum dalam jangka waktu tertentu. Temometer ini dipasang dengan alat penunjuk skala yang terletak di atas permukaan air raksa. 

Termometer ini berbentuk seperti huruf U dengan pembacaan yang berbeda antara kedua tabungnya. Pada bagian persimpangan antara tabung 1 dan tabung 2 diisi dengan menggunakan merkuri.

Termometer six bellani bekerja dengan adanya katub pada leher tabung dekat bolham. Ketika suhu naik, maka gaya pemuaian akan membuat air raksa akan didorong ke atas melalui katub. Pada saat suhu turun, maka air raksa akan tertahan pada katub dan tidak bisa kembali pada bohlam. air raksa akan tetap di dalam tabung. Pembaca dapat membaca termometer maksimum selama waktu yang sudah ditentukan. Untuk mengembalikan posisinya seperti semula, termometer six bellani harus di ayun dengan keras.


Cara kerja Termometer Six Bellani

Termometer six bellani menggunakan alcohol cair, raksa, dan uap alkohol sebagai pengukurnya. Apabila suhu udara naik, maka alkohol yang ada pada tabung 1 memuai. Alkohol yang memuai akan mendorong raksa di kaki a bergerak turun dan mengakibatkan raksa di kaki b akan naik dan mendorong besi penunjuk C2 naik. 

Termometer Six Bellani (Maksimum Minimum)

Semakin tinggi suhu udara, maka semakin tinggi letak penunjuk pada C2. Apabila suhu udara turun, maka alkohol yang ada di tabung 1 akan menyusut sehingga dorongan alkohol di kaki b mengakibatkan raksa di kaki itu turun. Akibatnya, raksa yang ada di kaki a naik dan mendorong penunjuk C1. 

Semakin rendah suhu udara, maka semakin tinggi kedudukan penunjuk C1. Ketika raksa di kaki b turun, maka penunjuk C2 tidak ikut turun karena kedua penunjuk itu dilengkapi dengan penjepit untuk menahan agar penunjuk tidak mudah turun. Untuk mengembalikan kedudukan kedua penunjuk itu digunakan magnet untuk menarik turun kembali. 

Walaupun demikian, thermometer six bellani menggunakan merkuri / raksa yang jika thermometer ini pecah, akan berbahaya karena beracun. Dengan menggunakan thermometer six bellani ini, kita dapat mengetahui :
a. Suhu pada waktu itu dengan melihat posisi atau letak permukaan raksa
b. Suhu maksimum (tertinggi) yang dapat dilihat pada C2
c. Suhu minimum (terendah) yang dapat dilihat pada C1


Fungsi Termometer Maksimum Six Bellani

Termometer maksimum berfungsi untuk mengukur suhu maksimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 19:00 WIB atau jam 12:00 UTC. Hasil baca suhu maksimum harus lebih tinggi / serendah-rendahnya sama dengan suhu udara pada hasil pembacaan dari termometer bola kering yang tertinggi di hari yang bersangkutan.


Pengamatan Suhu Udara Maksimum Termometer Six Bellani

1. Baca termometer six bellani dengan cermat dan cepat sampai persepuluh derajat yang terdekat
2. Setelah terbaca, keluarkan termometer dengan hati-hati
3. Pegang bagian ujungnya dengan baik dimana bagian bolanya ada di bawah
4. Ayun atau kibas0kibaskan termometer sedara berulang-ulang dengan lengan tetap lurus sampai air raksa yang terputus kembali dengan sempurna
5. Kembalikan termometer maksimum  ke tempat asalnya 
6. Ketika mengembalikan, termometer maksimum harus dipegang dengan dua tangan sedkit miring dengan bagian bolanya lebih rendah dan bagian bolanya diletakkan terlebih dahulu kemudian bagian ujung tabungnya.


Fungsi Termometer Minimum Six Bellani

Termometer minimum six bellani berfungsi untuk mengukur suhu minimum yang terjadi dalam satu hari dan diamati setiap jam 00.00 UTC atau jam 07.00 WIB. Hasil baca suhu minimum harus lebih rendah atau setinggi-tingginya sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari termometr bola kering yang terendah pada hari yang bersangkutan. Prngamatan suhu udara.


Pengamatan Suhu Udara Minimum Termometer Six Bellani

1. Pada pengamatan suhu udara minimum, skala yang dibaca adalah skala yang ditunjuk oleh ujung indeks yang terletak lebih jauh dari bola termometer
2. Baca termometer minimum dengan cepat dan cermat sampai persepuluh derajat terdekat
3. Setelah dibaca, dengan hati-hati keluarkan termometer 
4. Pegang termometer dan miringkan dengan bolanya berada lebih tinggi agar indeksnya meluncur ke bawah sampai berhenti menempel pada minikus (alkohol)
5. Ketika mengembalikan, termometer minimum harus dipegang dengan dua tangan dan sedikit miring dengan letak bolanya lebih tinggi dan bagian ujungnya diletakkan terlebih dahulu kemudian bagian bolanya diletakkan dengan hati-hati agar ujung indeks tetap menempel pada minikus.

Demikian artikel yang membahas tentang termometer six bellani (termometer maksimum minimum). Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk para pembaca. 

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon