Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Macam-Macam Kebutuhan Manusia Paling Lengkap

Macam-macam kebutuhan manusia - Kebutuhan adalah segala sesuatu baik berupa barang atau jasa yang digunakan manusia untuk menjalankan kehidupannya. Jadi, agar manusia bisa bertahan hidup, maka manusia harus memenuhi segala kebutuhannya. Dalam hal ini, ada berbagai macam kebutuhan manusia yang harus dipenuhi, mulai dari kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, kebutuhan tersier, dan macam-macam kebutuhan manusia yang lain.

Macam-macam kebutuhan manusia akan menjadi pokok bahasan dalam artikel kali ini. Secara umum, macam-macam kebutuhan manusia diklasifikasikan menjadi 6 kategori, yaitu kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya, kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya, kebutuhan manusia berdasarkan waktunya, kebutuhan manusia berdasarkan subjeknya, kebutuhan manusia berdasarkan wujudnya, dan kebutuhan manusia menurut Maslow.

Mari, kita bahas macam-macam kebutuhan manusia berdasarkan 6 kategori yang disampaikan sebelumnya.


1. Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas

Kebutuhan manusia menurut intensitas atau urgensinya (mendesak atau tidak) dibedakan menjadi 3 macam kebutuhan, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
a. Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer yaitu kebutuhan pokok atau kebutuhan utama yang pertama kali harus dipenuhi untuk dapat mempertahankan hidup. Kebutuhan primer dinamakan juga dengan kebutuhan alamiah, artinya kebutuhan ini datang dengan sendirinya sesuai dengan naluri manusia itu sendiri. Contoh dari kebutuhan primer yaitu pangan, sandang, dan papan. Tanpa pakaian, makanan, dan rumah manusia bisa mati kedinginan, kelaparan, dan kepanasan.

b. Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan pelengkap, maksudnya kebutuhan nomor dua yang dipenuhi, setelah kebutuhan primer sudah terpenuhi. Setiap orang mempunyai kebutuhan sekunder yang berbeda-beda. Seseorang yang mempunyai penghasilan yang tinggi untuk membeli mobil termasuk dalam kebutuhan sekunder sedangkan bagi seorang pegawai yang berpenghasilan menengah, sebuah mobil merupakan barang mewah yang tidak mungkin untuk dapat dibeli.
Akan tetapi, secara umum, contoh kebutuhan sekunder antara lain meja, sepatu, kursi, lemari, tas, sisir, televisi, radio, tempat tidur, dan kendaraan. Manusia memenuhi kebutuhan sekunder sebagai kebutuhan pelengkap untuk melengkapi kebutuhan primer.

c. Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan ketiga yang dipenuhi, setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan sekunder. Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan mewah dan sifatnya hiburan dan rekreasi (foya-foya). Pada umumnya, kebutuhan ini dipenuhi oleh orang yang mempunyai penghasilan tinggi. Contoh kebutuhan tersier antara lain : mobil mewah, rumah mewah, pakaian mewah, tas mewah, dan kapal pesiar mewah. 

Perlu dicatat bahwa kebutuhan sekunder dan tersier berbeda untuk setiap orang atau golongan. Bagi masyarakat kota, televisi, kulkas, radio, dan komputer termasuk dalam kebutuhan sekunder. Tetapi untuk masyarakat pedalaman dan terpencil, benda-benda tersebut termasuk dalam kebutuhan tersier. Kebutuhan Tersier

Selain setiap golongan berbeda-beda, pembagian macam-macam kebutuhan menurut intensitasnya juga sangat ditentukan oleh situasi dan kondisi masyarakat suatu daerah. Misalnya, bagi penduduk suatu daerah yang masih tertinggal, kebutuhan akan motor/mobil mungkin termasuk dalam kebutuhan mewah. Tetapi, bagi penduduk daerah yang mempunyai standar hidup tinggi, motor/mobil mungkin termasuk dalam kebutuhan sekunder.

2. Kebutuhan Manusia Menurut Bentuk

Macam-macam kebutuhan manusia berdasarkan bentuknya dibagi menjadi dua, yaitu kebutuhan material dan kebutuhan immaterial. Berikut ini penjelasannya.
a. Kebutuhan Material
Kebutuhan material merupakan kebutuhan yang berbentuk benda berwujud, misalnya tas, rumah, pakaian, makanan, dan lain-lain.
b. Kebutuhan Immaterial
Kebutuhan immaterial merupakan kebutuhan yang berbentuk benda yang tak berwujud, misalnya nasihat ulama, hiburan, nasihat dokter, pengaaran guru, dan lain-lain.

3. Kebutuhan Manusia Menurut Sifat

Kebutuhan menurut sifat dibagi menjadi dua macam kebutuhan, yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. 
a. Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh badan atau jasmani manusia.  Contoh kebutuhan jasmani yaitu minuman, makanan, pakaian, dan vitamin. 
b. Kebutuhan Rohani
Kebutuhan Rohani yaitu kebutuhan yang dibutuhkan oleh rohani atau jiwa. Contoh kebutuhan rohani atara lain :manusia membutuhkan hiburan untuk menyegarkan pikiran; manusia membutuhkan siraman rohani untuk menguatkan iman.
  

4. Kebutuhan Manusia Menurut Waktu

Macam-macam kebutuhan menurut waktu terdiri dari kebutuhan sekarang, kebutuhan masa depan, kebutuhan tiba-tiba, dan kebutuhan sepanjang waktu.
a. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang waktu pemenuhannya tidak dapat ditunda dan harus segera dipenuhi saat kebutuhan tersebut dibutuhkan. Contoh kebutuahan sekarang yaitu kebutuhan makan ketika sedang lapar dan kebutuhan obat ketika sedang sakit.

b. Kebutuhan Masa Depan
Kebutuhan masa depan merupakan kebutuhan yang waktu pemenuhannya bisa ditunda karena dierlukan pada masa mendatang. Contohnya yaitu kebutuhan akan biaya kuliah bagi anak yang masih SMA. Orang-orang pada umumnya mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhannya di amsa mendatang, yaitu dengan menabung.
Kebutuhan Masa Depan

Macam-Macam Kebutuhan Manusia
c. Kebutuhan yang mendadak (tidak tertentu waktunya)
Kebutuhan yang tiak tentu waktunya merupakan Kebutuhan yang diakibatkan oleh sesuatu yang terjadi secara tidak disengaja atau tiba-tiba yang sifatnya insidentil. Misalnya yaitu kebutuhan membantu saudara yang punya hajat dan kebutuhan menolong saudara kita yang terkena musibah atau bencana.
d. Kebutuhan Sepanjang Waktu
Kebutuhan sepanjang waktu merupakan kebutuhan ini terjadi sepanjang waktu serta tidak ada batasannya. Misalnya yaitu belajar menuntut ilmu.

5. Kebutuhan Manusia Menurut Subjek

Menurut subjeknya macam-macam kebutuhan terdiri dari kebutuhan individu dan kebutuhan kualitatif/bersama.
a. Kebutuhan Individu
Kebutuhan individu yaitu kebutuhan yang dipenuhi secara individu/perorangan. Contoh dari kebutuhan individu yaitu kebutuhan minum, makan, pakaian, dan sikat gigi. Setiap individu mempunyai kebutuhan yang berbeda. Contohnya seorang pelajar membutuhkan pulpen, pensil, buku-buku pelajaran, dan sebagainya. Disisi lain seorang tukang kayu memerlukan gergaji, bor, serut kayu, palu, dan paku untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaannya.

b. Kebutuhan Kualitatif atau Bersama
Kebutuhan kolektif yaitu kebutuhan yang dipenuhi untuk kepentingan umum (bersama) dan dilakukan dengan bersama-sama. Contoh kebutuhan kualitatif yaitu jembatan, listrik, jalan, dan angkutan umum. Kebutuhan kelompok yang tidak berwujud misalnya keamanan, ketertiban, dan kebersihan umum. 

6. Kebutuhan Manusia Menurut Maslow

Maslow membagi macam-macam kebutuhan menjadi 5 macam, antara lain :
a. Kebutuhan fisiologis 
b. Kebutuhan akan rasa aman dan keselamatan 
c. Kebutuhan sosial 
d. Kebutuhan akan penghargaan
e. Kebutuhan untuk mewujudkan diri dan aktualisasi diri

Demikian artikel yang membahas tentang macam-macam kebutuhan manusia berdasarkan 6 kategori. Semoga materi tentang kebutuhan manusia tersebut bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Kebutuhan Manusia Paling Lengkap"