Materi IPS X, IPS XI, dan Kwh XI Semester Genap 16/17

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Selamat belajar. Pada kali ini, kami akan membagikan beberapa materi yang diampu oleh Bapak Muttaqin di SMK Wikrama 1 jepara, antara lain IPS kelas X, IPS Kelas XI, dan Kewirausahaan kelas XI. Berikut ini rincian materinya. 

Materi IPS Kelas X Semester Genap

Untuk mata pelajaran IPS kelas X, ada 4 bab dalam bahan materi yang akan kami bagikan kepada para siswa, antara lain :

1. Bab 4 Kebangkitan nasional

Materi kebangkitan nasional akan menjelaskan mengenai tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia. Setelah sekian lama Indonesia atau Hindia Belanda di jajah beberapa negara, maka pada saat ini muncul semangat nasionalisme. Semangat untuk berbangsa dan bernegara. Semangat nasionalisme tidak hanya muncul beritu saja, akan tetapi ada bebera faktor yang menyebabkan adanya semangat nasionalisme, antara lain : watak nasional, perasaan nasional, serta bahasa nasional.

Selain membahas mengenai munculnya semangat kebangsaan, pada materi ini juga akan dibahas mengenai lahirnya organisasi pergerakan nasional. Seperti yang kita tahu, bahawa organisasi budi utomo merupakan organisasi eprgerakan nasional pertama yang ada di Indonesia. Organisasi ini telah mengilhami banyak tokoh nasional untuk mendirikan organisasi nasional lain, seperti Sarekat Islam, Partai Komunis Indonesia, Partai Nasional Indonesia, dan Perhimpunan Indonesia.



2. Bab 5 Kebutuhan Manusia

Berbeda dengan materi sebelumnya yang membahas mengenai sejara, pada bab selanjutnya kita akan mempelajari tentang ilmu ekonomi, yaitu tentang kebutuhan manusia. Materi ini harus kita pelajari dengan serius, karena dengan mempelajari materi ini, kita akan mengerti dan memahami mengenai berbagai macam kebutuhan.

Memang kebutuhan manusia sifatnya tidak terbatas, tetapi dengan mengerti tentang macam-macam kebutuhan kita bisa belajar untuk memahami kebutuhan masing-masing orang, khususnya diri sendiri. Akan tetapi, dengan sifat kebutuhan yang tidak terbatas sedangkan jumlah barang pemuas kebutuhanmanusia yang terbatas mengakibatkan terjadinya kelangkaan. Dalam materi ini, kita juga akan memahami mengapa terjadi kelangkaan barang dan jasa di pasaran.

Kelangkaan dapat merupakan keadaan yang menunjukkan sulit didapatnya sesuatu barang atau jasa karena jumlahnya yang terbatas.



3. Bab 6 Permasalahan dan sistem ekonomi

Setiap negara mempunyai permasalahan yang beragam. Mulai dari pengangguran sampai pada pemerataan ekonomi. Akan tetapi, dalam materi ini bukan itu yang kita bahas. Yang kita bahas yaitu mengenai masalah pokok ekonomi modern, yaitu what, how, dan for whom.

Untuk mengatasi permasalah tersebut, setiap negara membuat kebijakan atau sistem ekonomi yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi yang berlaku di negara tersebut. Ada sistem ekonomi libera, komando, tradisional.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Apa sistem ekonomi yang dianut oleh negara Indonesia ini? Indonesia menganut sistem ekonomi pancasila. Mengenai apa itu sistem ekonomi pancasila, silahkan download materinya di blog ini.



4. Bab 7 Permintaan dan penawaran
Materi terakhir pada semester ini yaitu tentang permintaan dan penawara. Yang kita pelajari yaitu tentang hukum permintaan dan penawara, faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, dan matematika permintaan dan penawaran. Sudah ada contoh soal matematika permintaan dan penawaran yang bisa digunakan siswa untuk belajar.

Dalam materi ini juga kami tambahi tentang macam-macam pasar, yaitu pasar persaingan sempurna, pasar ologopoli, pasar monopoli, dan pasar monopolistik.




Materi IPS Kelas XI
Untuk kelas XI, ada beberapa materi pokok yang akan dipelajari dalam mata pelajaran IPS semester genap, antara lain sebagai berikut : 


Materi IPS Kelas X Semester Genap

1. Bab 4 Mobilitas Sosial
Setiap manusia dalam rangka menjalankan kehidupannya, selalu dinamis. Masyarakat selalu mengalami perpindahan status (mobilitas sosial) dari status yang satu ke status yang lain. Untuk memperdalam materi tersebut, silahkan unduh materi di bawah ini.

2. Bab 5 Masyarakat Multikultur
Setelah kita belajar tentang mobilitas sosial, materi selanjutnya adalah tentang masyarakat multikultur. Materi ini sangat penting, mengingat negara indonesia merupakan negara majemuk. Berikut ini materinya. 

3. Bab 6 Keberagaman Budaya
Indonesia mempunyai budaya yang sangat beragam. Kita harus memahami tentang keberagaman budaya yang ada di Indonesia. 


Materi Kewirausahaan Kelas XI 
Untuk mata pelajaran kewirausahaan sendiri dalam semester genap ini ada beberapa materi yang akan kita pelajari, antara lain :
1. Bab VI Permodalan Usaha
2. Bab VII Proposal Usaha
3. Bab VIII Persiapan Pendirian Usaha

Jika butuh materi di atas, silahkan diunduh.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon