Sosiologi : Pengertian Kekerasan dan Faktor Penyebab Kekerasan Lengkap

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Sosiologi : Pengertian Kekerasan dan Faktor Penyebab Kekerasan Lengkap


Pengertian Kekerasan dan Faktor Penyebab Kekerasan


A.  Pengertian Kekerasan

Konflik yang tidak terkendali akan mengarah kepada kekerasan. Namun, konflik berbeda dengan kekerasan. Oleh karena itu, perlu pula kita mengetahui tentang pengertian kekerasan. kata kekerasan berasal dari bahasa Latin yaitu violentia, yang artinya keganasan, kedahsyatan, kebengisan, kegarangan, perkosa, dan aniaya. Berikut ini kami paparlan pengertian kekerasan menurut para ahli.

1.   Pengertian kekerasan menurut Thomas Hobbes
Menurut Thomas kekerasan merupakan suatu sifat alami yang ada pada diri manusia.

2.   Pengertian kekerasan menurut Stuart dan Sundeen
Menurut stuart dan sundeen kekerasan atau perilaku kekerasan atau tindak kekerasan adalah ungkapan perasaan permusuhan dan marah yang menjadikan hilangnya konrol diri di mana individu dapat mempunyai perilaku menyerang atau melakukan bentuk tindakan yang bisa membahayakan individu itu sendiri, orang lain, atau lingkungan sekitar.

3.   Pengertian kekerasan menurut Kaplan dan Sundeen
Perilaku kekerasan menurut Kaplan dan Sunden yaitu suatu kondisi di mana seseorang melakukan aktivitas atau tindakan yang bisa membuat bahaya secara fisik, baik kepada diri sendiri, orang lain, ataupun lingkungan.

4.   Pengertian kekerasan menurut J.J. Rousseau
Menurut JJ Rousseau kekerasan bukanlah merupakan sifat murni manusia.

5.   Pengertian kekerasan menurut Colombijn
Kekerasan menurut Colombijn yaitu perilaku yang melibatkan kekuatan fisik dan ditujukan untuk merusak, menyakiti, atau bahkan melenyapkan seseorang atau sesuatu.

6.   Pengertian kekerasan menurut Black
Menurut Black, kekerasan yaitu penggunaan kekuatan atau kemampuan yang tidak adil dan tidak bisa dibenarkan.

7.   Pengertian kekerasan menurut James B. Rule
Menurut James B Rule, kekerasan adalah manifestasi naluri bersama atau gerakan naluri primitif yang mampu membuat kondisi-kondisi tindakan massa.

8.   Pengertian kekerasan menurut Soerjono Soekanto
Kekerasan atau violence menurut Soerjono Soekanto yaitu pemakaian unsuf fisik dengan jalan paksaan terhadap benda atau orang. Sedangkan kekerasan sosial yaitu kekerasan yang dilakukan terhadap barang atau orang karena barang dan orang tersebut termasuk ke dalam kategori sosial tertentu.

9.   Pengertian kekerasan menurut Abdul Munir Mulkan
Menurut Abdul Munir, kekerasan yaitu suatu tindakan fisik yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk merusak, melukai, bahkan menghancurkan orang lain atau harta benda dan semua fasilitas kehidupan yang masih menjadi bagian dari dari orang lain tersebut.

10.   Pengertian kekerasan menurut Kamus Sosiologi (2012:106)
Menurut kamus sosiologi, kekerasan yaitu suatu ekspresi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok di mana secara fisik atupun verbal dapat memperlihatkan tindakan agresi dan penyerangan kepada kebebasan atau martabat.

B.  Faktor Penyebab Kekerasan

Berdasarkan uraian di atas, kami harap pembaca dapat memahami apa itu kekerasa. Nah materi selanjutnya yang perlu kita ketahui dari kekerasan dalam ilmu sosiologi adalah apa yang menjadi pemicu atau penyebab terjadinya kekerasan di masyarakat. Nah di sini kami akan menyampaikan ada empat faktor yang menjadi penyebab timbulnya kekerasan di masyarakat. Antara lain :
1.   Tidak terpenuhinya motivasi dan keinginan dari manusia
Suatu motivasi atau keinginan yang berasal dari diri manusia atau sekelompok orang yang tidak terpenuhi sering kali ditindaklanjuti dengan tindakan kekerasan. Banyak kasus yang terjadi dimana kekerasan terjadi karena adanya motivasi atau keinginan dari manusia yang tidak terpenuhi, misalnya seorang anak remaja yang tidak mampu mendapatkan gadis yang dicintainya, ia akan melakukan tidakan kekerasan untuk mendapatkan gadis itu.

2.   Dialog dan kompromi yang menghasilkan jalan buntu
Sudah jelas jika ada suatu dialog atau kompromi yang tidak dapat terselesaikan akan mengakibatkan tindakan kekerasan. Hal ini bisa kita lihat dalam rapat anggota DPR, dimana kadang kala mereka melakukan tindakan kekerasan karena masing-masing pihak tidak ada yang mau mengalah.

3.   Agresifitas yang ada pada manusia
Manusia mempunyai sifat agresif yang dapat menjadi benih-benih tindakan kekerasan. Sifat agresif disebabkan oleh adanya beberapa faktor, antara lain :
a.   frustasi
b.   merasa bingung
c.   merasa dirugikan
d.   menghadapi ancaman dari luar
e.   merasa diperlakukan tidak adil

4.   Perbedaan realitas potensial dengan potensial aktual manusia
Realisasi potensial adalah apa yang mungkin dieujudkan sesuai dengan tingkat pengetahuan, wawasa, sumber daya, dan kemajuan yang dicapai manusia. Apabila realisasi potensial tersebut disalahgunakan untuk tujuan tertentu atau dimanipulasi oleh sekelompok orang, maka akan terjadi kekerasan.


Demikian artikel kami yang membahas tentang pengertian kekerasan dari berbagai ahli dan faktor penyebab terjadinya kekerasan.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon