Tuesday, September 13

8 Tanda Pengusaha Sukses. Apakah Anda Termasuk?

8 Tanda Pengusaha Sukses. Apakah Anda Termasuk?

8 Tanda Pengusaha Sukses. Apakah Anda Termasuk? - Kesuksesan merupakan cita-cita hampir sebagian besar orang. Hal ini bisa terlihat apabila kita bertanya kepada orang, apakah cita-cita Anda? Maka kebanyakan dari mereka akan menjawab jika cita-cita mereka adalah ingin menjadi pribadi yang sukses. Lantas apa itu pengusaha yang sukses?

Pengusaha suskes merupakan pengusaha yang berhasil mewujudkan cita-cita bisnis atau usahanya. Dalam usahanya mencapai tujuan usaha, para pengusaha sukses mempunyai sifat yang bisa kita jadikan sebagai tanda bahwa jika kita mempunyai tanda atau sifat tersebut, kemungkinan besar kita bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Apa saja tanda atau sifat pengusaha yang sukses? Berikut ini adalah 8 (delapan) sifat atau tanda pengusaha sukses.
1.   Pengusaha Bergairah dalam bekerja
Para pengusaha sukses mempunyai gairah yang tinggi dalam bekerja, maksudnya mereka mengejar tujuan atau cita-citanya dengan semangat tinggi. Semangat ini yang bisa mendorong para pengusaha untuk dapat memenuhi target atau tujuan usahanya. Jika orang lain bekerja untuk mendapatkan uang semata, para pengusaha sukses memandang bekerja merupakan proses yang menyenangkan sehingga dalam bekerja mereka tidak terbebani. Jadi para pengusaha sukses bekerja dengan semangat dan senang dalam menjalaninya. Adapun uan yang diterima merupakan bonus bagi mereka.

2.   Pengusaha Berorientasi pada Tujuan
Dari berbagai tujuan yang anda miliki dalam berwirausaha, bisakah anda memilah-milah mana yang termasuk tujuan utama dan mana yang termasuk tujuan sampingan. Ketika kita mengetahui tujuan utama kita dalam berwirausaha, kita dapat mengejar tujuan itu dengan ambisi dan kerja keras yang tinggi. Ketika kita menjadi konsisten terhadap tercapainya tujuan kita, maka kita akan mendapatkan kesuksesan dalam usaha kita.

3.   Pengusaha Dapat menunda Kepuasan
Kita harus sadar bahwa yang namanya kesuksesan atau keberhasilan tidak bisa kita raih hanya dalam waktu yang sangat singkat. Keberhasilan suatu usaha membutuhkan waktu. Seorang pengusaha sukses mampu menunda kepuasan mereka, karena fokus pada kepuasan yang lebih besar lagi di masa yang akan datang. Dengan terlena pada kepuasan, maka bisa dipastikan kita akan memasuki zona nyaman yang dapat mematikan gairah kita dalam berwirausaha.

4.   Pengusaha mempunyai Kemampuan Komunikasi yang Baik
Para pengusaha mampu menyampaikan apa yang mereka pikirkan kepada pihak lain dengan baik. Mereka sadar bahwa tujuan mereka tidak akan mungkin bisa dicapai hanya dengan kemampuan satu orang saja. Mereka dapat menunggu untuk fajar setelah melewati suatu malam yang panjang.

5.   Pengusaha Berani Mengambil Risiko
Para pengusaha berani menghadapi apapun itu asalkan tujuannya dapat terpenuhi. Untuk mengambil risiko dan tantangan dalam berwirausaha, dibutuhkan keberanian. Para pengusaha berani meninggalkan zona nyaman yang jarang menghadapi suatu tantangan untuk menjadi pengusaha sukses. Itulah kenapa bahwa banyak orang sukses merupakan pribadi yang berani. Para pengusaha lebih memilih berusaha untuk mencapai yang lebih dari pada berdiam diri.

6.   Para Pengusana Percaya pada Apa yang Mereka Kejar
Mungkin nama lainnya adalah keyakinan diri. Para pengusaha mempunyai keyakinan diri yang sangat kuat. Ketika mereka percaya pada sesuatu, maka dia akan berusaha untuk mempertahankan keyakinan itu untuk dapat tercapai.

7.   Pengusaha itu Inovatif
Persaingan merupakan hal yang harus ada dalam dunia bisnis. Persaingan yang menimbulkan tantangan memerlukan inovasi untuk bisa di atasi. Sebagai pengusaha, kita akan berusaha mencari solusi yang inovatif untuk dapat meminimalkan risiko-risiko dalam berwirausaha. Permasalahan yang terjadi tidak akan terselesaikan jika tidak ada suatu inovasi yang muncul.

8.   Pengusaha Itu Cerdas
Cerdas dalam berwirausaha tidak bisa kita kaitkan dengan peringkat anda di kelas ketika anda masih sekolah. Tetapi cerdas di sini adalah seseorang yang mampu mamaksimalkan apa yang mereka punyai. Yakinlah jika setiap orang mempunyai kelebihan yang berbeda-beda. Mungkin waktu sekolah, kelebihan anda tidak dapat diakomodir oleh sekolah sehingga peringkat anda ketika sekolah tidak berada di atas. Akan tetap, dalam berwirausaha segala kemampuan orang dapat diakomodir.
Setelah membaca uraian di atas, saya harap pembaca bisa sedikit tahu tentang tanda-tanda pengusaha yang sukses. Sekarang pertanyaanya apakah anda mempunyai semua delapan tanda tersebut? atau hanya sebagian?

Jika anda sudah mempunyai semua tanda tersebut, ayo kita menjadi pengusaha atau wirausahawan yang sukses. Jika anda hanya mempunyai sebagian dari delapan tanda pengusaha sukses tersebut, maka jawabannya adalah tidak ada kata terlambat untuk belajar dan memulai sesuatu. Mulai dari sekarang, satu-persatu ayo kita miliki tanda-tanda itu agar menjadi pengusaha atau wirausahawa yang sukses. 

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon