Sunday, July 3

Struktur Bahan Ajar dari 6 Jenis Bahan Ajar

      Iklan (Tutup)
      Iklan
Struktur Bahan Ajar dari 6 Jenis Bahan Ajar


Struktur Bahan Ajar dari 6 Jenis Bahan Ajar


Sebelumnya telah kita bahas tentang langkah-langkah penyusunan dan pembuatan bahan ajar. Dalam langkah-langkah penyusunan bahan ajar yang telah di bahas, terdapat tiga langkah pokok dalam pembuatan bahan ajar, yaitu analisis kebutuhan belajar, menyusun peta bahan ajar, dan langkah terakhir yaitu membuat struktur bahan ajar. Langkah pertama sampai langkah kedua dalam penyusunan bahan ajar telah dibahas lengkap pada artikel sebelumnya. Pada kali ini, kita akan fokus pada pembahasan mengenai struktur bahan ajar. (baca juga : langkah-langkah pembuatan bahan ajar yang mudah dipraktikkan)

Telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa bahan ajar terdiri dari atas susunan bagian-bagian yang kemudian dipadukan, sehingga menjadi sebuah bangunan utuh yang layak disebut sebagai bahan ajar. Susunan atau bangunan atau bangunan bahan ajar inilah yang dimaksud dengan struktur bahan ajar. Tiap-tiap bentuk bahan ajar mempunyai struktur yang berbeda. Akan tetapi, dari berbagai struktur bahan ajar yang selama ini ada, pada umumnya ada 7 (tujuh) komponen dalam setiap struktur bahan ajar, antara lain: judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, tugas atau langkah kerja, dan penilaian.

Struktur bahan ajar secara umum memang sudah disebutkan tadi, akan tetapi dalam kesempatan kali ini, akan kita bahas lebih dalam lagi tentang struktur bahan ajar yang satu dengan yang lain. Ada enam jenis bahan ajar yang akan kita dalami strukturnya, yaitu struktur bahan ajar cetak, struktur bahan ajar model atau maket, struktur bahan ajar audio, struktur bahan ajar audiovisual, struktur bahan ajar interaktif, dan struktur bahan ajar lingkungan.

1.   Struktur Bahan Ajar Cetak

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa bahan ajar cetak adalah sejumlah bahan ajar yang disiapkan melalui kertas yang bisa berfungsi untuk kebutuhan pembelajaran informasi. Dalam hal ini, akan disampaikan beberapa contoh dari struktur bahan ajar cetak, yaitu struktur bahan ajar handout, buku, modul, LKS, Brosur, leaflet, wallchart, dan foto atau gambar. Berikut penjelasan struktur dari masing-masing bahan ajar cetak.
a.    Struktur bahan ajar handout
Struktur bahan ajar handout sangat sederhana, yaitu hanya terdiri dari dua komponen yang terdiri dari judul dan informasi pendukung.
b.    Struktur bahan ajar buku
Struktur bahan ajar buku terdiri dari empat komponen, antara lain judul, kompetensi dasar atau materi pokok, latihan, serta penilaian.
c.    Struktur bahan ajar modul
Struktur bahan ajar modul terdiri dari atas tujuh komponen, yaitu judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, tugas atau langkah kerja, dan penilaian.
d.    Struktur bahan ajar LKS (Lembar Kerja Siswa)
Strukutur bahan ajar LKS lebih sederhana dari pada modul, namun lebih kompleks dari pada buku. Struktur bahan ajar LKS terdiri dari enam komponen, yaitu judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar, atau materi pokok, informasi pendukung, tugas atau langkah kerja, dan penilaian.
e.    Struktur bahan ajar brosur
Untuk bahan ajar yang berbentuk brosur, struktur bahan ajarnya hanya meliputi empat komponen, yaitu judul, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, dan penilaian.
f.      Struktur bahan ajar leaflet
Struktur bahan ajar leaflet terdiri atas empat komponen seperti hanya brosur yang terdiri dari judul, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, dan penilaian.
g.    Struktur bahan ajar wallchart
Struktur bahan ajar wallchart meliputi empat komponen, akan tetapi yang tercantum pada bahan ajar hanya komponen judul, sedangkan komponen lainnya seperti kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, dan penilaian terdapat pada lembaran kertas yang lain.
h.    Struktur bahan ajar foto atau gambar
Struktur bahan ajar foto atau gambar meliputi lima komponen yang hampir sama dengan wallchart. Jadi, komponen yang tercantum pada bahan ajar hanya judul, sedangkan empat komponen lannya yang terdiri dari kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, tugas atau langkah kerja, dan penilaian terdapat pada lembaran kertas.

Tabel Struktur Bahan Ajar Cetak dan Bahan Ajar Model atau Maket
No
Komponen
Hd
Bk
Mdl
LKS
Brsr
Leflt
Wlcr
Fto
Mkt
1
Judul
v
v
v
v
v
v
v
v
v
2
Petunjuk belajar
-
-
v
v
-
-
-
-
-
3
KD / Materi Pokok
-
v
v
v
v
v
v*
v*
v*
4
Informasi pendukung
v
v
v
v
v
v
v*
v*
v*
5
Latihan
-
v
v
-
-
-
-
-
-
6
Tugas/Langkah Kerja
-
-
v
v
-
-
-
v*
v*
7
Penilaian
-
v
v
v
v
v
v*
v*
v*
Ket :
*) ada pada lembaran kertas

2.   Struktur Bahan Ajar Model Atau Maket

Struktur bahan ajar pada bahan ajar yang berbentuk model atau maket hampir sama dengan bahan ajar cetak yang berbentuk foto atau gambar, yaitu terdapat lima komponen di dalamnya. Komponen yang tercantum pada bahan ajar model atau maket hanya judul, sedangkan empat komponen yang lain seperti kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, tugas atau langkah kerja, dan penilaian terdapat pada lembaran kertas lain.

3.   Struktur Bahan Ajar Audio

Bahan ajar audio yaitu semua bahan ajar atau materi yang diperoleh dengan cara diperdengarkan kepada peserta didik. Bentuk bahan ajar audio bisa berupa, piringan hitam, CD, kaset dan bisa juga berupa radio.

Untuk bahan ajar yang berbentuk piringan hitam, CD, kaset, struktur bahan ajarnya meliputi lima komponen. Tiga komponen yang terdiri dari judul, petunjuk belajar, dan informasi pendukung terdapat bahan ajar, sedangkan dua komponen lainnya yang terdiri dari kompetensi dasar atau materi pokok dan penilaian terdapat pada lembaran kertas.

Sementara itu, bahan ajar radio juga mempunyai struktur yang hampir sama dengan struktur bahan ajar yang berbentuk kaset dan CD, hanya saja bahan ajar radio tidak mempunyai komponen petunjuk belajar. Komponen yang terdapat dalam bahan ajar radio ada dua yaitu judul dan informasi pendukung. Sedangkan dua komponen lainnya yang terdiri dari kompetensi dasar atau materi pokok dan penilaian terdapat pada lembaran kertas.

Tabel Struktur Bahan Ajar Audio
No
Komponen
Kaset/ CD
Radio
1
Judul
v
v
2
Petunjuk belajar
v
-
3
KD / Materi Pokok
v*
v*
4
Informasi pendukung
v
v
5
Latihan
-
-
6
Tugas/Langkah Kerja
-
-
7
Penilaian
v*
v*
Ket :
*) ada pada lembaran kertas

4.   Struktur Bahan Ajar Audiovisual

Ada dua jenis bahan ajar audiovisual, yaitu video atau film dan orang. Untuk bahan ajar berbentuk video atau film, struktur bahan ajarnya ada enam komponen, yaitu judul, petunjuk belajar, kompetensi asar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, dan penilaian. Sedangkan struktur bahan ajar orang hanya meliputi lima komponen, itu pun tidak semuanya terdapat dalam bahan ajar. Sebab, tiga komponen terdapat pada bahan ajar (judul, kompetensi dasar atau materi pokok, dan informasi pendukung). Sementara dua komponen lain (latihan dan penilaian) terdapat pada lembaran kertas.

Tabel Struktur Bahan Ajar Audiovisual
No
Komponen
Video/ Film
Orang
1
Judul
v
v
2
Petunjuk belajar
v
v
3
KD / Materi Pokok
v
v
4
Informasi pendukung
v
v
5
Latihan
v
v*
6
Tugas/Langkah Kerja
-
-
7
Penilaian
v
v*
Ket :
*) ada pada lembaran kertas

5.   Struktur Bahan Ajar Interaktif

Bahan ajar interaktif memungkinkan terjadinya komunikasi aktif antara media ajar dan peserta didik. Bahan ajar interaktif dapat berupa CD interaktif maupun orang. Untuk bahan ajar yang berbentuk CD interaktif, struktur bahan ajarnya terdiri dari enam komponen, yaitu judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar, atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, dan penilaian. Sementara itu, untuk struktur bahan ajar interaktif terdiri dari tujuh komponen, yaitu judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, tugas atau langkah kerja, dan penilaian. Akan tetapi, ketujuh komponen tersebut terdapat pada lembaran kertas. Jadi, komponen-komponen tersebut tidak terdapat pada bahan ajarnya.

Tabel Struktur Bahan Ajar Interaktif
No
Komponen
CD Interaktif
Orang
1
Judul
v
v*
2
Petunjuk belajar
v
v*
3
KD / Materi Pokok
v
v*
4
Informasi pendukung
v
v*
5
Latihan
v
v*
6
Tugas/Langkah Kerja
-
v*
7
Penilaian
v
v*
Ket :
*) ada pada lembaran kertas

6.   Struktur Bahan Ajar Lingkungan

Struktur bahan ajar berbentuk lingkungan sama dengan struktur bahan ajar interaktif yang berbentuk orang. Bahan ajar lingkungan mempunyai struktur bahan ajar yang terdiri dari tujuh komponen, yaitu judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, tugas atau langkah kerja, dan penilaian. Semua komponen itu tidak terdapat pada bahan ajarnya, namun ada pada lembaran kertas.

Tabel Struktur Bahan Ajar Lingkungan
No
Komponen
Lingkungan
1
Judul
v*
2
Petunjuk belajar
v*
3
KD / Materi Pokok
v*
4
Informasi pendukung
v*
5
Latihan
v*
6
Tugas/Langkah Kerja
v*
7
Penilaian
v*
Ket :
*) ada pada lembaran kertas
Demikian penjelasan tentang struktur bahan ajar yang terdiri dari struktur bahan ajar cetak, struktur bahan ajar model atau maket, struktur bahan ajar audio, struktur bahan ajar audiovisual, struktur bahan ajar interaktif, dan struktur bahan ajar lingkungan. Semoga penjelasan tentang struktur bahan ajar bermanfaat.

Pustaka : Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Kreatif karya Andi Prastowo

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon