Tuesday, June 7

Apakah Trafik Web Atau Blog Turun Drastis Selama Bulan Puasa?

Apakah trafik web atau blog turun drastis selama bulan puasa -Sebelum kita bahas artikel tentang turunnya web atau blog selama bulan puasa, saya terlebih dahulu ingin mengucapkan selamat berpuasa. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang suci kembali besok di hari lebaran. Amin….

Apakah Trafik Web Atau Blog Turun Drastis Selama Bulan Puasa

Saya pikir pembaca sudah hafal bahwa bulan puasa adalah bulan dimana harga barang-barang naik, konsumsi masyarakat pun naik. Keadaan naiknya harga berbagai kebutuhan membuat masyarakat pusing. Akan tetapi berbeda dengan saya, saya justru pusing dengan trafik pengunjung saya yang turun. Hehehe…
Jadi begini, beberapa hari ini saya dibingungkan oleh kondisi blog saya yang aneh, yaitu trafik pengunjungnya menurun drastis hingga mencapai 80%. Saya cukup panik karena yang membuat blog atau website yaitu karena tingginya pengunjung tiap harinya. Melihat pengunjung blog saya yang turun drastis terpaksa saya harus berguru pada master-master blog.

Hasil berguru saya kepada para master tampaknya memperoleh hasil, yaitu trafik blog akhir-akhir ini turun drastis karena bertepatan dengan bulan puasa. Jadi puasa bisa dijadikan sebagai faktor utama penyebab trafik web atau blog turun dtastis. Akan tetapi, kok bisa ya bulan puasa mengakibatkan turunnya trafik web atau blog. Setelah saya mencari di berbagai sumber selama puasa ada perilaku manusia yang berubah dari biasanya yang berpengaruh pada trafik web atau blog. Perilaku tersebut antara lain :

1.   Banyak orang merubah tren pencarian di internet selama bulan puasa
Selama puasa, orang-orang merubah perilakunya dalam internetan. Biasanya orang-orang mencari berita atau tutorial, sekarang berubah ke tema puasa. Jadi mungkin web atau blog yang memunculkan artikel tentang agama khususnya puasa akan bisa bertahan atau mungkin bisa naik trafiknya. Selain mencari hal-hal yang bersifat keagamaan khususnya puasa, selama puasa tren pencarian tentang makanan juga naik. Hal ini karena selama puasa bermunculan variasi-variasi makanan. Mungkin karena lebaran juga.

Jadi selama puasa, web atau blog yang mengungkap topik keagamaan terutama puasa dan topik makanan cenderung trafik pengunjungnya masih bisa berahan atau lebih baik dibandingkan dengan yang lan.

2.   Banyak orang bermalas-malasan selama puasa
Secara sederhana, orang berpuasa berarti dia menahan diri dari makan dan minum mulai dari subuh sampai magrib. Artinya kondisi fisik orang yang berpuasa pasti menurun. Menurunnya kondisi fisik orang-orang inilah yang cenderung membuat malas-malasan atau bahkan tidur seharian. Malasnya orang-orang dalam beraktivitas merambah pada malasnya aktivitas internetan. Jadi malasnya orang untuk internetan karena sedang berpuasa diprediksi sebagai salah satu faktor penyumbang menurunnya trafik pengunjung web atau blog selama puasa.

3.   Banyak orang bermain game selama puasa
Hayo, siapa yang merubah pola rutinitas tiap harinya yang awalnya suka internetan berpindah ke suka main game? Hehehe… Selama ini kita tahu bahwa game digadang-gadang sebagai pembuat lupa waktu seseorang. Di bulan puasa ini, banyak orang yang mencari aktivitas yang membuat lupa waktu, tujuannya tidak lain yaitu agar kita tidak terasa jika puasa. Dengan seharian main game, maka tahu-tahu sudah buka puasa. Hal ini mengakibatkan orang enggan membuka internet untuk mencari sesuatu. Jadi bisa dikatakan bahwa banyaknya orang bermain game ketika berpuasa mengakibatkan trafik pengunjung website turun.

4.   Puasa kali ini bertepatan dengan liburan sekolah dan kuliah
Bulan puasa kali ini bertepatan dengan liburan aktivitas sekolah dan kuliah. Mending kalau libur pertengahan semester, kali ini adalah libur akhir tahun dan kenaikan kelas artinya bulan bebas tugas. Dengan menurunnya tugas, artinya pencarian tentang pengertian ini dan itu di internet turun drastis. Jadi trafik pengunjung blog atau web juga turun.

Harus sabar memang dengan kondisi dan situasi yang seperti ini. Mungkin ini adalah ujian kita di bulan puasa. Intinya ayo kita tetap semangat dan optimis.
Demikianlah artikel yang memhanas tentang 3 (tiga) perilaku orang yang berubah ketika puasa yang mengakibatkan trafik pengunjung sebuah blog atau web turun drastis. Mungkin juga ada faktor lain yang mengakibatkan trafik pengunjung web atau blog yang tidak mampu saya tulis. Yang jelas, menurut catatan blog saya walaupun trafik pengunjung turun drastis, akan tetapi nilai alexa rank naik. Jika tulisan saya banyak kekurangan, saya mohon maaf. Semoga pembaca berkenan untuk mengingatkan saya….

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon