Sejarah Asal Usul Adzan

Sejarah Asal Usul Adzan

Sejarah Asal Usul Adzan

Adzan merupakan panggilan dan penanda bahwa telah masuk waktunya shalat bagi umat muslim. Akan tetapi, apakah para saudara muslim mengetahui kapan adzan pertama kali dikumandangkan? Atau siapa yang menetapkan bacaan dalam adzan? Pada kesempatan kali ini, akan di bahas tentang sejarah asal usul adzan. 


Sebelum Ada Adzan

Sebelum ada adzan, dulu masyarakat muslim mengingatkan satu sama lain untuk menunaikan ibadah shalat dengan cara memanggil satu persatu berkeliling kota. Karena cara tersebut dinilai kurang efektif, maka muncul saran dari para sahabat untuk mencari cara lain selain memanggil satu sama lain untuk mengingatkan waktu shalat.


Saran dari Para Sahabat

Memanggil satu persatu dengan berkeliling kota bukan cara yang efektif untuk mengumpulkan umat Islam untuk menunaikan ibadah Shalat. Berikut ini merupakan berbagai cara yang diusulkan oleh para shahabat untuk memberi tanda sudah masuknya waktu shalat.
1.   Menggunakan lonceng
Beberapa sahabat ada yang memberikan saran kepara Rasulullah Saw untuk menggunakan lonceng sebagai penanda shalat, akan tetapi Rasulullah Saw tidak menyetujuinya karena seperti orang Nasrani.
2.   Menggunakan terompet
Selain menggunakan lonceng, ada juga sahabat yang mengusulkan menggunakan terompet, akan tetapi Rasulullah Saw juga tidak menyetujuinya karena seperti orang Yahudi.
3.   Menggunakan api unggun
Selain metode suara seperti lonceng dan terompet tidak di setujui oleh Rasulullah Saw, ada sahabat yang mengusulkan menggunakan api unggun. Akan tetapi Rasulullah Saw tidak menyetujuinya karena seperti orang Majusi.
4.   Menggunakan bendera
Sebagian sahabat ada juga yang mengajukan agar ditancapkan bendera begitu waktu shalat tiba, dan mereka yang melihat bendera tersebut memberitahukan kepada yang lain. Namum Rasulullah Saw tidak tertarik dengan pendapat itu.

Malaikat Mengajari Bacaan Adzan

Melalui malaikat, Allah mengajari panggilan umat Islam sebagai tanda waktunya shalat yang disebut Adzan. Sahabat nabi yang didatangi malaikat untuk di ajari Adzan adalah Abdullah bin Zaid. Abdullah bin Zaid bermimpi tentang seorang laki-laki yang mengajarinya adzan dan iqomat. Seseorang itu merupakan malaikat yang menyaru menjadi laki-laki. Kemudian mimpi itu disampaikan kepada Rasulullah Saw, dan Rasul pun menyetujuinya

Adzan Pertama Kali dalam Sejarah

Setelah bacaan adzan dan iqomat disetujui, Rasulullah Saw memerintahkan Abdullah bi Said untuk mengajarkan bacaan Adzan kepada Bilal. Setelah diajarkan, Bilal mengumandangkan Adzan untuk pertama kalinya dalam sejarah dan Bilal merupakan orang pertama yang mengumandangkan Adzan. Tidak heran jika sebutan orang yang mengumandangkan adzan di sebut sebagai Bilal. Adapun tempat pertama kali dikumandangkan  adzan yaitu di Madinah.

Mimpi Umar bin Khattab

Dalam riwayat juga dikatakan, sebenarnya Umar bin Khatab juga pernah bermimpi seperti mimpi Abdullah bin Zaid. Namum Umar menyembunyikanya selama dua puluh hari dari Rasulullah Saw.

Setelah dua puluh hari, umar baru mengabarkannya kepada Rasulullah Saw. Ketika ditanya, mengapa Umar tidak langsung mengabarkannya,Umar pun menjawab bahwa Umartelah didahului oleh Abdullah bin Zaid. Umar malu mengabarkannya karena disampaikan terlebih dulu oleh Abdullah Bin Ziyad.


Bacaan Adzan

Berikut ini merupakan bacaan adzan yang diajarkan oleh malaikat dalam mimpi Abdullah bin Zaid yang sampai sekarang masih kita dengar. Bacaan adzan ini dikumandangkan sebagai penanda sudah waktunya shalat.

Allahu Akbar  4x
Asyhadu alla ilaha illallah 2x
Asyhadu anna mumammadar rasulullah 2x
Hayya alas sholah 2x
Hayya alal falah 2x
Allahu Akbar 2x
La ilaha illallah


Bacaan Iqomat

Setelah bacaan adzan dikumandangkan sebagai tanda sudah waktunya shalat, maka jika kita akan menunaikan ibadah shalat ada bacaan lain yang dikumandangkan, yaitu bacaan iqamat. Berikut ini merupakan bacaan iqomat.

Allahu Akbar  2x
Asyhadu alla ilaha illallah 1x
Asyhadu anna mumammadar rasulullah 1x
Hayya alas sholah 1x
Hayya alal falah 1x
Qod qomatis sholah 2x
Allahu Akbar 2x
La ilaha illallah

Demikian artikel kami tentang sejarah asal usul adzan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Apabila ada kesalaha, semoga pembaca berkenan mengingatkan kami.

Artikel Terkait

Silahkan Dibagikan

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon