Persaingan Google dan Guru, Siapakah yang Akan Menang?

Persaingan Google dan Guru, Siapakah yang Akan Menang?


Persaingan Google dan Guru, Siapakah yang Akan Menang?


Zaman sekarang ini dikenal dengan zaman berkembangnya teknologi dan Informasi. Mengapa demikian? Hal ini di karenakan teknologi dan informasi sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi suatu masyarakat. Bahkan, ada masyarakat tertentu yang menjadikan teknologi dan informasi sebagai kebutuhan pokok. Kita semua tahu jika penggunaan teknologi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat yaitu sosial media dan game online. Apabila seseorang sehari tidak membuka sosial media atau game online, maka orang tersebut bisa stress. Demikianlah yang terjadi jika seseorang sudah menjadi korban teknologi dan informasi.

Pengaruh perkembangan teknologi dan informasi masuk diberbagai bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Seberapa besar sih pengaruh teknologi dan informasi terhadap dunia pendidikan? Jawabannya yaitu pengaruh teknologi dan informasi terhadap perkembangan dunia pendidikan sangat besar, terutama dalam hal pencarian sumber belajar di sekolah. Sebelum kita masuk di zaman teknologi dan informasi ini, pendidikan terutama dalam kegiatan belajar mengajarnya sebagian besar berpusat kepada guru. Segala informasi terkait mata pelajaran hanya bisa kita peroleh melalui guru. Hanya sedikit siswa yang mencari sumber informasi tentang mata pelajaran selain dari guru. Tentu hal ini karena banyaknya keterbatasan yang dialami oleh siswa maupun sekolah.

Dengan masuknya dunia pendidikan kedalam arus teknologi dan informasi, maka peran guru sekarang sudah hampir tergantikan oleh kecanggihan teknologi dan informasi, salah satunya yaitu kemampuan mesin pencari seperti google. Google merupakan perusahaan raksasa yang mempunyai fungsi membantu orang yang kesulitan dalam memperoleh informasi. Google atau mungkin banyak orang sebut dengan sebutan mbah google seakan-akan tahu segalanya. Ketika kita kesulitan akan hal tertentu, maka mbah google lah yang menjadi tempat untuk mengadu. Misalnya ketika kita bingung untuk mencari tentang pengertian Hak Asasi Manusia (HAM), maka dengan mengetik kata “pengertian HAM”, maka mbah google akan memberikan kita informasi yang lengkap tentang pengertian HAM dari berbagai sumber. Kita tinggal pilih sumber mana yang kita pilih dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Dengan melihat kemampuan mbah google yang luar biasa dalam memberikan informasi, maka dunia pendidikan harus sadar jika guru sudah mempunyai saingan dalam memberikan informasi kepada siswa. Guru yang masih berada dalam “zona nyaman” dan tidak mau berkembang secara perlahan akan kalah dengan mbah google. Kita yang berprofesi sebagai guru tidak boleh kalah. Kita harus menjadikan mbah google sebagai motivasi dalam menjaadi guru yang baik. Fungsi guru sebagai pemberi informasi memang sudah hampir diambil alih oleh mbah google, akan tetapi fungsi guru sebagai pembentuk kepribadian siswa jangan sampai diambil alih juga oleh mbah google. Jika kita membiarkan siswa kita terlena dan nyaman dengan guru mereka yang di sebut mbah google, maka siswa kita akan menjadi korban teknologi dan kehilangan jati diri.

Jadi siapakah yang menjadi pemenang dari persaingan google dan guru? Pertanyan itu sebenarnya merupakan pertanyaan retoris yang tidak ada jawabannya. Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan penyemangat untuk para guru agar jangan lelah dalam mengajar dan kalah dari mbah google.

Demikian tulisan kami tentang siapa yang akan menang dalam persaingan antara mbah google dan guru. Semoga dapat saling memotivasi para guru di Indonesia agar bisa lebih meningkatkan kualitasnya dalam mengajar. Yang jelas, secanggih apapun kemampuan teknologi dan informasi tidak akan mungkin menggantikan peran guru sebagai agen pembangun karakter manusia. 

Silahkan Bagikan Artikel Diatas Melalui :

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon