KATEGORI DAN BENTUK SUMBER BELAJAR YANG HARUS KITA TAHU

KATEGORI DAN BENTUK SUMBER BELAJAR


KATEGORI DAN BENTUK SUMBER BELAJAR


Sebelumnya kita telah membahas tentang membuat bahan ajar inovatif. Untuk mendalami tentang bahan ajar, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sumber belajar lebih dalam. Sumber belajar yang akan kita bahas terdiri dari kategori sumber belajar dan bentuk sumber belajar.

A.  Kategori Sumber Belajar

Jika kita lakukan penelusuran ke berbagai literatur tentang teknologi pembelajaran, maka paling tidak kita akan menjumpai 3 (tiga) kategoti sumber belajar yaitu: sumber belajar menurut tujuan pembuatannya, sumber belajar menurut bentuk atau isinya dan sumber belajar menurut jenisnya. Berikut penjelasan tentang kategori sumber belajar.

1.   Kategori sumber belajar berdasarkan tujuan pembuatan
Association of Educational Communication and Technology (AECT) membagi sumber belajar berdasarkan tujuan pembuatan menjadi dua kelompok, yaitu:
a.   Sumber belajar yang dirancang (resources by design)
Sumber belajar yang dirancang adalah sumber belajar yang sengaja direncanakan untuk keperluan pembelajaran. Contohnya yaitu buku paket, LKS, Modul, petunjuk praktikum, dan lain sebagainya.
b.   Sumber belajar yang dimanfaatkan (resources by utilization)
Sumber belajar yang dimanfaatkan adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan belajar. Contohnya pasar, museum, kebun binatang, masjid, lapangan, dan lain sebagainya.

2.   Kategori sumber belajar berdasarkan bentuk atau isinya
Sementara itu, sumber balajar berdasarkan bentuk atau isinya dibedakan menjadi lima macam, yaitu benda, tempat atau lingkungan alam sekitar, orang, buku, peristiwa dan fakta yang sedang terjadi. Berikut penjelasan tentang bentuk-bentuk sumber belajar berdasarkan bentuk atau isinya.
a.   Benda
Benda adalah segala sesuatu yang memungkinkan terjadinya perubahan tingkah laku atau pengetahuan siswa. Contoh dari benda yang dapat dikategorikan sebagai sumber belajar adalah candi, situs, dan benda peninggalan lainnya.
b.   Tempat atau lingkungan alam sekitar
Arti dari tempat atau lingkungan alam sekitar yang dijadikan sebagai sumber balajar adalah di mana saja seseorang bisa melakukan perubahan tingkah laku (belajar). Contoh dari tempat yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar adalah museum, gunung, perpustakaan, kolam ikan, pasar, dan lain sebagainya.
c.   Orang
Orang bisa kita jadikan sebagai sumber belajar ketika orang tersebut memiliki kemampuan atau keahlian tertentu dimana seseorang dapat belajar sesuatu darinya. Contoh dari orang yang bisa kita jadikan sebagai syumber belajar adalah politisi, guru, ahli ekonomi, dan sebagainya.
d.   Buku
Buku sudah tentu bisa kita jadikan sebagai sumber belajar. Contoh dari buku yang bisa kita jadikan sebagai sumber belajar adalah buku pelajaran, kamus, buku teks, dan lain sebagainya.
e.   Peristiwa dan fakta yang sedang terjadi
Peristiwa atau fakta yang sedang terjadi dapat kita jadikan sebagai sumber belajar. Contoh dari peristiwa yang bisa kita jadikan sebagai sumber belajar adalah peristiwa kerusuhan, bencana alam, dan lain sebagainya.

3.   Kategori sumber belajar berdasarkan jenisnya
Sumber belajar berdasarkan jenisnya menurut pendapat Sudjana dan Rivai dibedakan menjadi enam jenis, yaitu pesan, manusia, bahan, peralatan, teknik atau metode, dan lingkungan. Berikut penjelasan tentang jenis-jenis sumber belajar.
a.   Pesan (massage)
Pesan sebagai sumber belajar adalah segala informasi yang diteruskan oleh sumber lain dalam bentuk fakta, ide, kata, arti, dan lain sebagainya. Contoh dari pesan yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar adalah isi buku, bidang studi kurikulum, serta informasi lainnya dalam media elektronik.
b.   Manusia (people)
Manusia disebut sebagai sumber belajar karena manusia bertindak sebagai penyimpan dan penyalur atau penyaji dari suatu informasi. Contoh dari orang yang bisa kita jadikan sumber belajar adalah guru atau dosen, instruktur, pustakawan, tokoh masyarakat, dan sebagainya.
c.   Bahan (materials)
Bahan sering disebut sebagai perangkat lunak (software) yaitu sesuatu yangmengandung pesan untuk disampaikan melalui penggunaan alat. Contohnya yaitu buku, majalah, dan film bingkai.
d.   Peralatan (device)
Berbeda dengan bahan yang biasa disebut sebagai software, peralatan disebut sebagai hardware. Yaitu segala sesuatu yang digunakan untuk menyajikan pesan yang ada dalam software. Contoh dari peralatan yang digunakan sebagai sumber belajar yaitu berbagai jenis proyektor dan komputer.
e.   Teknik atau metode (technique)
Teknik sebagai sumber belajar yaitu prosedur yang dipersiapkan untuk menggunakan bahan, peralatan, dan lingkungan guna menyampaikan pesan. Contoh dari teknik sebagai sumber belajar adalah ceramah, kulian, dan memimpin diskusi.
f.    Lingkungan (setting)
Lingkungan sebagai sumber belajar yaitu situasi orang yang menerima pesan, baik lingkungan fisik maupun non-fisik. Bentuk dari lingkugan fisik sebagai sumber belajar yaitu gedung, halaman, tata ruang, dan ruang baca. Sedangkan bentuk dari lingkungan non-fisik yaitu ventilasi udara, penerangan, dan suhu ruangan.

B.  Bentuk Sumber Belajar

Bentuk sumber belajar memiliki potensi yang melimpah yang ada di sekitar kita. Beberapa bentuk-bentuk sumber belajar yang ada di sekitar kita antara lain, buku, majalah, ensiklopedia, poster, brosur, film, internet, stodio, wawancara, pabrik, toko, kebun binatang, dan lain sebagainya.

Adapun yang dimaksud dengan bentuk-bentuk sumber belajar tersebut beberapa di antarannya dijelaskan secara rinci yaitu sebagai berikut.
1.      Buku,
Buku yakni lembar kertas yang berjilid baik ada tulisannya ataupun kosong, buku sebagai sumber belajar adalah buku yang berisi teks tertulis yang berisi ilmu pengetahuan. Ada berbagai jenis buku yang bisa kita jadikan sebagai sumber belajar, yaitu buku ajar, novel, komik, karya ilmiah, dan sebagainya.
2.      Brosur
Brosur yakni bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara sistematis. Brosur bisa juga dimaknai sebagai cetakan yang hanya terdiri atas beberapa jilid atau selebaran cetakan yang ebrisi keterangan singkat, tetapi lengkap atas informasi tertentu.
3.      Ensiklopedia
Ensiklopedia yaitu buku yang menghimpun keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan yang disusun menurut abjad atau lingkungan ilmu. Contoh dari ensiklopedia yang menjadi sumber belajar adalah ensiklopedia al Quran, ensiklopedia hewan, ensiklopedia flora, dan sebagainya.
4.      Model
Model sebagai sumber belajar yaitu barang tiruan yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan bentuk aslinya. Contoh dari model yang biasa digunakans ebagai sumber belajar adalah model pesawat terbang, sepeda motor, candi, dan sebagainya.
5.      Studio
Studio dapat juga kita jadikan sebagai sumber belajar. Studio yaitu ruang tempat bekerja (bagi tukang foto atau pelukis) atau ruang yang dipakai untuk menyiarkan acara radio atau televisi.
6.      Permainan
Permainan yaitu sesuatu yang digunakan untuk bermain, barang atau sesuatu yang dipermainkan, mainan, hal bermain, atau perbuatan bermain.
7.      Majalah
Majalah sebagai sumber belajar yaitu terbitan berkala yang isinya mencakup berbagai liputan yang bersifat jurnalistik dan pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca.
8.      Poster
Poster yaitu plakat yang dipasang di tempat umum, biasanya berupa pengumuman atau iklan
9.      Transparansi
Transparansi yaitu barang yang tembus cayaha, yang dipakai untuk menayangkan tulisan atau gambar pada media OHP
10.   Film
11.   Wawancara

Demikian penjalasan tentang kategori dan bentuk sumber belajar. Semoga penjelasan tentang sumber belajar bermanfaat bagi para pembaca.

Pustaka : Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Kreatif karya Andi Prastowo

Artikel Terkait

Silahkan Dibagikan

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon