Balasan Bagi Orang yang Enggan Berzakat di Hari Kiamat

      (Tutup K!ik 2x)
      (Tutup K!ik 2x)
Balasan Bagi Orang yang Enggan Berzakat di Hari Kiamat


Balasan Bagi Orang yang Enggan Berzakat di Hari Kiamat


Manusia diciptakan oleh Allah Swt di dunia ini dengan berbagai bentuk karunia, salah satunya ada yang miskin ada juga yang kaya. Sesungguhnya segala karunia yang Allah berikan termasuk kaya dan miskin adalah untuk menguji keimanan manusia. Sejauh mana manusia ingat kepada Allah ketika diberi harta yang melimpah, atau juga sejauh mana manusia bersabar dan yakin jika Allah itu ada dengan diberi ujian berupa hidup miskin. Entah kaya atau miskin, besok pemberian Allah Swt pasti akan dimintai pertanggungjawabannya di hari kiamat.

Zakat merupakan kewajiban umat muslim berupa menyisihkan harta yang dimiliki dengan memberikannya kepada orang-orang yang berhak. Akan tetapi, ternyata banyaknya harta yang diberikan Allah kepada manusia membuat manusia lupa diri. Banyak dari manusia yang tidak menyisihkan sebagian harta yang dimiliki dengan menunaikan zakat. Mereka merasa sayang jika harta yang dikumpulkan selama seharian, sebagian harus diberikan kepada orang lain. Dalam kesempatan kali ini, akan di bahas tentang bagaimana balasan bagi orang yang enggan berzakat di hari kiamat. Semoga dapat menjadikan pengingat bagi kita semua jika kita diberikan rizki atau harta yang banyak oleh Allah Swt.  

Hukuman bagi yang Enggan Berzakat

Berkaitan dengan rizki atau harta yang Allah berikan kepada manusia, Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda,

“Tak seorangpun pemilik harta yang enggan berzakat melainkan hartanya itu kelak akan dijadikan setrika-setrika yang dipanaskan dalam api neraka. Lalu strika itu ditempelkan ke kedua bahu dan kedua pelipisnya sampai Allah selesai menghukum hamba-hamba-Nya. Saat itu, satu hari sepadan dengan lima puluh ribu tahun (hitungan di dunia). Kemudian diperlihatkan jalan kepadanya, apakah surga atau neraka.

Tak seorangpun pemilik unta yang tak berzakat, melainkan kelak mukanya akan disungkurkan ke lapangan yang sangat luas, sehingga tak ada satupun anak unta melainkan menendanginya dengan telapak kaki mereka, dan menggigit dengan mulut dan gigi mereka.

Setiap kali unta yang paling akhir selesai menendanginya, unta yang paling pertama kembali menendang dan menggigitnya. Begitu sampai Allah menjatuhkan keputusan kepada hamba-hambanya. Saat itu, satu hari sepadan dengan lima puluh ribu tahun (hitungan di bumi).kemudian diperlihatkan kepadanya, apakah surga atau neraka.

Tak ada seorangpun pemilik kambing yang tidak mengeluarkanzakatnya melainkan kelak mukanya akan disungkurkan ke lapangan yang sangat luas, kemudian semua kambing-kambing itu menyepak dan menanduknya.

Setiap keli kambing paling akhir selesai menyepak dan menanduk, kambing paling pertama kembali menyepak dan menanduk. Begitu seterusnya sampaiAllah menjatuhkan keputusan kepada hamba-hamba-Nya. Saat itu, satu hari sepadan dengan lima puluh ribu tahun (hitungan di bumi). Kemudian diperlihatkan jalan kepadanya, apakah surga ataukah neraka.

Harta Manusia akan Menjadi Ular Ganas di hari Kiamat

Masih berkaitan dengan balasan orang yang enggan berzakat, Rasulullah Saw juga menegaskan. Berikut ini menurut Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda,

“Siapa yang diberikan harta namun tak berzakat, apda hari kiamat harta itu akan berubah menjadi seekor ular jantan ganas yang botak (karena bisanya yang banyak dan umurnya yang panjang). Ular itu mempunyai titik hitam di atas kedua matanya (tampaknya, ini merupakan ular paling menakutkan sekaligus paling ganas). Lalu ular itu melilit dan mematuknya sambil berkata, “Aku hartamu, aku simpananmu (yang dulu tak ditunaikan zakatnya).”

Kemudian Rasulullah Saw membaca firman Allah Swt :

Sekali-kali janganlah orang-orang yang kikir dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka bahwa kekikiran itu baik bagi mereka. Sebenarnya kekikiran itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan dilehernya pada hari kiamat. Milik Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Alah mengetahui apa yang kamu ekrjakan (QS Ali Imran [3] : 180)


Demikian artikel kami tentang balasan bagi orang yang enggan berzakat di hari kiamat. Semoga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita semua.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon