Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Prestasi Khalifah Umar bin Khattab Selama Memimpin Umat Islam

Prestasi Khalifah Umar bin Khattab Selama Memimpin Umat Islam


Umar memangku jabatan Khalifah dengan wasiat dari Abu bakar. Dia mulai memangku Khalifah pada bulan Jumadil Akhir tahun 13 H. Selama menjalankan tanggung jawab sebagai Khalifah Umar bi Khattab memperoleh beberapa prestasi. Beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Umar bin Khattab diantaranya yaitu prestasi Umar bin Khattab dalam perluasan daerah Islam, Prestasi Umar bin Khattab dalam administrasi dan keuangan, serta prestasi Umar bin Khattab dalam penetapan kalender Hijriah. Berikut penjelasan tentang prestasi Khalifah Umar bin Khattab.

1.  Prestasi Khalifah Umar bin Khattab dalam Perluasan daerah Islam

Usaha perluasan daerah dan pengembangan Islam di Persia dan Syiria yang telah dilakukan pada zaman khalifah Abu Bakar kemudian dilanjutkan kembali oleh Khalifah Umar bin Khattab hingga selesai dan juga perluasan daerah dan pengembangan Islam di Mesir. Pada zaman Khalifah Umar bin Khattab, gelombang ekspansi (perluasan daerah kekuasaan) pertama terjadi di ibu kota Syiria, Damaskus. Kota ini jatuh pada pada tahun 635 M. dan setahun kemudian, setelah tentara Bynzantium kalah dipertempuran Yarmuk, seluruh daerah Syiria jatuh
bawah kekuasaan Islam.

Dengan memakai Syiria sebagai basis, ekspansi diteruskan ke Mesir di bawah pimpinan Amr bin Ash r. dan ke Irak dipimpin oleh Saad bin Abi Waqqash ra. Iskandariyah / Alexandria, ibu kota Mesir saat itu ditaklukan tahun 641 M. Dengan demikian, Mesir jatuh ke bawah kekuasaan Islam. Al-Qadisiyah, sebuah kota dekat Hirah di Iraq, jatuh pada tahun 637 M. dari sana serangan dilanjutkan ke ibu kota Persia, al-Madain yang jatuh pada saat itu juga.

Pada tahun 641 M Moshul dapat dikuasai. Dengan demikian, pada masa kepemimpinan Umar bin Khattab wilayah kekuasaan Islam sudah meliputi Jazirah Arabia, Palestina, Syiria, sebagaian besar wilayah Persia dan Mesir.


2. Prestasi Khalifah Umar bin Khattab dalam Mengatur Administrasi dan Keuangan

Karena perluasaan daerah terjadi sangat cepat, Umar ra segera mengatur administrasi Negara dengan mencontoh administrasi yang sudah berkembang, terutama di Persia. Administrasi pemerintahan diatur menjadi delapan wilayah provinsi. Delapan provinsi yang dibangu pada masa khalifah umar antara lain : Makkah, Madinah, Syiria, Kuffah, Palestina, dan Mesir.

Pada masa pemerintahanya Umar bin Khattab membentuk Baitul Mal dan Dewan Perang. Baitul Mal bertugas mengurusi keuangan negara. Dewan perang bertugas mencatat administrasi ketentaraan.

Umar bin Khattab adalah Khalifah pertama kali yang memperkenalkan sistem penggajian bagi pegawai pemerintah.Ia juga memberikan santunan dari Baitul Mal kepada seluruh rakyatnya. Besarnya santunan di sesuaikan lamanya memeluk Islam. Pada masa Khalifah Umar bin Khattab, kemakmuran dapat dinikmati rakyat dari seluruh pelosok negeri.

Prestasi Khalifah Umar bin Khattab Selama Memimpin Umat Islam

3.  Prestasi Khalifah Umar bin Khattab dalam Menetapkan Kalender Hijriah

Sebelum kalender Hijriah ditetapkan orang-orang pada saat itu menggunakan sistem kalender Masehi. Agar berbeda dengan kaum Nasrani Umar ibn Khattab mencetuskan kalender Hijriah, yang ditetapkan mulai pada saat Nabi Muhammad Saw. Hijrah dari Makkah ke Madinah. Hal itu disebabkan hijrah merupakan titik balik kemenangan Islam. Hijrah juga menandai dua priode dakwah Islam, yakni periode Makkah dan Madinah.


Demikian artikel kami tentang beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Umar bin Khattab diantaranya yaitu prestasi Umar bin Khattab dalam perluasan daerah Islam, Prestasi Umar bin Khattab dalam administrasi dan keuangan, serta prestasi Umar bin Khattab dalam penetapan kalender Hijriah. Semoga artikel kami tentang prestasi khalifah Umar bin Khattab selama memerintah umat Islam bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Prestasi Khalifah Umar bin Khattab Selama Memimpin Umat Islam"