Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Modal kesuksesan Rasulullah Saw dalam berdakwah di Mekkah

Modal kesuksesan Nabi Muhammad Saw


Modal kesuksesan Nabi Muhammad Saw dalam berdakwah di Mekkah


Dakwah Nabi Muhammad tidaklah mudah. Nabi muhammad memiliki modal yang kuat dalam berdakwah di Mekkah. Nabi Muhammad Saw mengembangkan dakwahnya di Mekkah dengan segala tantangan dan ancaman dari Masyarakat Quraisy. Tantangan dan rintangan nabi Muhammad dalam berdakwah tidak menghalangi beliau untuk menghentikan dakwahnya. Perjuangannya terus dilakukan sehingga pengikutinya terus bertambah. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari karakter yang dimiliki oleh Nabi Muhammad Saw yang digunakan sebagai modal kesuksesan nabi Muhammad Saw. Karakter nabi Muhammad yang digunakan sebagai modal dalam berdakwah di Mekkah antara lain:

(Baca juga artikel Lengkap tentang : Prioritas Dakwah Nabi Muhammad Saw di Mekkah)

1. Sabar.
NabiMuhammad Saw memiliki kesabaran dalam menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik dari keluarga maupun masyarakat Mekkah. Sikap sabar menjadi modal utama Nabi Muhammad untuk terus berdakwah dan tidak pernah putus asa.

2.  Kegigihan dan keuletan .
Nabi Muhammad Saw memiliki kegigihan dan keuletan dalam menyebarkan Islam, baik kepada keluarga maupun masyarakat Mekkah. Kegigihan dan keuletan menghadapi segala rintangan yang dihadapi.

3.  Berakidah yang benar dan kuat.
Karakter ini menjadi modal utama dalam dakwah Nabi Muhammad. Beliau menyakini akan janji Allah Swt. Beliau tidak pernah ragu akan janji Allah yang akan melindungi dakwahnya.

4.  Akhlak terpuji dan menjauhi kemungkaran.
Nabi Muhammad Saw sudah terkenal dengan :Al Amin” sebelum diangkat jadi Nabi dan Rasul. Masyarakat Quraisy sudah mengakui kebaikan dan kejujuran Nabi Muhammad Saw. Sehingga ketika Nabi Muhammad Saw diangkat jadi Nabi dan Rasul, semua orang tidak bisa menolak akan kebenaran dakwahnya. Tapi karena kesombongan dan keangkuhan menjadi masyarakat Quraisy menolak dakwahnya

5. Kesetaraan Derajat.
Nabi Muhammad Saw menjunjung tinggi persamaan derajat sesama manusia. Tidak ada perbedaan antara bangsawan dan budak, antara yang kaya dan miskin. Perbedaanya pada keimanan. Karakter ini membuat semua orang merasa nyaman dan diakui secara sama.

(Baca juga artikel Lengkap tentang : Respon Masyarakat Mekkah terhadap Dakwah Nabi Muhammad Saw)

Demikian artikel kami tentang modal kesuksesan Nabi Muhammad Saw dalam berdakwah di Mekkah. Semoga artikel kami tentang modal kesuksesan Nabi Muhammad Saw dalam berdakwah di Mekkah bermanfaat untuk para pembaca.

Posting Komentar untuk "Inilah Modal kesuksesan Rasulullah Saw dalam berdakwah di Mekkah"