Selasa, Mei 31

Ketika Iblis Tidak Jadi Bertobat Kepada Allah Swt

Ketika Iblis Tidak Jadi Bertobat Kepada Allah Swt


Ketika Iblis Tidak Jadi Bertobat Kepada Allah Swt


Iblis merupakan makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari Api. Iblis awalnya merupakan makhluk yang sangat taat beribadah kepada Allah Swt. Akan tetapi, karena Iblis tidak mau mentaati salah satu perintah Allah, akhirnya Iblis dilaknat oleh Allah Swt yaitu akan masuk ke dalam api neraka. Perintah Allah Swt kepada Iblis yang dimaksud yaitu sujud dihadpan manusia (nabi Adam as). 


Dalam artikel kali ini, akan dibahas tentang cerita tobatnya Iblis yang tidak jadi. Tobatnya Iblis pernah terjadi ketika zaman nabi Musa as. Pada suatu hari, Iblis bertemu dengan nabi Musa as. Ketika bertemu nabi Musa as, Iblis berkata, “Wahai Musa, engkau adalah manusia terpilih untuk menyampaikan risalah-Nya. Engkau juga manusia terpilih untuk bisa berbicara langsung dengan-Nya. Sementara aku hanyalah makhluk-Nya. Aku banyak berbuat dosa, dan saat ini aku mau bertobat. Tolong bantulah aku, agar Allah Swt mau meneriman tobatku.”

Mendengar permintaan Iblis kepada nabi Musa as untuk dibantu bertobat kepada Allah Swt, nabi Musa as segera berdoa kepada Allah Swt agar Allah menerima tobatnya Iblis dan mengampuni segala dosa yang telah Iblis lakukan. Doa nabi Musa as di jawab melalui firman-Nya, “Doa dan keinginanmu Aku penuhi, Musa.”

Pada kesempatan lain, nabi Musa as bertemu kembali dengan Iblis tadi. “Wahai Iblis, Allah Swt akan menerima tobatmu jika kamu melakukan satu syarat, syarat tersebut yaitu kamu harus sujud ke kuburan nabi Adam as.”

Mendengar apa yang disampaikan oleh nabi Musa as, Iblis langsung marah, “Aku tidak pernah sujud kepadanya saat ia hidup, bagaimana mungkin aku sujud kepadanya ketika ia sudah mati?” Dengan demikian, akhirnya Iblis mengurungkan niatnya untuk bertobat kepada Allah Swt. Iblis masih menjadi makhluk Allah Swt yang keras. Hanya dengan sujud di makam nabi Adam as, dosa-dosanya akan di ampuni oleh Allah Swt. Akan tetapi Iblis masih keras hati dan tidak mau melakukannya.

Cerite tentang Iblis yang mengurungkan niatnya untuk bertobat kepada Allah tidak berhenti sampai disini. Iblis masih mempunyai harga diri untuk membalas budi kepada nabi Musa as karena telah dibantu. Iblis berkata, “Wahai Musa, kamu telah memohonkan ampunan kepada Allah Swt atas dosa-dosaku, karena itu kamu berhak mendapatkan upah dan balasan dariku. Sebagai upahnya, aku akan sampaikan kepadamu bahwa jika kamu mengingatku dalam tiga keadaan, niscaya kamu celaka dan binasa.” Tiga keadaan yang dimaksud oleh Iblis antara lain :

Keadaan yang pertama, ingatlah aku ketika kamu sedang marah, niscaya mukaku berada di hatimu, mataku berada di kedua matamu, dan aku akan berjalan dalam dirimu seiring dengan darah mengalir dalam tubuhmu.

Keadaan yang kedua, ingatlah aku ketika kamu sedang susah karena aku akan selalu mendatangi manusia ketika mereka sedang kesusahan. Aku akan ingatkan dia akan anaknya, istrinya, dan keluarganya, sehingga dia mengikutu bisikan-bisikanku.

Keadaan yang ketiga, jauhilah duduk berdua dengan wanita yang bukan muhrim, karena sesungguhnya aku adalah utusan dia untukmu, dan utusanmu untuk dia.


Demikian artikel kami tentang Iblis yang tidak jadi bertobat kepada Allah Swt. Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa tidak jadinya Iblis dalam bertobat karena masih kerasnya hati Iblis. Selain itu, ada tiga keadaan di mana ketika kita berada dalam keadaan itu maka kita akan celaka, yaitu ketika kita sedang marah, sedang susah, dan sedang duduk bersama wanita yang bukan muhrim. Semoga artikel kami bermanfaat bagi para pembaca.

Sumber : Buku Berjudul “Dialog Iblis dengan Para Nabi” karya Ustads H. Asep Sapullah Darusmanwiati, M.A

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon