Kenikmatan Surga yang Paling Rendah

Kenikmatan Surga yang Paling Rendah


Kenikmatan Surga yang Paling Rendah


Di dunia ini,kita sebagai manusia diciptakan oleh Allah Swt dengan tujuan tiada lain untuk beribadah kepadaNya. Perintah Allah kepada manusia tidaklah cuma-cuma. Allah menawarkan surga dan neraka kepada manusia. Surga diberikan oleh Allah Swt kepada umat manusia yang mau dengan ikhlas beribadah, beriman, dan bertaqwa kepada Allah Swt. Sedangkan neraka diberikan kepada manusia yang tidak mau beribadah, beriman, dan bertaqwa kepada Allah Swt.


Dengan demikain, salah satu tujuan kita beribadah kepada Allah Swt salah satunya adalah untuk terhindar dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga. Untuk memotivasi kita dalam beribadah kepada Allah Swt, dalam kesempatan kali ini akan kita kupas dialog antara Nabi Musa as dan Allah Swt yang membahas tentang nikmat surga yang paling rendah. Mengapa nikmat durga yang paling rendah yang dibahas? Hal ini karena dengan mengetahui nikmat surga yang paling rendah, kita akan dapat membandingkan dengan nikmat surga yang di atasnya.

Informasi tentang nikmat surga yang paling rendah diperoleh melalui cerita dari Mugihrah ibn Syu’bah. Mughirah ibn Syu’bah menceritakan sebuah kisah yang ia dengar dari Rasulullah Saw :

Suatu hari nabi Musa as pernah bertanya kepada Allah Swt, “Ya Allah, seperti apakah kenikmatan yang anak Engkau berikan kepada penghuni surga yang paling rendah?”

“Seseorang yang dimasukkan ke surga, setelah seluruh penghuni surga masuk terlebih dahulu,” Jawab Allah. Jadi penghuni surga yang paling rendah akan masuk ke surga setelah seluruh penghuni surga masuk, atau dengan kata lain ia akan masuk paling akhir.

Lalu orang itu ditanya, “Relakah kamu bila diberi kenikmatan dan kekayaan sebagaimana telah diberikan kepada salah seorang raja paling kaya dari raja-raja di dunia?”

“Aku rida, ya Allah,” jawabnya

“Kamu akan mendapatkan seperti raja tadi dan ditambah empat kali lipatnya. Ridakah kamu ?”

“Aku sangat rida, ya Allah”

“Kamu akan mendapatkan semua itu,”sabda Allah, “Ditambah semua yang kamu sukai dan semua yang ingin dimiliki kedua matamu.” Sungguh betapa besar nikmat yang Allah Swt berikan kepada penghuni surga yang paling rendah jika kita bandingkan nikmat yang ada di dunia ini. Kekayaan empat kali lipat seorang raja paling kaya di dunia ini akan diberikan kepada penghuni surga yang paling rendah.

Nabi musa as kembali bertanya, “Lalu, seperti apakah kenikmatan yang akan Engkau berikan kepada penghuni surga yang paling tinggi tingkatannya, ya Allah?”

Allah menjawab, “Ketahuilah Musa, kenikmatan yang akan aku berikan untuk mereka tak akan terlihat oleh mata, terdengar telinga, juga tak akan dapat terbersit manusia, saking besar dan istimewanya kenikmatan tersebut. Aku sendiri yang memberikannya, Aku sendiri yang menyiapkannya, bahkan Aku sendiri yang menjaga dan menyegelnya.” Sungguh nikmat yang sangat besat, bahkan mata dan pikiran kita sebagai manusia tidak dapat menjangkau nikmat surga yang paling tinggi.

Nikmat yang Allah berikan kepada penghuni surga yang paling tinggi dapat diketahui memalui FirmanNya. Allah berfirman, Tak seorang pun dapat mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan mereka atas apa yang mereka kerjakan (QS As Sajadah [32] :17)


Demikian artikel kami tentang kenikmatan yang Allah Swt berikan kepada penghuni surga yang paling rendah, begitu juga yang paling tinggi. Semoga artikel ini membuat para pembaca semakin bersemangat dan berlomba-lomba dalam beribadah kepada Allah Swt.

Sumber : Buku Berjudul “Dialog Iblis dengan Para Nabi” karya Ustads H. Asep Sapullah Darusmanwiati, M.A

Silahkan Dibagikan

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

1 komentar:

komentar
15 October 2016 at 01:55 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Silahkan berkomentar . . EmoticonEmoticon