Minggu, April 17

Profesi Akuntansi

Profesi Akuntansi


Profesi Akuntansi


Profesi akuntansi. Akuntan merupakan suatu profesi seperti halnya profesi dokter, guru, pengacara, dan polisi. Untuk memperoleh gelar akuntan, seseorang terlebih dahulu harus lulus program S1 dari fakultas ekonomi, kemudian lulus dalam ujian profesi di lembaga yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional.

Jabatan-jabatan dalam lapangan akuntansi dapat dikelompokkan dalam berbagai bidang. Berdasarkan lingkup kegiatan dan bidang garapannya, profesi akuntansi di bagi menjadi empat, yaitu akuntansi periusahaan, akuntansi publik, akuntansi pemerintah, dan akuntansi pendidik. Berikut penjelasan tentang profesi akuntansi.

(Baca juga artikel lengkap tentang : Etika Profesi Akuntansi)

1. Akuntan Perusahaan (Intern)

Akuntan perusahaan (intern) adalah profesi akuntan yang bekerja di suatu perusahaan dan bertanggung jawab terhadap masalah akuntansi di perusahaan tersebut. Ruang lingkup tugas dari akuntan perusahaan adalah:
a. menyusun sistem akuntansi yang diperlukan perusahaan;
b. menyusun laporan keuangan bagi pihak intern dan ekstern;
c. menyusun anggaran perusahaan;
d. melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan sistem akuntansi dan anggaran;
e. menyelesaikan masalah-masalah perpajakan, seperti penghitungan pajak

2. Akuntan Publik

Akuntan publik adalah profesi akuntan yang memberikan jasa dalam bidang akuntansi bagi perusahaan atau organisasi bisnis dan nonbisnis. Akuntan publik bersifat independen (bebas) tidak seperti akuntan perusahaan yang terikat pada kepentingan perusahaan. Jasa akuntan publik yang utama adalah memeriksa laporan keuangan suatu organisasi apakah telah sesuai dengan SAK. Akuntan publik juga menawarkan jasa konsultasi di bidang manajemen, perpajakan, penyusunan laporan keuangan, dan sebagainya. Agar bisa menjadi akuntan publik, seseorang harus lulus ujian profesi dan memiliki nomor register akuntan yang dikeluarkan oleh Departemen Keuangan RI.

3. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah adalah profesi akuntan yang bekerja pada lembagalembaga pemerintah dan  bertugas mengendalikan, dan memeriksa penggunaan keuangan atau kekayaan negara dan membuat laporan hasil pemeriksaan. Akuntan pemerintah umumnya bekerja di Departemen Keuangan (Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

4. Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik adalah profesi akuntan yang memiliki tugas utama mengajarkan dan mengembangkan akuntansi, misalnya dosen dan guru mata pelajaran akuntansi

(Baca juga artikel lengkap tentang : Bidang-Bidang Akuntansi)

Demikian penjelasan singkat kami tentang profesi akuntansi yang terdiri dari akuntansi periusahaan, akuntansi publik, akuntansi pemerintah, dan akuntansi pendidik. Semoga artikel kami yang membahas tentang profesi akuntansi yang terdiri dari akuntansi periusahaan, akuntansi publik, akuntansi pemerintah, dan akuntansi pendidik bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon