Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Produk Perbankan dan Penjelasannya

Produk perbankan. Produk perbankan itu apa? Mengapa kita perlu tahu tentang produk perbankan? Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang arti bank, jenis bank, dan fungsi bank, sekarang kita akan membahas tentang produk perbankan. Apa itu produk perbankan? Dalam melakukan kegiatannya, bank menghasilkan berbagai macam dan jenis. Adapun produk perbankan terdiri dari kredit pasif, kredit aktif, dan jasa pelayanan keuangan lainnya. berikut penjelasan singkat tentang produk perbankan antara lain sebagai berikut :


a. Kredit Pasif

Kredit pasif. Kredit pasif adalah salah satu produk perbankan. Kredit pasif merupakan kegiatan bank menghimpun dana dari masyarakat, dalam bentuk tabungan, tabungan berjangka, sertifikat deposito, giro, deposito on call, loan deposit, dan deposit automatic roll over. Berikut ini penjelasan singkat tentang bentuk kredit pasif perbankan sebagai bagian dari produk perbankan.

1) Tabungan, adalah simpanan yang penyetoran dan penarikannya dapat dilakukan setiap saat. Dan untuk mempermudah nasabah, bank kini menyediakan ATM (Automatic Teller Machine) yang melayani penarikan (pengambilan) uang selama 24 jam nonstop.
2) Tabungan berjangka (deposito berjangka), adalah simpanan yang penarikannya hanya bisa dilakukan setelah jangka waktu tertentu, misalnya setelah satu bulan, tiga bulan, enam bulan atau dua belas bulan.
3) Sertifikat deposito, adalah salah satu bentuk deposito berjangka yang surat buktinya dapat diperjualbelikan.
4) Giro, adalah simpanan yang penarikannya bisa dilakukan setiap saat, dengan catatan hanya bisa diambil dengan menggunakan cek atau giro bilyet.
5) Deposit on Call, adalah simpanan yang tetap berada di bank, dan bisa diambil setelah ada pemberitahuan terlebih dulu dari nasabah.
6) Loan Deposit, adalah pinjaman dari bank yang kemudian dititipkan lagi di bank untuk diambil sewaktu-waktu.
7) Deposit Automatic Roll Over,adalah jenis deposito yang jika saat jatuh tempo uangnya tidak diambil, secara otomatis deposito tersebut langsung diperpanjang disertai dengan penghitungan bunganya.

b. Kredit Aktif

Kredit aktif. Kredit aktif merupakan salah satu dari produk perbankan selain kredit pasif. Berbeda dengan kredit pasif, kredit aktif merupakan kegiatan bank dalam menyalurkan dana kepada masyarakat. Produk perbankan berupa kredit aktif bisa dalam bentuk:

1) Kredit rekening koran, adalah kredit (pinjaman) yang diberikan kepada nasabah sesuai kebutuhannya. Jaminan dari kredit rekening koran bisa berupa surat-surat berharga, barang-barang yang ada di gudang peminjam, barang-barang bergerak (seperti mobil) dan barang-barang tidak bergerak (seperti tanah, bangunan).

2) Kredit aksep, adalah pinjaman yang diberikan kepada nasabah dengan cara bank menandatangani aksep yang ditarik oleh nasabah. Sesudah aksep ditandatangani, aksep dapat diperjualbelikan oleh nasabah.

3) Kredit dokumenter, adalah pinjaman yang diberikan kepada nasabah dengan jaminan dokumen milik nasabah. Contoh dokumen yang bisa diberi kredit adalah surat pengiriman barang dan sejenisnya.

4) Kredit reimburs (letter of credit) adalah pinjaman yang diberikan kepada nasabah dalam rangka membantu pembayaran atas barang-barang yang diimpor dari luar negeri. Bank bersedia memberikan pinjaman setelah melihat bukti-bukti pengiriman barang (bukti-bukti impor). Setelah memiliki dana maka nasabah akan membayar kepada bank seperti perjanjian semula.

5) Kredit surat berharga, adalah pinjaman yang diberikan kepada nasabah untuk membantu pembelian surat-surat berharga. Dalam pembelian tersebut, semua atau sebagian harga pembelian dibayar oleh bank. Dan sebagai jaminan, untuk sementara surat-surat berharga tersebut dipegang oleh bank.

c. Jasa Pelayanan di Bidang Keuangan Lainnya (Jasa Lalu Lintas Moneter)

Produk perbankan selain menyediakan pelayanan kredit pasif dan kredit aktif, bank juga memberikan jasa pelayanan yang lain. Sebagai produk perbankan, jasa pelayanan bank di bidang keuangan lain antara lain sebagai berikut:

1) Transfer (pengiriman uang)
Transfer adalah pengiriman uang oleh bank untuk membantu nasabah dan masyarakat dalam mengirim uang dari satu tempat ke tempat lain, dalam bentuk rupiah atau mata uang asing di wilayah dalam negeri atau luar negeri.

2) Melakukan diskonto
Bank memberikan jasa pembelian dan penjualan surat berharga yang dijamin sendiri oleh bank yang bersangkutan.

3) Melakukan inkaso
Bank memberikan jasa menagih piutang yang dimiliki nasabah kepada nasabah yang lain. Sebagai balas jasa, bank memperoleh imbalan tertentu sesuai perjanjian dalam nota inkaso.

4) Menyediakan cek perjalanan
Cek perjalanan disediakan bank agar nasabah tidak perlu membawa uang tunai berjumlah besar ketika bepergian. Jika diperlukan, cek dapat diuangkan di bank terdekat selama di perjalanan.

5) Melakukan bankers orders
Bankers ordersadalah pemberian kuasa dari seseorang atau badan hukum kepada bank untuk melakukan pembayaran sejumlah uang secara berkala, seperti pembayaran listrik, telepon, dan gaji pegawai.

6) Mengeluarkan kartu kredit (credit card)
Kartu kredit adalah kartu yang dibuat oleh bank dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran pengganti uang tunai atau cek. Kartu ini dapat digunakan sebagai alat bayar di berbagai tempat yang menyediakan fasilitas pelayanan kartu kredit, seperti supermarket, hotel, restoran, bandara dan tempat-tempat hiburan.

7) Melakukan jual-beli valuta asing
Bank ikut serta melakukan jual beli valuta asing dengan kurs (nilai tukar) yang berlaku.

Produk Perbankan

8) Menyediakan Save Deposit Box (SDB)
Bank menyediakan jasa penitipan benda-benda berharga, seperti ijazah, sertifikat serta emas dan berlian yang ditempatkan dalam box (kotak atau lemari) yang tahan api dan aman dari pencurian.

9) Memberikan jaminan bank (bank garansi)
Bank memberikan jaminan kepada nasabah yang sedang membuat perjanjian dengan pihak lain. Apabila suatu saat nasabah tidak dapat memenuhi kewajibannya maka banklah yang menjamin dan bersedia memenuhi kewajiban tersebut.

Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa bank mempunyai banyak produk yang dihasilkan. Produk perbankan terdiri dari kredit pasif, kredit aktif, dan pelayanan keuangan laiinya. Akan tetapi, dengan perkembangan zaman dan teknologi Informasi, maka mungkin akan ada banyak produk-produk perbankan lain yang akan di hasilkan di masa yang akan datang. Demikian artikel kami tentang produk bank. Semoga artikel kami tentang produk ank bermanfaat bagi para pembaca.

Posting Komentar untuk "3 Produk Perbankan dan Penjelasannya"