Soal Sosiologi : Sosiologi sebagai Ilmu, Nilai & Norma di Masyarakat
Soal Sosiologi materi Sosiologi sebagai Ilmu dan Nilai dan
Norma dalam Masyarakat akan kami bagikan dalam artikel ini. Ada dua jenis soal yang kami sediakan dalam artikel ini, yaitu soal pilihan ganda dan soal esai. Berikut ini soalnya.
A. Soal Pilihlah Ganda
1. Lahirnya ilmu pengetahuan dalam masyarakat
berawal dari adanya . . . .
a. common sense
b. cipta, rasa, dan kehendak dalam
dirimanusia
c. rasa ingin tahu manusia yang besar
d. perkembangan penelitian
e. perkembangan metode ilmiah
2. Ilmu pengetahuan adalah suatu hasil
aktivitas manusia yang merupakan kumpulan teori, metode, dan praktik kemudian
menjadi pranata dalam masyarakat. Pernyataan di atas adalah pengertian ilmu
pengetahuan menurut. . . .
a. J. Haberer
b. J.D. Bernal
c. E. Cantote
d. Cambridge-Dictionary
e. Gillin and Gillin
3. Pernyataan-pernyataan di bawah ini
yang termasuk sifat-sifat ilmu pengetahuan adalah…
a. rasional, fiksi, objektif, dan
akumulatif
b. tergantung pada suasana hati dan
fiksi
c. rasional, objektif, akumulatif, dan
empiris
d. fiksi, adanya prasangka, dan empiris
e. andal dan dirancang, akumulatif dan
fiksi
4. Pernyataan di bawah ini yang
merupakan sifat empiris dalam ilmu pengetahuan . . . .
a. ilmu pengetahuan didasarkan atas
kegiatan berpikir secara logis dengan menggunakan rasio (nalar) dan hasilnya
dapat diterima oleh nalar manusia
b. ilmu yang merupakan kebenaran
mengenai pengetahuan yang jujur, apa adanya sesuai dengan kenyataan objeknya
c. ilmu dibentuk dengan dasar teori
lama yang disempurnakan, ditambah dan diperbaiki sehingga semakin sempurna
d. ilmu harus dapat dibuktikan melalui
pemeriksaan dan pembuktian pancaindra, serta dapat diuji kebenarannya dengan
fakta
e. ilmu pengetahuan dapat diuji
kembali secara terbuka menurut persyaratan dengan hasil yang dapat diandalkan
5. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1) Jurnalistik
2) Antropologi
3) Sosiologi
4) Metalurgi
5) Ilmu perencanaan kota
Manakah dari pernyataan di atas yang
termasuk dalam Applied Science?
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 1), 4), dan 5)
d. 2), 3), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
6. Manakah pernyataan di bawah ini
yang tidak benar?
a. Pengetahuan awam merupakan
pengetahuan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
b. Bukti adalah pengamatan faktual
yang dapat dilihat, ditimbang, dihitung, dan diperiksa.
c. Menurut E. Cantote, ilmu
pengetahuan adalah suatu hasil aktivitas manusia yang mempunyai makna dan
metode.
d. Berpikir secara logis dan
menggunakan rasio merupakan salah satu sifat ilmu pengetahuan.
e. Applied Sciencemerupakan ilmu yang
bermaksud mendalami suatu teori dan isi alam yang hidup.
7. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Reaksivitas suatu benda
2) Kenakalan anak
3) Sistem organ tubuh
4) Sistem kemasyarakatan
5) Struktur sosial
Manakah pernyataan-pernyataan di atas
yang termasuk konsep-konsep dalam sosiologi?
a. 1), 2), dan 3)
b. 2), 3), dan 4)
c. 2), 4), dan 5)
d. 3), 4), dan 5)
e. semua benar
8. Pernyataan di bawah ini merupakan
manfaat mempelajari sosiologi, kecuali . . . .
a. sosiologi dapat memberikan
pengetahuan mengenai pola-pola interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat
b. sosiologi dapat membantu kita untuk
mengontrol dan mengendalikan setiap tindakan dan perilaku seseorang dalam
masyarakat
c. sosiologi mampu mengkaji status dan
peran seseorang dalam masyarakat
d. adanya kepekaan dan kekritisan
menghadapi gejala-gejala sosial
e. adanya keuntungan secara materiil
9. “Dampak Virus Flu Burung terhadap
Dunia Pariwisata Kebun Binatang”
Judul penelitian di atas merupakan salah satu
kajian sosiologi . . . .
a. politik
b. hukum
c. pendidikan
d. pariwisata
e. keluarga
10. Manakah pernyataan di bawah ini
yang termasuk suatu hipotesis?
a. Adanya tindakan-tindakan kejahatan
yang dilakukan oleh anak-anak.
b. Semakin tinggi tingkat interaksi
antara keluarga maka semakin kecil kenakalan anak terjadi.
c. Polisi menemukan pisau, pedang,
dalam tindakan tawuran pelajar.
d. Mengapa kenakalan anak dapat
terjadi?
e. Seberapa buruk akibat dari
kenakalan anak?
11. Menurut Suriasumantri, pengertian
penalaran adalah . . . .
a. kegiatan berpikir menurut pola,
alur, dan kerangka tertentu
b. konsekuensi dari adanya suatu pola
berpikir analisis, sintesis berdasarkan langkah-langkah tertentu
c. proses berpikir dalam menarik suatu
kesimpulan yang benar dan bukan hasil perasaan
d. pengamatan faktual yang dapat diuji
dan diperiksa
e. kegiatan berpikir secara logis
dengan menggunakan rasio
12. Perhatikan preposisi berikut ini!
1) Dita, siswa SMA Tanjung Jaya
membenci tawuran pelajar.
2) Siska, siswa SMA Tanjung Jaya
membenci tawuran pelajar.
3) Lusi, siswa SMA Tanjung Jaya membenci
tawuran pelajar
Kesimpulan: semua siswa SMA Tanjung
Jaya membenci adanya tawuran pelajar.
Metode penalaran tersebut disebut
metode . . . .
a. induktif
b. ilmiah
c. deduktif
d. case study
e. komparatif
13. Pejuang kemerdekaan melawan
penjajah Belanda hingga titik darah penghabisan. Nilai yang dijunjung tinggi
oleh para pejuang tersebut adalah . . . .
a. kerja sama
b. patriotisme
c. kedisiplinan
d. gotong royong
e. kepedulian
14. Di bawah ini adalah contoh-contoh
nilai.
1) Menerima tamu dengan rapi.
2) Mematuhi aturan lalu lintas.
3) Meningkatkan prestasi kerja.
4) Menjaga kebersihan lingkungan.
5) Etika pergaulan pria dan wanita.
Dari contoh di atas, yang tergolong ke
dalam prinsip moral adalah nomor . . . dan . . . .
a. 1), 4)
b. 1), 2)
c. 2), 3)
d. 3), 4)
e. 1), 5)
15. Berikut ini merupakan contoh
penanaman nilai melalui media massa adalah . . . .
a. persaingan merebut medali emas
antara dua negara
b. hubungan yang akrab antara dua
bersaudara sepupu
c. sejak kecil mereka saling mengenal
karena bertetangga
d. melalui pendidikan formal mereka
dilatih disiplin
e. pejabat itu menunda penggusuran
setelah ada gosip di surat kabar
16. Dipertahankan atau tidaknya suatu
nilai tergantung pada aspek . . . .
a. kegunaan nilai tersebut
b. beratnya sanksi dalam nilai
c. cara pandang masyarakat terhadap
nilai
d. keefektifan nilai tersebut
e. kekuatan nilai tersebut
17. Manfaat nilai keyakinan diri bagi
individu adalah . . . .
a. mampu bekerja sama dalam
menjalankan tugas
b. lebih memikirkan diri sendiri
daripada orang lain
c. dapat mengandalkan kemampuan
berpikir
d. dapat mengambil keputusan dengan
baik
e. mampu berinteraksi dengan orang
lain
18. Salah satu realitas sosial yang
menunjukkan fungsi norma dalam mewujudkan keteraturan sosial adalah . . . .
a. sebelum ujian nasional berlangsung,
sekolah menyelenggarakan Pra-Unas atau Latihan Ujian Nasional
b. segala bentuk pelanggaran yang
terjadi di masyarakat harus dikenakan sanksi yang tegas
c. bekerja sama dengan beberapa
kelompok dapat mewujudkan kesatuan dan persatuan
d. keharusan antre membeli tiket
kereta api dapat menertibkan penumpang
e. penyelesaian konflik kedua belah
pihak melibatkan pihak ketiga yang netral
19. Contoh gejala sosial yang
menggambarkan adanya keterkaitan antara norma dengan keteraturan sosial adalah
. . . .
a. praktik ajaran agama berjalan
dengan baik dengan semangat kekeluargaan
b. larangan berhenti di jalan
raya/tol, menciptakan kelancaran arus lalu lintas
c. kedisiplinan dalam belajar,
memperkuat kepribadian suka bekerja tidak mengenal waktu
d. rajin belajar bersama dalam
kelompok, meningkatkan prestasi belajar
e. semakin tinggi ilmu pengetahuannya,
semakin luas pandangannya
20. Pada saat Aman datang ke salah
satu daerah Aceh, ia menyaksikan suatu kenyataan yang disebut tahu mertua, yaitu
antara mertua dan menantu tidak boleh saling bertemu. Sedangkan di daerahnya
tidak demikian. Dari perbedaan tersebut, Aman dapat mengambil kesimpulan bahwa
. . . .
a. ada perbedaan tata nilai menurut
tempatnya
b. tiap daerah mempunyai sistem
kekeluargaan yang berbeda
c. tiap daerah memiliki peranan yang
berbeda-beda
d. hidup harus dalam keanekaragaman
kebudayaan dan tata nilai
e. seharusnya tiap daerah mempunyai
kesamaan nilai
21. Adanya norma digunakan sebagai
pelindung dari tindakan-tindakan destruktif orang lain merupakan fungsi nilai
dan norma sebagai . . . .
a. pendorong sikap dan tindakan
manusia
b. benteng perlindungan bagi
keberadaan masyarakat
c. pemersatu anggota masyarakat
d. pemandu dan pengontrol bagi sikap
dan tindakan manusia
e. petunjuk arah bersikap dan
bertindak
22. Menurut Hasan Sadily, norma sosial
merupakan patokan hidup berbentuk kode-kode. Segala bentuk kriminalitas yang
ada dalam masyarakat termasuk dalam kode . . . .
a. etik
b. moral
c. agama
d. estetika
e. hukum
23. Bagi keutuhan masyarakat, fungsi
nilai sosial adalah . . . .
a. mendorong solidaritas kelompok
b. memberikan batas pada kelakuan
individu
c. mengidentifikasi individu dengan
kelompok
d. menjaga interaksi antaranggota
masyarakat
e. alat untuk mengetahui sifat individu
24. Manakah pernyataan berikut yang
bukan merupakan ciri-ciri nilai sosial?
a. Hasil interaksi antaranggota
masyarakat.
b. Terbentuk melalui proses belajar.
c. Adanya aspek kegunaan.
d. Merupakan anggapan dari berbagai
objek di dalam masyarakat.
e. Berbeda-beda antarkebudayaan yang
satu dengan yang lainnya.
25. Sebelum berangkat sekolah, Mira
dan Yudi selalu berpamitan dengan kedua orang tuanya dengan cara mencium tangan
mereka. Norma yang ditanamkan oleh kedua orang tua Mira dan Yudi termasuk dalam
. . . .
a. mores
b. custom
c. folkways
d. usage
e. adat
B. Soal Esai
1. Jelaskan fungsi nilai sosial bagi
keutuhan masyarakat!
2. Jelaskan mengapa norma dijadikan
pedoman hidup dalam memenuhi kebutuhan sosial!
3. Jelaskan pengertian nilai
disintegratif!
4. Jelaskan mengapa Aguste Comte
dinobatkan sebagai Bapak Sosiologi!
Demikian soal soal sosiologi yang membahas tentang sosiologi sebagai ilmu, nilai, dan norma dalam masyarakat. Silahkan download soal di atas melalui link yang disediakan.
Posting Komentar untuk "Soal Sosiologi : Sosiologi sebagai Ilmu, Nilai & Norma di Masyarakat"
Silahkan berkomentar . .