Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Sosiologi : Sosiologi sebagai Ilmu, Nilai & Norma di Masyarakat

Soal Sosiologi  materi Sosiologi sebagai Ilmu dan Nilai dan Norma dalam Masyarakat akan kami bagikan dalam artikel ini. Ada dua jenis soal yang kami sediakan dalam artikel ini, yaitu soal pilihan ganda dan soal esai. Berikut ini soalnya.

A. Soal Pilihlah Ganda

1.   Lahirnya ilmu pengetahuan dalam masyarakat berawal dari adanya . . . .
a. common sense
b. cipta, rasa, dan kehendak dalam dirimanusia
c. rasa ingin tahu manusia yang besar
d. perkembangan penelitian
e. perkembangan metode ilmiah

2. Ilmu pengetahuan adalah suatu hasil aktivitas manusia yang merupakan kumpulan teori, metode, dan praktik kemudian menjadi pranata dalam masyarakat. Pernyataan di atas adalah pengertian ilmu pengetahuan menurut. . . .
a. J. Haberer
b. J.D. Bernal
c. E. Cantote
d. Cambridge-Dictionary
e. Gillin and Gillin

3. Pernyataan-pernyataan di bawah ini yang termasuk sifat-sifat ilmu pengetahuan adalah…
a. rasional, fiksi, objektif, dan akumulatif
b. tergantung pada suasana hati dan fiksi
c. rasional, objektif, akumulatif, dan empiris
d. fiksi, adanya prasangka, dan empiris

e. andal dan dirancang, akumulatif dan fiksi

4. Pernyataan di bawah ini yang merupakan sifat empiris dalam ilmu pengetahuan . . . .
a. ilmu pengetahuan didasarkan atas kegiatan berpikir secara logis dengan menggunakan rasio (nalar) dan hasilnya dapat diterima oleh nalar manusia
b. ilmu yang merupakan kebenaran mengenai pengetahuan yang jujur, apa adanya sesuai dengan kenyataan objeknya
c. ilmu dibentuk dengan dasar teori lama yang disempurnakan, ditambah dan diperbaiki sehingga semakin sempurna
d. ilmu harus dapat dibuktikan melalui pemeriksaan dan pembuktian pancaindra, serta dapat diuji kebenarannya dengan fakta
e. ilmu pengetahuan dapat diuji kembali secara terbuka menurut persyaratan dengan hasil yang dapat diandalkan

5. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1) Jurnalistik
2) Antropologi
3) Sosiologi
4) Metalurgi
5) Ilmu perencanaan kota
Manakah dari pernyataan di atas yang termasuk dalam Applied Science?
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 1), 4), dan 5)
d. 2), 3), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)

6. Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak benar?
a. Pengetahuan awam merupakan pengetahuan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
b. Bukti adalah pengamatan faktual yang dapat dilihat, ditimbang, dihitung, dan diperiksa.
c. Menurut E. Cantote, ilmu pengetahuan adalah suatu hasil aktivitas manusia yang mempunyai makna dan metode.
d. Berpikir secara logis dan menggunakan rasio merupakan salah satu sifat ilmu pengetahuan.
e. Applied Sciencemerupakan ilmu yang bermaksud mendalami suatu teori dan isi alam yang hidup.

7. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Reaksivitas suatu benda
2) Kenakalan anak
3) Sistem organ tubuh
4) Sistem kemasyarakatan
5) Struktur sosial
Manakah pernyataan-pernyataan di atas yang termasuk konsep-konsep dalam sosiologi?
a. 1), 2), dan 3)
b. 2), 3), dan 4)
c. 2), 4), dan 5)
d. 3), 4), dan 5)
e. semua benar

8. Pernyataan di bawah ini merupakan manfaat mempelajari sosiologi, kecuali . . . .
a. sosiologi dapat memberikan pengetahuan mengenai pola-pola interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat
b. sosiologi dapat membantu kita untuk mengontrol dan mengendalikan setiap tindakan dan perilaku seseorang dalam masyarakat
c. sosiologi mampu mengkaji status dan peran seseorang dalam masyarakat
d. adanya kepekaan dan kekritisan menghadapi gejala-gejala sosial
e. adanya keuntungan secara materiil

9. “Dampak Virus Flu Burung terhadap Dunia Pariwisata Kebun Binatang”
 Judul penelitian di atas merupakan salah satu kajian sosiologi . . . .
a. politik
b. hukum
c. pendidikan
d. pariwisata
e. keluarga

10. Manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk suatu hipotesis?
a. Adanya tindakan-tindakan kejahatan
 yang dilakukan oleh anak-anak.
b. Semakin tinggi tingkat interaksi antara keluarga maka semakin kecil kenakalan anak terjadi.
c. Polisi menemukan pisau, pedang, dalam tindakan tawuran pelajar.
d. Mengapa kenakalan anak dapat terjadi?
e. Seberapa buruk akibat dari kenakalan anak?

11. Menurut Suriasumantri, pengertian penalaran adalah . . . .
a. kegiatan berpikir menurut pola, alur, dan kerangka tertentu
b. konsekuensi dari adanya suatu pola berpikir analisis, sintesis berdasarkan langkah-langkah tertentu
c. proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan yang benar dan bukan hasil perasaan
d. pengamatan faktual yang dapat diuji dan diperiksa
e. kegiatan berpikir secara logis dengan menggunakan rasio

12. Perhatikan preposisi berikut ini!
1) Dita, siswa SMA Tanjung Jaya membenci tawuran pelajar.
2) Siska, siswa SMA Tanjung Jaya membenci tawuran pelajar.
3) Lusi, siswa SMA Tanjung Jaya membenci tawuran pelajar
Kesimpulan: semua siswa SMA Tanjung Jaya membenci adanya tawuran pelajar.
Metode penalaran tersebut disebut metode . . . .
a. induktif
b. ilmiah
c. deduktif
d. case study
e. komparatif

13. Pejuang kemerdekaan melawan penjajah Belanda hingga titik darah penghabisan. Nilai yang dijunjung tinggi oleh para pejuang tersebut adalah . . . .
a. kerja sama
b. patriotisme
c. kedisiplinan
d. gotong royong
e. kepedulian

14. Di bawah ini adalah contoh-contoh nilai.
1) Menerima tamu dengan rapi.
2) Mematuhi aturan lalu lintas.
3) Meningkatkan prestasi kerja.
4) Menjaga kebersihan lingkungan.
5) Etika pergaulan pria dan wanita.
Dari contoh di atas, yang tergolong ke dalam prinsip moral adalah nomor . . . dan . . . .
a. 1), 4)
b. 1), 2)
c. 2), 3)
d. 3), 4)
e. 1), 5)

Latihan Soal Sosiologi  Materi Sosiologi sebagai Ilmu dan Nilai dan Norma dalam Masyarakat

15. Berikut ini merupakan contoh penanaman nilai melalui media massa adalah . . . .
a. persaingan merebut medali emas antara dua negara
b. hubungan yang akrab antara dua bersaudara sepupu
c. sejak kecil mereka saling mengenal karena bertetangga
d. melalui pendidikan formal mereka dilatih disiplin
e. pejabat itu menunda penggusuran setelah ada gosip di surat kabar

16. Dipertahankan atau tidaknya suatu nilai tergantung pada aspek . . . .
a. kegunaan nilai tersebut
b. beratnya sanksi dalam nilai
c. cara pandang masyarakat terhadap nilai
d. keefektifan nilai tersebut
e. kekuatan nilai tersebut

17. Manfaat nilai keyakinan diri bagi individu adalah . . . .
a. mampu bekerja sama dalam menjalankan tugas
b. lebih memikirkan diri sendiri daripada orang lain
c. dapat mengandalkan kemampuan berpikir
d. dapat mengambil keputusan dengan baik
e. mampu berinteraksi dengan orang lain

18. Salah satu realitas sosial yang menunjukkan fungsi norma dalam mewujudkan keteraturan sosial adalah . . . .
a. sebelum ujian nasional berlangsung, sekolah menyelenggarakan Pra-Unas atau Latihan Ujian Nasional
b. segala bentuk pelanggaran yang terjadi di masyarakat harus dikenakan sanksi yang tegas
c. bekerja sama dengan beberapa kelompok dapat mewujudkan kesatuan dan persatuan
d. keharusan antre membeli tiket kereta api dapat menertibkan penumpang
e. penyelesaian konflik kedua belah pihak melibatkan pihak ketiga yang netral

19. Contoh gejala sosial yang menggambarkan adanya keterkaitan antara norma dengan keteraturan sosial adalah . . . .
a. praktik ajaran agama berjalan dengan baik dengan semangat kekeluargaan
b. larangan berhenti di jalan raya/tol, menciptakan kelancaran arus lalu lintas
c. kedisiplinan dalam belajar, memperkuat kepribadian suka bekerja tidak mengenal waktu
d. rajin belajar bersama dalam kelompok, meningkatkan prestasi belajar
e. semakin tinggi ilmu pengetahuannya, semakin luas pandangannya

20. Pada saat Aman datang ke salah satu daerah Aceh, ia menyaksikan suatu kenyataan yang disebut tahu mertua, yaitu antara mertua dan menantu tidak boleh saling bertemu. Sedangkan di daerahnya tidak demikian. Dari perbedaan tersebut, Aman dapat mengambil kesimpulan bahwa . . . .
a. ada perbedaan tata nilai menurut tempatnya
b. tiap daerah mempunyai sistem kekeluargaan yang berbeda
c. tiap daerah memiliki peranan yang berbeda-beda
d. hidup harus dalam keanekaragaman kebudayaan dan tata nilai
e. seharusnya tiap daerah mempunyai kesamaan nilai

21. Adanya norma digunakan sebagai pelindung dari tindakan-tindakan destruktif orang lain merupakan fungsi nilai dan norma sebagai . . . .
a. pendorong sikap dan tindakan manusia
b. benteng perlindungan bagi keberadaan masyarakat
c. pemersatu anggota masyarakat
d. pemandu dan pengontrol bagi sikap dan tindakan manusia
e. petunjuk arah bersikap dan bertindak

22. Menurut Hasan Sadily, norma sosial merupakan patokan hidup berbentuk kode-kode. Segala bentuk kriminalitas yang ada dalam masyarakat termasuk dalam kode . . . .
a. etik
b. moral
c. agama
d. estetika
e. hukum

23. Bagi keutuhan masyarakat, fungsi nilai sosial adalah . . . .
a. mendorong solidaritas kelompok
b. memberikan batas pada kelakuan individu
c. mengidentifikasi individu dengan kelompok
d. menjaga interaksi antaranggota masyarakat
e. alat untuk mengetahui sifat individu

24. Manakah pernyataan berikut yang bukan merupakan ciri-ciri nilai sosial?
a. Hasil interaksi antaranggota masyarakat.
b. Terbentuk melalui proses belajar.
c. Adanya aspek kegunaan.
d. Merupakan anggapan dari berbagai objek di dalam masyarakat.
e. Berbeda-beda antarkebudayaan yang satu dengan yang lainnya.

25. Sebelum berangkat sekolah, Mira dan Yudi selalu berpamitan dengan kedua orang tuanya dengan cara mencium tangan mereka. Norma yang ditanamkan oleh kedua orang tua Mira dan Yudi termasuk dalam . . . .
a. mores
b. custom
c. folkways
d. usage
e. adat

B. Soal Esai

1. Jelaskan fungsi nilai sosial bagi keutuhan masyarakat!
2. Jelaskan mengapa norma dijadikan pedoman hidup dalam memenuhi kebutuhan sosial!
3. Jelaskan pengertian nilai disintegratif!
4. Jelaskan mengapa Aguste Comte dinobatkan sebagai Bapak Sosiologi!
5. Sebutkan beberapa macam kegiatan ilmiah!

Download Soal
Demikian soal soal sosiologi yang membahas tentang sosiologi sebagai ilmu, nilai, dan norma dalam masyarakat. Silahkan download soal di atas melalui link yang disediakan.

Posting Komentar untuk "Soal Sosiologi : Sosiologi sebagai Ilmu, Nilai & Norma di Masyarakat"