Tipe Orang Bekerja Berdasarkan Orientasi Kerja

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Tipe orang bekerja berdasarkan orientasi kerja – Setiap manusia dalam memenuhi kebutuhannya harus bekerja untuk memperoleh gaji atau upah. Gaji atau upah yang diperoleh dapat digunakan untuk membeli segala kebutuhan yang diperlukan. Dalam bekerja, masing-masing orang mempunyai keyakinan atau orientasi kerja yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tipe orang bekerja berdasarkan orientasi kerjanya, antara lain :

1. Orang bekerja untuk memperoleh uang
Orang yang bekerja untuk memperoleh uang bisanya, dalam bekerja dia tidak mau bekerja keras jika tidak mendapatkan uang. Orang tipe ini juga tidak begitu memperdulikan keadaan sekitar dia bekerja. Yang penting dia bekerja dan mendapatkan uang. Tidak peduli keadaan tempat ia bekerja itu dalam keadaan majuatau mundur.

2. Orang bekerja untuk dipuji pimpinan
Selain orang yang bekerja untuk memperoleh uang, ada satu lagi tipe orang dalam bekerja yaitu bekerja untuk mendapat pujian dari pimpinan. Orang yang bertipe ini biasanya mau bekerja keras jika di lihat pimpinan. Dia merasa sangat bangga jika dipuji oleh pimpinan. Akan tetapi, jika tidak ada pimpinan, dia malas-malasan dalam bekerja. Sebutan untuk orang-orang seperti ini yaitu penjilat atau munafik.

3. Orang bekerja untuk diri sendiri
Orang yang bekerja untuk diri sendiri sebagian besar bersifat idealis. Jika ia bekerja di suatu perusahaan, maka tujuan idealisnya adalah bisa memajukan perusahaan. Dia tidak begitu memperdulikan apakah gaji dan usaha dia dalam memperjuangkan perusahaanya itu sebanding atau tidak. Ketika dipuji oleh pimpinan, dia bersikap biasa saja. Ada kepuasan tersendiri jika perusahaan tempat ia bekerja bisa memperoleh prestasi berkat usaha dia.

4. Orang bekerja untuk ibadah
Yang terakhir adalah orang bekerja untuk ibadah. Hal ini sesuai dengan esensi penciptaan manusia di muka bumi dalam agama islam ini adalah tiada lain untuk ibadah kepada Allah Swt. Ibadah adalah segala sesuatu yang bersifat baik dan dilakukan dengan niat demi Allah. Jadi dalam bekerja orang dengan tipe bekerja untuk ibadah tidak begitu memperdulikan penilaian atasan. Dia merasa bahwa dalam melakukan apa pun di tempat kerja, selalu di awasi Allah karena Allah maha melihat dan maha mengetahui. Dia bekerja dengan niat menjalankan perintah Allah untuk bekerja. Bukan untuk mencari harta benda. Karena pada dasarnya dalam islam harta benda tidak akan di bawa mati.

Selain empat tipe orang bekerja berdasarkan orientasinya, ada juga 4 tipe pekerja yang umum di dunia kerja. 4 Tipe Pekerja di Dunia Kerja tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Penindak
Pelaku dalam kategori ini bersifat eksekutor. Mereka akan terus semangat sebelum tugas yang menjadi tanggung jawabnya selesai.  Mereka biasanya memiliki fokus yang intens dan bekerja secara teliti. Karena terlalu fokus, biasanya mereka lupa untuk mencari dan berkomnikasi tentang apa yang mereka lakukan. Seseorang dalam kategori ini akan lebih cenderung bekerja di dalam kantor dengan tidak terlalu banyak pemikiran.

2. Pemimpin
Pemimpin adalah seseorang yang menciptakan visi dan mengilhami orang lain untuk percaya dalam kelompoknya. Di sini Anda hanya bisa mendengar, mengagumi, dan mengikuti pemimpin. Tanpa pemimpin kita seakan bekerja tanpa tujuan yang nyata. Pemimpin dapat bekerja berdasarkan masukan dari orang lain, tidak hanya semata mata hanya memerintahkan terkait apa yang dia pribadi pikirkan. Hal itu karena seorang pemimpin jarang turun langsung dalam sebuah pekerjaan, terkadang mereka lupa tentang siapa saja orang-orang yang mengikuti mereka.

Tipe Orang Bekerja Berdasarkan Orientasi Kerja

3. Penuh Kasih
Pecinta adalah karakter kerja seseorang dengan membangun sebuah hubungan. Karakter ini percaya bahwa dirinya akan kuat jika bersama-sama, mereka berkembang dengan harmonis dan bekerja keras untuk mengelola hubungan dan membangun kesepakatan. Seseorang yang kuat dalam gaya kerja ini akan cenderung senditif dan empatik, seakan mereka memiliki keterkaitan antar setiap orang dalam team. Jika Anda ingin mengetahui perasaan orang lain dalam team anda, tanyakan pada karakter ini. Tapi karakter ini karena sering berempati dirinya dianggap seseorang terasa hebat, tetapi sebenarnya tidak dalam kenyataanya dalam bekerja.

4. Pembelajar
Karakter ini adalah peneliti. Mereka cenderung suka belajar dan cermat dalam memahami sebuah permasalahan. Seseorang yang berkarakter ini cenderung disiplin dan cenderung berfikir lebih strategis daripada kebanyakan orang. Tanpa adanya orang lain pekerja dengan karakter ini tidak banyak yang  bisa dilakukan. Dalam rangka untuk mewujudkan tujuannya, mereka membutuhkan sebuah tim yang siap untuk bertindak.

Demikian artikel kami tentang tipe orang bekerja berdasarkan orientasi kerja. Semoga artikel tentang tipe orang bekerja berdasarkan orientasi kerja dapat bermanfaat. Terima kasih.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon