Muhammad Saw Adalah Rasulullah untuk Seluruh Umat Manusia

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Muhammad Saw Adalah Rasulullah untuk Seluruh Umat Manusia - Muhammad atau nama lengkapnya adalah Muhammad bi Abdullah binn Abdul Muthalib bib Hisyam lahir dikota makkahpada tanggal 20 April tahun 570 M. Beliau adalah utusan Allah yang diturunkan untuk membawa manusia dari kegelapan menuju kebenaran melalui agama Islam.

Beliau lahir tanpa ditemani sang ayah dan ketika masih kecil ibunya meninggal dunia. Oleh karena itu beliau dibesarkan oleh pamannya bernama Abu Thalib. Setelah remaja beliau bekerja sebagai pedagang. Pekerjaan beliau sebagai pedagang mengenalkan beliau dengan Khatijah. Karena kejujuran dan keuletan beliau dalam bekerja, khatijah tertarik kepada beliau dan pada saat nabi Muhammad berusia 25 tahun, nabi menikah dengan Khatijah.

Awal adanya agama Islam
Nabi Muhammad sering menyendiri ke Gua Hira’ untuk merenung. Nabi Muhammad dapat berhari-hari dalam merenung atau bertafakkur untuk mencari ketanangan. Sikap nabi Muhammad yang sering menyendiri ini bertentangan dengan sikap yang dimiliki oleh kebudayaan arab pada saat itu.

Bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan atau 6 Agustus tahun 611 M, nabi Muhammad yang berusia 40 tahun menerima wahyu yang pertama dari Allah Swt. Berbeda dengan nabi-nabi sebelumnya yang diutus hanya untuk kaumnya saja, nabi Muhammad adalah nabi atau utusan untuk seluruh umat manusia. Diriwayatkan pada saat itu Malaikat Jibril datang dan membacakan surah pertama dari Al-Quran yang disampaikan kepada Muhammad, yaitu surah Al-Alaq. Muhammad diperintahkan untuk membaca ayat yang telah disampaikan kepadanya, namun ia mengelak dengan berkata ia tak bisa membaca. Jibril mengulangi tiga kali meminta agar Muhammad membaca, tetapi jawabannya tetap sama. Jibril berkata:

"Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dengan nama Tuhanmu yang Maha Pemurah, yang mengajar manusia dengan perantaraan (menulis, membaca). Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."
— Al-Alaq 96: 1-5

Dengan datangnya wahyu pertama tersebut, nabi Muhammad mulai berdakwah menyebarkan agama Islam. Awalnya nabi Muhammad berdakwah secara sembunyi-sembunyi yaitu di lingkungan keluarga dan sahabat-sahabatnya. Orang-orang yang peertama masuk islam dikenal dengan sebutan Assabiqunal Awwalun.

Setalah tiga tahun berdakwah secara sembunyi-sembunyi, pada tahun 613M, nabi Muhammad mulai berdakwah secara terang-terangan. Akan tetapi respon masyarakat makkah pada saat itu kurang baik dan cenderung keras dan massif kepada nabi Muhammad karena ajarannya tidak sesuai dengan ajara nabi Muhammad.

Walaupun ada banyak halangan danrintangan yang dilalui nabi Muhammad ketika berdakwah, nabi Muhammad tetap bersungguh - sungguh menyebarkan agama islam hingga besar sampai sekarang.

Perbedaan dengan nabi dan rasul terdahulu
Dalam mengemban misi dakwahnya, umat Islam percaya bahwa Muhammad diutus Allah untuk menjadi nabi dan Rasul seluruh umat manusia, sedangkan nabi dan rasul sebelumnya hanya diutus untuk umatnya masing-masing, seperti halnya Nabi Musa yang hanya diutus untuk Bani Israil saja.

Sedangkan kesamaan ajaran yang dibawa Muhammad dengan nabi dan rasul sebelumnya ialah sama-sama mengajarkan keesaan Tuhan, yaitu kesaksian bahwa Tuhan yang berhak disembah hanyalah Allah.

Jenazah Nabi Muhammad Saw Dimakamkan
Jenazah Nabi Muhammad Saw baru dimakamkan setelah selesai ditetapkan dan dibai’atnya Abu Bakar menjadi Khalifah pengganti Beliau, menjadi pemimpin kaum Muslimin. Jasad Rasulullah Saw dimandikan kemudian dikafani dengan tiga helai kain, tidak ada padanya baju, dan tidak adanya pula surban.

Kemudian jamaah kaum Muslimin menshalati jenazah Beliau satu persatu tanpa imam, secara bergantian. Pertama kaum lelaki, kemudian wanita dan selanjutnya anak-anak. Jenazah Beliau dimakamkan di rumah Aisyah, tempat dimana Beliau wafat.

Dimakamkan pada malam rabu tengah malam, dan di atas makamnya dipercikkan air oleh Bilal, sementara letaknya agak ditinggikan sekedar satu jengkal dari permukaan bumi. Semoga Allah Swt menganugerahkan shalawat dan salam kesejahteraan kepada Beliau, dan kepada keluarga serta para sahabatnya semua.

Muhammad Saw Adalah Rasulullah untuk Seluruh Umat Manusia

Usia Nabi Muhammad Saw
Usia Nabi Muhammad Saw adalah 63 tahun. Empat puluh tahun dijalani sebelum ditetapkannya sebagai Nabi di Mekkah, tiga belas tahun sesudah beliau menjadi Nabi di Mekkah juga, dan sepuluh tahun beliau jalani di Madinah sesudah hijrah.

Para ahli tarikh telah bersepakat bahwa hari lahir Nabi Muhammad Saw, hijrahnya dan wafatnya adalah pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awwal. Semoga Allah Swt menganugerahkan shalawat dan salam kesejahteraan kepada Beliau dan kepada keleuarga serta para sahabatnya semua.

Demikain artikel kami yang membahas nabi Muhammad Saw sebagai Rasul untuk seluruh umat manusia. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon