Wednesday, November 25

Guru Mengajar Untuk Dilupakan

      Iklan (Tutup)
      Iklan (Tutup)
Guru Mengajar Untuk Dilupakan  – Guru merupakan salah satu profesi yang sangat menentukan nasib negara ini. Mengapa begitu? Guru yang akan "menciptakan" berbagai profesi dan peran yang ada di Indonesia. Sebagus apapun kurikulum yang dibuat oleh pemerintah terkait dengan pembangunan Indonesia, yang menentukan adalah guru sebagai pelaksana kurikulum.

Dalam artikel kali ini mari kita membahas tentang hal aneh yang di alami oleh saya atau mungkin para Bapak atau Ibu guru lain. Hal aneh tersebut yaitu, kita sebagai guru mengajar suatu materi dengan sedemikian cara agar anak “mengerti” sehingga ketika ujian atau ulangan mendapatkan nilai bagus. Tetapi di sisi lain materi tersebut akan dilupakan siswa ketika siswa lulus atau tamat sekolah. Saya berpikiran demikian karena dulu saya pernah menjadi siswa dan mahasiswa. Dari jenjang SD sampai ke perguruan tinggi, hanya sedikit materi yang masih saya ingat. Padahal dulu saya tidak bodoh-bodoh amat.

Bukannya saya apatis dalam mengajar siswa-siswa saya, akan tetapi mari kita mengevaluasi diri kita dalam mengajar. Tidak hanya kita sebagai guru, akan tetapi kita sebagai orang tua yang mendidik anak-anak kita.  Pendidikan memang kebutuhan primer tiap manusia, akan tetapi apakah saya sebagai guru setiap hari harus mengeluarkan tenaga sia-sia, mengajar materi yang besok ketika  lulus, materi tersebut akan dilupakan?

Dunia ini dirusak oleh orang-orang pintar, jadi saya tidak ingin menciptakan orang-orang pintar. Hal itu lah yang saya ketahui. Yang merusak politik di Indonesia adalah orang-orang ahli di bidang politik, tidak mungkin orang yang pintar di bidang agama bisa merusak politik di Indonesia. Kita bisa melihat dari kisah Alm Gusdur yang pandai di bidang agama dan banyak didukung oleh masyarakat dalam memimpin, akan tetapi beliau dapat dihancurkan oleh orang-orang yang pandai di bidang politik.

Atas pemikiran tersebut, saya mengajar tidak supaya anak paham materi tersebut, tapi kita membuat siswa butuh materi tersebut. Dengan siswa butuh materi tersebut, siswa akan termotivasi untuk belajar sendiri. Jika siswa belajar hanya untuk nilai, maka setelah siswa memperoleh nilai maka siswa  akan melupakan materi. Ya itu karena siswa sudah memperolah hasil dari tujuannya. Berbeda jika siswa belajar karena butuh. Selama siswa merasa butuh materi itu, maka siswa akan selalu mengingat materi yang disampaikan oleh guru.

5 Tipe Guru yang Selalu diingat oleh siswanya

Berikut ini yaitu sebagian tipe guru yg tidak dapat dilupakan oleh beberapa siswanya hingga senantiasa diingat sampai kapan juga.

1. Guru Tampan dan Guru Cantik
Semua orang pastinya akan terasa suka serta bahagia saat lihat seorang yang tampan serta cantik. Tentunya semua orang akan menyukainya. Terlebih jika yang tampan atau cantik itu yaitu gurunya sendiri. Sesulit apa pun materi ajar yang perlu dipelajari, apabilagurunya tampan serta cantik, pasti semua bakal sukai dengan pelajaran itu. ukuran tampan serta cantik memanglah relatif, bergantung dari pojok mana orang lain menilainya.

2. Guru Cerdas
Guru cerdas yakni guru dapat membuat beberapa siswanya sukses mengerti pelajaran dengan style bicara, style mengajar, serta style menjelaskan materi pelajaran. Guru itu yang akan susah untuk dilupakan oleh siswanya. Guru itu juga yang bakal bikin beberapa siswa senantiasa merindukannya saat kita sudah belajar di sekolah pada tingkatan pendidikan yang lebih tinggi.

Guru Mengajar Untuk Dilupakan

3. Guru Sabar
Guru yang juga tidak dapat dilupakan oleh siswa yaitu guru yang begitu sabar serta baik hati. Guru ini umumnya bakal jadi pujaan untuk semuanya siswanya. Walau demikian, tetapi guru type ini dapat jadi penasehat yang baik. Senakal apa pun siswa saat ada sekolah, bila telah dinasehati oleh guru yang sabar, tentunya akan tunduk serta perlahan bakal beralih jadi lebih baik.

4. Guru yang Sukai Lupa PR
Nah, type yang ke lima ini yaitu guru yang sukai lupa pada pekerjaan tempat tinggal (PR). Dari sebagian guru di sekolah, mungkin saja ada beberapa guru yang sukai lupa pada PR yang didapatkan pada siswanya. Guru yang seperti itu dapat mempunyai tempat di hati beberapa siswanya.

5. Hukuman Guru
Hukuman yang didapatkan oleh guru pada siswa, umumnya akan senantiasa dkenang serta ingat selamanya. Itu lantaran otak kanannya yang merekam semuanya momen itu. Hingga, susah untuk melupakan peristiwa saat memperoleh hukuman dari guru.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon