Dampak Positif dan Negatif Sosial Media

     Iklan (Tutup K!k 2x)
     Iklan (Tutup K!k 2x)
Dampak positif dan negatif sosial media - Era globalisasi menciptakan generasi muda di mana masyarakat dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain diseluruh dunia. Dengan adanya globalisasi kita bisa mengetahui kondisi suatu Negara yang tempatnya jauh dari tempat kita tinggal dengan mudah. Kemudahan itu membuat bermunculan banyak sekali media sosial seperti facebook, twitter, google plus, instagram, dsb. Media sosial adalah sebuah media yang digunakan oleh individu untuk dapat berpartisipasi, berbagi, kepada dunia luas melalui dunia virtual atau dunia maya di Internet.

Dengan potensi masyarakat Indonesia yang sangat bersahabat dan memiliki potensi jumlah penduduk terbesar ketiga di dunia, tentu mengakibatkan perkembangan media sosial sangat pesat. Mulai dari orang tua sampai anak-anak, hampir sebagian besar memiliki akun sosial media. Dengan adanya sosial media, kita bisa melihat kondisi seseorang yang dikenal atau tidak dikenal sekalipun. Kita juga bisa berkenalan dengan orang-orang dari Negara lain dan menjalin komunikasi.

Dalam hal ini, selain memberikan dampak positif dalam hal komunikasi, akan tetapi ada juga dampak negatif yang muncul dengan adanya sosial media.

1. Dampak Positif Sosial Media
a. Media penyebaran informasi. Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut.
b. Untuk menghimpun keluarga, kerabat yang tersebar, saudara, dengan jejaring sosial ini sangat berperan dan bermanfaat untuk mempertemukan kembali keluarga atau kerabat yang jauh dan sudah lama tidak bertemu, kemudian lewat dunia maya hal itu bisa dilakukan.
c. Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati.
d. Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia.
e. Internet sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
f. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna daapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
g. Sebagai media promosi dalam bisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.
h. Media pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

2. Dampak Negatif Sosial Media
a. Media pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
b. Media penyebaran informasi. Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut.
c. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna daapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
d. Sebagai media promosi dalam bisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.
e. Untuk menghimpun keluarga, kerabat yang tersebar, saudara, dengan jejaring sosial ini sangat berperan dan bermanfaat untuk mempertemukan kembali keluarga atau kerabat yang jauh dan sudah lama tidak bertemu, kemudian lewat dunia maya hal itu bisa dilakukan.
Dampak Positif dan Negatif Sosial Media
f. Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia.
g. Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati.
h. Internet sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

Demikianlah dampak postitif dan negative dari sosial media yang bisa kita temuai sehari-hari. Semoga artikel tentang dampak positif dan negatif dari sosial media ini dapat membantu pembaca. Terima kasih.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon