Tuesday, November 10

8 Nama Sebutan untuk Kabupaten Jepara

8 nama sebutan untuk kabupaten jepara - Siapa sih warga jawa yang tidak mengenal Jepara, daerah yang terkenal dengan potensi wisata lautnya yang luar biasa. Iya, Jepara merupakan nama salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Lokasinya berada di utara pulau jawa dengan lautan di sebelah utara dan barat sebagai batasnya, sebelah timut berbatasan dengan kabupaten Pati dan Kudus, serta di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Demak.

8. Nama Sebutan Kabupaten Jepara

Letak strategis jepara yang terletak di di pantai jawa paling utara membuat jepara pernah dijadikan sebagai pusat perdagangan. Nah dalam perjalananya, sebelum mendapatkan sebutan jepara, ada beberapa sebutan untuk daerah di pantai utara ini. Totalnya ada 8 nama yang pernah digunakan untuk menyebut nama daerah tersebut, antara lain :

1. Holing
Holing merupakan sebutan untuk kerajaan di wilayah pantai utara jawa berdasarkan catatan I-Tsing, zaman dinasti Tang, China. Berdasarkan catatan tersebut menyebutkan bahwa sejak tahun 674 M, ada sebuah kerajaan Holing dimana dipimpin oleh seorang ratu bernama His-mo (Shima) yang adil dan bijaksana. Kerajaan holing (keling) diperkirakan berada di Jepara, salah satu bukti penginggalan yang diduga milik kerajaan holing yaitu adanya candi angin di kecamatan keling, kabupaten Jepara.

2. Kalingga
Hampir sama dengan sebutan Holing, Kalingga merupakan sebutan untuk kerajaan di wilayah pantai utara jawa oleh masyarakat setempat. Masih ada kabar simpang siur tentang keberadaan kerajaan Holing / Kalingga antara di Jepara dan di Pekalongan. Tetapi beberapa bukti tentang keberadaan kalingga banyak ditemukan di jepara, misalkan Candi Angin yang diperkirakan adalah peninggalan kerajaan Kalingga. Nama Keling yang merupakan salah satu nama kecamatan di Jepara diperkirakan adalah hasil adopsi nama kerajaan Kalingga.

3. Ujung para
Menurut C. Lekker, Jepara disebut ujungpara karena dahulu ada orang dari Majapahit yang sedang berjalan melewati daerah yang sekarang disebut Jepara, melihat nelayan yang sedang membagi-bagi ikan hasil tangkapannya "membagi" dalam bahasa jawa adalah "Para" (dibaca: Poro), maka pengembara tersebut menceritakan di kota tujuannya bahwa dia melewati Ujung Para karena dia melewati ujung pulau Jawa yang ada yang membagi ikan.

4. Ujung mara
Ujungmara merupakan pengembangan kata ujungpara karena pengembangan dalam pengucapan.

5. Jumpara
Jumpara merupakan penyingkatan sebutan untuk Ujungmara.

6. Japara
Istilah Japara dikenal pada tahun 1950an, yaitu dibuktikkan adanya klub sepak bola bernama Persatuan Sepak Bola Japara (Persijap)

7. Jepara
Jepara baru dikenal pada abad ke-XV (1470 M) sebagai bandar perdagangan yang kecil yang baru dihuni oleh 90-100 orang dan dipimpin oleh Aryo Timur dan berada dibawah pemerintahan Demak. Nama inilah yang menjadi nama administratif dan bagian dari Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI).
8 Nama Sebutan untuk Kabupaten Jepara

8. Jeporo
“Jeporo” merupakan pengucapan warga jawa dalam membaca “Japara”, karena dalam dalam bahasa jawa, sebagian besar huruf “a” di baca “o”.

Sekian artikel tentang sejarah asal usul nama jepara yang sebaiknya kita ketahui. Semoga bisa memberi tambahan khasanah untuk kita semua.  Diolah dari berbagai sumber.

Silahkan berkomentar . .
EmoticonEmoticon